Israel

Israel
Haifa - Israel

Saturday, 14 May 2011

Rahasia Umur Panjang Menurut Alkitab


Rahasia Umur Panjang
Buku ini saya ambil dari karangan dr Elizabeth Subrata.
Akan saya post di sini agar jadi berkat bagi setiap pembacanya. Betapa pentingnya kita mengatur makanan kedalam tubuh kita, agar senantiasa sehat dan panjang umur.
Tapi sabar ya, kalau post nya berkala ga bisa langsung http://images.indoforum.org/smilies/ym/1.gif

" ... tubuhmu adalah bait Roh Kudus
... muliakanlah Allah dengan tubuhmu !"


Diciptakan untuk menjadi sehat.

" Saudaraku yang kekasih, aku berdoa semoga engkau baik-baik dan sehat sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja. "
( 3 Yohanes 2 )


Akankah Tuhan mengilhami Yohanes untuk berdoa bahwa kita akan menikmati kesehatan yang baik-fisik, mental, maupun spiritual - tanpa memberikan kepada kita informasi yang diperlukan ?

Tujuan dari buku ini adalah untuk mempertemukan kita dengna prinsip-prinsip Sang Pencipta yang Ia sediakan untuk memampukan kita memiliki kesehatan yang baik; dan andaikan timbul masalah kesehatan, prinsip-prinsip didalam Alkitab dapat membantu memulihkan kembali kesehatan kita.

Apa yang dikatakan Alkitab tentang hidup sehat ?

" Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam didalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri ? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!"

1 Korintus 6 : 19-20

Jadi, jelas tubuh adalah Bait Roh Kudus. Ini saja sudah bisa menjadi alasan yang cukup bagi kita untuk mempedulikan tubuh kita !. Akankah tubuh kita yang adalah bait Roh Kudus ini kita isi atau kita hiasi dengan minyak atau lemak dan sampah-sampah yang kotor ? Tentunya tidak ! Apalagi, diri kita bukanlah milik kita sendiri lagi; kita telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar, sehingga kita mempunyai tanggung jawab untuk memuliakan Allah dengan tubuh kita yang sehat ini.

Jika Tuhan ingin menggunakan kita dalam tugas Nya, naka kita perlu untuk menjadi sehat dan energik dalam melaksanakan kehendakNya. Ini adalah tanda hormat kita kepadaNya.

" Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadah yang sejati"

( Roma 12 : 21 )

Jadi jelas, tubuh kitalah yang diminta untuk dipersembahkan kepada Tuhan sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan, bukan semata-mata roh dan jiwa. Jika kita benar-benar mengasihi Tuhan dengan sepenuh hati, pikiran, jiwa dan kekuatan kita, kita pasti akan mempersembahkan kepadaNya sesuatu yang terbaik, termasuk tubuh kita sehingga kita akan menjaga agar tubuh kita tetap fit untuk pekerjaaanNya. Ini adalah tanda hormat dan kasih kita kepadaNya.

" but do not let this freedom became an excuse for letting your physical desires control you... " ( Gal 5 : 13, GNB )

" tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa ( dengan membiarkan keinginan fisik atau tubuhmu mengendalikanmu) ..." Gal 5 : 13

Kemerdekaan yang kita miliki dalam Kristus adalah kemerdekaan dari dosa dan kemerdekaan dari masa lalu kita, Hidup baru kita dalam Kristus adalah salah satu suka cita, tetapi bukanlah salah satu dari sikap tidak bertanggung jawab kita. Salah satu buah roh adalah pengendalian diri ( self control ) ( Gal 5 : 22 ). Jadi biarkan roh yang mengendalikan kita, bukan keinginan tubuh/ fisik kita yang mengendalikan kita.

Beberapa banayk orang yang sedang diperbudak atau dikendalikan oleh keinginan ( bukan kebutuhan ) tubuhnya akan coklat, kopi, teh, dan sebagainya yang sebenarnya secara ilmiah telah dibuktikan bahwa makanan dan minuman ini tidak berguna karena hanya untuk kepuasan keinginan saja; bahkan bahan-bahan ini bisa membahayakan tubuh kita karena sifat aditif ( ketagihan ) yang ditimbulkan.

" Segala sesuatu diperbolehkan."... tetapi bukansegala sesuatu berguna ..." ( 1 Korintus 10 : 23 )

" Segala sesuatu halal bagimu, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak mebiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun." ( 1 Korintus 6 : 12 )

Karena segala sesuatu diperbolehkan ( bebas ), Tuhan justru menempatkan tanggung jawab yang lebih banyak pada kita untuk memilih dan membuat keputusan sendiri dengan bijaksana. Kita memiliki hukum-hukum yang lebih sedikit dalam Perjanjian baru tetapi lebih banyak tanggung jawab untuk melakukan hal yang benar, dan semua hal yang diperkenankan untuk kita lakukan belum tentu berguna. Kita diharapkan untuk menunjukkan perhatian pada pilihan-pilihan dan keputusan-keputusan itu, bahkan yang menyangkut makanan sekalipun. Orang-orang yang mengatakan bahwa memakan makanan kesehatan akan menimbulkan perbudakan pada diri mereka, hanya berusaha menemukan alasan bagi kurangnya pengendalian diri mereka dan kelakuan -kelakuan mereka yang negatif. Orang-orang Kristen seharusnya bersikap positif terhadap makanan yang bermanfaat yang Tuhan sediakan bagi kita di Taman Eden ( Kejadian 1 : 29 )

Penting sekali bagi kita untuk bersikap menghargai makanan yang telah diciptakan oleh Tuhan sebagai makanan dan membatasi atau tidak mengkonsumi makanan yang sudah diolah dan dikembangkan oleh manusia.

Ingatlah selalu tiga prinsip dibawah ini :

Prinsip I

Makanlah hanya zat-zat/ bahan-bahan yang Allah ciptakan sebagai makanan. Hindarilah apa yang tidak diciptakan sebagai makanan.

~ " Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji ( padi-padian, polong-polongan, dan kacang-kacangan ) diseluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji ( buah-buahan ); itulah akan menadi makananmu" ( Kejadian 1 : 29 )

~ "... tumbuh-tumbuhan dipadang akan menjadi makananmu" ( Kejadian 3 : 18b). ( lectuce, kol, brokoli, kembang kol, bayam, asparagus, kangsung, dan lain-lain serta umbi-umbian, ubi jalar, kentang, wortel, bit, dan sebaginya )

Prinsip II

Sebanyak mungkin, makanlah makanan sebagaimana makanan itu diciptakan, sebelum diubah/diolah/dikembangkan menjadi sesuatu yang menusia pikir bisa menjadi lebih baik.

" Ada jalan yang disangka orang harus [benar], tetapi ujungnya menuju maut." ( Amsal 14 : 12, 16 : 25 )

Dalam budaya kita yang konsumtif dan haus kesenangan, kita sering menambahkan bahan-bahan tambahan untuk makanan, bahan-bahan kimia sebagai pengawet, pemutih, perasa, dan sebagainya, dan mengolah makanan sehingga makanan tersebut tidak lagi mempunyai zat-zat seperti yang pertama kali dirancang Tuhan. Contoh : sayur dan buah kalengan, sosis, kornet, hot dog, ham, bacon, ayam olahan, roti whole wheat, roti putih, beras merah, beras putih dan sebagainya.

Prinsip III

Hindarilah kecanduan makanan. Jangan biarkan satupun makanan ataupun minuman menajdi allahmu.

" Jangan ada padamu allah lain dihadapanKu " ( Kel 20 : 3 )

Contoh : kecanduan/ ketagihan.
~ zat-zat kimia : alkohol, obat-obatan, tembakau.
~ makanan / minuman : kafein, teh, lemak, gula, garam.

" Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara Tuhan, Allahmu, dan melakukan apa yang benar dimata Mya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah Nya dan tetap mengikuti segala ketetapanNya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku, Tuhanlah yang menyembuhkan engkau." ( Kel 15 : 26 )

Ayat ini menjelaskan salah satu penyebab timbulnya penyakit, yaitu bahwa sering kali kita tidak menaruh perhatian pada instruksi-instruksi Tuhan mengenai hidup sehat. Banyak orang mengatakan bahwa hukun-hukum makanan pada Perjanjian Lama adalah sebuah simbol belaka tentang kesucian, dan tidak memiliki hubungan yang sebenarnya dengan kesehatan. Kenyataannya, sekarang ini telah banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa benar hukum-hukum mengenai makanan yang diatur Tuhan bagi kesehatan fisik umat yang telah dipilihNya adalah terbukti erat kaitannya dengan kesehatan dan bukanlah sebuah perayaan ritual belaka.

Berikut ini adalah beberapa contoh hukum kesehatan yang ada didalam alkitab yang ternyata telah dibuktikan secara ilmiah ( berdasarkan ilmu kedokteran ) :

Pertama, dalam sesaat orang orang kusta diperintahkan untuk tinggal diluar tembok kota dan tidak berhubungan dengan penduduk biasa. Walaupun kenyataan bahwa penyakit itu bisa menular belum diketahui pada saat itu, Tuhan tahu dan memerintahkan orang-orang Yahudi sesuai dengan itu. Perintah Allah kepada Musa ini terdapat didalam Imamat 13 dan 14.

Kedua, Kejadian 17 : 12 mengatakan, " Anak yang berumur 8 hari haruslah disunat yakni, setiap laki-laki diantara kamu, turun-temurun; ... "
Ketika kita taat pada perintah ini, yaitu penyunatan baru dilakukan pada hari yang ke delapan, resiko pendarahan selama penyunatan turun secara drastis, sebaliknya bisa terjadi komplikasi yang berbahaya akibat perdarahan tersebut jika waktu penyunatan dilakukan lebih awal dari hari kedelapan, karena penelitian telah membuktikan bahwa vitamin K ( suatu zat yang berperan dalam proses pembekuan darah kadarnya paling rendah adalah pada hari kedua sampai ke hari kelima bayi baru lahir.Setelah hari kelima dan hari ketujuh barulah bayi baru lahir membentuk cukup Vitamin K yang memungkinkah dilakukannya penyunatan agar tidak terjadi perdarahan.

Ketiga, Imamat 3 : 17 mengatakan, " Inilah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun temurun di segala tempat kediamanmu : janganlah sekali-kali kamu makan lemak dan darah." ayat-ayat yang lain yang meneguhkan ini adalah Imamat 7 : 23-27, Imamat 17 : 10, Kejadian 9 : 4.

Saat ini Ilmu kedokteran telah membuktikan bahwa memakan lemak yang jenuh dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker Memakan darah adalah tidak sehat karena darah mengangkut infeksi ( oleh bakteri, virus dan sebagainya ) dan toksin-toksinYang beredar atau bersirkulasi dalam darah yang masukke tubuh binatang ( ingat kalau kita sakit, dokter akan menganjurkan kita untuk periksa darah di laboratorium untuk mengetahui jenis kuman atau mikroorganisme apa yang terkandung didalam darah itu, sehingga dapat menentukan diagnosa penyakit. ) Jika manusia makan darah binatang, mereka akan tercemar infeksi-infeksi dan toksin-toksin ini, oleh karena itu jika ingin makan daging masaklah dengan baik-jika ingin makan steak pilihlah yang well done ( matang !)

Alkitab juga mengungkap tentang jenis daging yang dapat dimakan dengan aman, yaitu dari hewan yang " bersih" / " halal " / " clean " ( baca Imamat 13 : 3, 11 : 9, 11 : 13-20 ) . Sedangkan hewan yang " tidak bersih "/ " haram " " unclean " . Misalnya : babi, sangat tidak aman mengingat dagingnya sangat berlemak, padahal toksin-toksin pada babi terutama tertumpuk pada lemak nya. Lemak pada babi ini tidak dapat dipisahkan atau diisolasi dari dagingnya seperti halnya pada sapi ( hewan bersih ) , tetapi terdispersi atau tersebar kedalam dagingnya. Pruduk-produk babi - seperti Bologna, Bacon, Lunch Meat - sering kali sangat mengandung lemak yang tiinggi.

Salah satu tokoh dalam alkitab yang memilih makanan yang murni dan sehat adalah Daniel Ia memilih untuk hanya memakan sayuran dan menolak makanan yang mahal dari meja raja. Ketiga temannya Sadrakh, Mesakh dan Abednego melakukan hal yang sama. Setelah mereka makan sayuran selama sepuluh hari dan minum air mereka lebih kuat dan sehat daripada orang-orang yang memakan makanan mewah.Sejak itu, para penjaga membiarkan mereka melanjutkan memakai sayuran daripada memakan apa yang telah disediakan oleh raja.

Daniel 1 : 15, 20

~ " Setelah lewat 10 hari , ternyata mereka lebih sehat, ( they looked healthier, NIV ) dan lebih bergizi ( better nourished, NIV ) dari seluruh orang muda yang telah makan santapan raja.

~ " Dalam tiap-tiap hal yang memerlukan kebijaksanaan dan pengertian, yang ditanyakan raja kepada mereka, didapatinya bahwa mereka sepuluh kali lebih cerdas daripada semua orang berilmu dan semua ahli jampi diseluruh kerajaannya "

Apakah makanan sehat adalah bagian dari rencana Tuhan bagi kesembukan ?

Tuhan bisa memilih untuk menyembuhkan dengan mujijat atau melalui ketaatan seseorang kepada hukum-hukum kesehatan yang telah Tuhan sediakan.

Tuhan dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh kelebihan berat badan secara instan, tetapi Ia memilih untuk menganugerahkan kesembuhan hanya melalui disiplin orang itu dahuli untuk menurunkan berat badannya sampai beberapa kilogram!

Sangat memungkinkan bahwa banyak tidak terjadi kesembuhan karena banyak orang tidak mau menaati perintah-perintah atau hukum-hukum Allah tentang kesehatan. Hukum-hukum itu memerintahkan mereka untuk mempedulikan tubuh mereka.

Didalam Alkitab sendiri disebutkan beberapa penyebab penyakit, yaitu :

1. Beberapa penyakit membawa kematian

" Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi " ( Ibrani 9 : 27 )

Dalam hal ini penyakit adalah " Pintu gerbang " untuk menuju kepada kematian.

2. Beberapa penyakit disebabkan oleh serangan setan dan kuasa kegelapan.

Ini diijinkan Tuhan untuk menyatakan bahwa kuasaNya lebih besar daripada kuasa musuh pada saat kita menyatakan otoritas atasnya.

Didalam Lukas 13 : 11 kita membaca, " Dan disana ada seorang wanita yang tubuhnya menjadi lumpuh karena telah diikat menjadi roh jahat selama 18 tahun. Ia menjadi bongkok dan tubuhnya tidak dapat diluruskan lagi "

Dalam ayat yang ke 16 Yesus berkata, " Bukankah wanita ini, keturunan Abraham, yang telah dikuasai setan selama 18 tahun, harus dilepaskan dari apa yang telah mengikatnya dihari Sabbat ini ? " Penyakitnya disebab kan oleh ikatan setan dan Yesus membebaskanya dari ikatan itu.

3. Beberapa penyakit juga dapat disebabkan oleh dosa di dalam kehidupan kita.

" Ada orang-orang yang menjadi sakit oleh sebab kelakuan mereka yang berdosa, dan disiksa oleh sebab kesalahan-kesalahan mereka " ( Mazmur 107 : 17 )

Didalam Yohanes 5 : 1-14 kita membaca tentang seorang laki-laki yang sakit selama 38 tahun dan duduk didekat kolam, mengharapkan kesembuhan terjadi atas dirinya. Yesus datang kepadanya dan berkata " Bangunlah! Ambil tikarmu dan berjalanlah ".

Dan kemudian Ia mengatakan suatu hal yang penting, " Lihat, sekarang engkau sudah sembuh. Berhentilah berbuat dosa atau sesuatu yang lebih parah akan menimpamu. " Singkatnya, Yesus berkata, " Engkau dan Aku tahu benar sebab sakitmu adalah dosa. Aku telah menyembuhkanmu, tapi jangan kembali kepada dosamu, atau hukuman nya akan lebih berat atasmu."

Galatia 6 : 7-8 mengatakan, " Jangan sesat, Allah tidak akan membiarkan diriNya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. Sebab barang siapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barang siapa menabur dalam Roh, ia juga akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu." Dengan kata lain, ketika kita berbuat dosa, dengan tubuh kita, kita akan mengalami penderitaan didalam tubuh kita. Itu adaalh hukum yang pasti dari Tuhan; apa yang kita tabur, itu yang kita tuai.

4. Ilmu Kedokteran mungungkapkan adanya hubungan antara, kebencian dengan beberapa penyakit.

Sebagai contoh, kebencian sudah diketahui sejak lama sebagai sebab timbulnya penyakit tekanan darah tinggi, bisul, keriput, sakit kepala, radang persendian, dan lemah syahwat ( impotensia ).

Kebencian adalah suatu kekuatan hebat yang dapat menghancurkan pikiran, tubuh, jiwa, dan roh kita, " Hati yang damai memberikan kehidupan atas tubuh, namun kebencian mengkancurkan tulang " ( Amsal 14 : 30 ). Ayub 5 :2 bahkan lebih menekankan, " Kebencian membunuh yang bodoh."

5. Beberapa penyakit bagi kemuliaan Tuhan.

Suatu kali Yesus dan murid-muridNya bertemu dengan seorang laki-laki yang buta sejak lahir. Seperti kebanyakan orang sekarang ini, murid-murid secara langsung menghubung-hubungkan semua penyakit dengan dosa, sehingga mereka bertanya kepada Yesus:

" Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya sehingga ia dilahirkan buta ?" Jawab Yesus: Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan dalam dia. " ( Yohanes 9 : 2.3 )

Duri didalam daging rasul Paulus juga menunjukkan maksud yang sama. Ketika ia tidak berhasil meminta Tuhan untuk menyembuhkannya, Tuhan berkata:

" Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." ( 2 Korintus 12 : 9 )

Melihat wajah-wajah yang bersinar dalam diri orang-orang yang secara jasmani tidak mampu, yang tidak mempedulikan akan sembuh atau tidak, namun tidak membenci Tuhan, adalah seperti melihat anugerah yang mengherankan itu bekerja dengan luar biasa dan ini tentunya akan menjadi kemuliaan Tuhan.

Dalam Yohanes 11 : 4 kita membaca hal yang sama, " Ketika Ia mendengar hal itu ( Lazarus sedang sakit ), Yesus berkata, "Penyakit itu tidak akan membunuhnya. Tidak, hal itu terjadi agar Allah dipermuliakan sehingga Anak Allah pun dimuliakan lewat hal itu."

6. Sebab lainnya adalah untuk menyatakan bahwa anugerah Tuhan itu berkecukupan sekalipun bila orang itu tidak disembuhkan.

Firman Tuhan yang disampaikan kepada rasul Paulus tentang anugerah ini diberikan setelah ia memohon kepada Tuhan tiga kali agar Tuhan mengambil penyakitnya " ... sebuah duri dalam dagingku, seorang utusan Iblis untuk mengecohku" ( 2 Korintus 12 : 7 )


Jawaban Tuhan bukan menyembuhkan dan membebaskannya dari masalah itu, tetapi justru dalam hikmat dan pengetahuan yang tak terbatas Ia berkata, " Cukuplah anugerah-Ku kepadamu karena kuasa-Ku menjadi sempurna dalam kelemahan..." ( 2 Korintus 12 : 9 )

7. Sebab lain dari suatu penyakit adalah untuk memberikan kesempatan kepada Tuhan untuk menyatakan belas kasihanNya

Matius 15 : 22 mengatakan, " seorang wanita Kanaan datang dari daerah itu dan berseru : ' Kasihanilah aku ya Tuhan, anak Daud karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita '

Katherine Kuhlman berkata suatu ketika, " kalau saya diminta untuk memberikan suatu penjelasan hanya dalam 3 kata tentang apa yang telah dikerjakan oleh Roh Kudus karena mendemonstrasikan segala keajaiban dalam pelayanan mujijat ini, maka 3 kata itu adalah belas kasihan Tuhan; belas kasihan Tuhan."

Dalam Lukas 18 : 35-37, seorang pengemis buta yang duduk dipinggir jalan mendengar tentang Yesus dari Nazareth, sedang melewati jalan itu ia berteriak, " ... Yesus, anak Daud, kasihanilah aku!" Yesus meluluskan permintaan itu.

Dalam Markus 5 : 19 ketika orang kerasukan Legion dibebaskan ia ingin tetap bersama Yesus yang berkata kepadanya, "... pergilah kerumah keluargamu dan beritahukanlah mereka apa yang telah dilakukan Allah kepadamu, dan bagaimana ia berbelas kasihan kepadamu."

8. Penyakit karena penyebab yang tidak diketahui.

Dalam beberapa kasus, barangkali kita tidak pernah tahu dengan tepat penyebab yang sesungguhnya dari penyakit-penyakit atau tragedi tertentu. Jika kita terus menerus bertanya " Mengapa ? " Atau " mengapa saya ? " Bisa jadi kita menjadi lebih sulit menerima kebaikan yang Tuhan ingin berikan kepada kita ditengah-tengah penderitaan tersebut. Tiba-tiba, sebelum pasal yang membahas tentang kesembuhan, Yakobus 5 : 11, mengingatkan kita akan contoh Ayub : " sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun, kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan."

Walaupun sudah mengalami penderitaan yang begitu menyusahkan, Ayub tidak pernah mengerti mengapa tragedi ini menimpanya. Demikian pula, seringkali kita tidak mengerti tetapi kita mau berkata seperti Ayub :
" Sekalipun Ia menindasku aku tetap percaya kepadaNya..." ( Ayub 13 : 15 )

9. Ada penyakit dan kematian yang diakibatkan oleh ketidaktaatan dan ketidakpedulian terhadap hukum-hukum kesehatan yang telah difirmankan Allah.

Tuhan berkata :
" UmatKu binasa karena tidak mengenal Allah ( lack of knowledge, KJV )." Hosea 4 : 6.

" Jika kamu menurut dan mau mendengar maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu. Tetapi jika kamu melawan dan memberontak maka kamu akan dimakan pedang" Yesaya 1 : 19-20

" Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara Tuhan Allahmu, dan melakukan apa yang benar dimataNya dan memasang telingamu dan kepada perintah-perintahNya dan tetap mengikuti segala ketetapanNya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah kutimpakan kepada orang Mesir, sebab Aku, Tuhanlah yang menyembuhkan engkau ( Keluaran 15 : 26 )


" Hai anakKu, perhatikanlah perkataanKu, arahkan lah telingamu terhadap ucapanKu janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu didalam lubuk hatimu. Karena itulah yang menjadi kehidupan ( life, KJV ) bagi mereka yang mendapatkannya dan kessembuhan ( health, KJV ) Bagi seluruh tubuh mereka " ( Amsal 4 : 20-22 )

Seringkali kita lalai meneliti hukum-hukum alamiah dari Tuhan bagi tubuh kita.
" Tidakkah kau tahu tubuhmu adalah bait Roh Kudus, yang tinggal didalam kamu, yang telah dikaruniakan Allah kepadamu ? dirimu bukanlah milikmu lagi, engkau telah dibeli dengan harga. Karenanya Muliakanlah Allah dengan tubuhmu." ( 1 Korintus 6 : 19-20 )


Bagaimana kita dapat memuliakan Tuhan dengan tubuh kita kalau kita memilih uintuk menggunakan segala sesuatu yang kita tahu akan mendatangkan bermacam-macam penyakit ? Hal ini termasuk obat-obatan terlarang ( Berbeda dengan obat yang diberikan dengan resep ), alkohol, rokok, makanan yang kurang bergisi dan minuman yang mengandung kafein dan racun tannin ( terdapat didalam kopi dan teh, coklat, cola, dsb; baca Bab VI )

Bagaimana kita memuliakan Tuhan dengan tubuh kita kalau kita terlalu banyak makan, tidak rajin berolah raga dan mengkonsumsi pemanis seperti gula dalam segala bentuk ? Kebiasaan makan dan minum perlu diuji dengan perkataan Paulus " Segala sesuatu adalah baik bagiku, tapi tidak semuanya itu berguna. Segala sesuatu baik bagiku, tetapi aku tidak akan diperbudak oleh apapun. ( 1 Korintus 6 : 12 )

Tuhan tidak berkewajiban untuk menjaga agar kita tetap sehat dan hidup sekalipun kita telah menjadi hambaNya kalau kita senantiasa tidak taat kepada hukum-hukum alamiah dan rohaninya

Setan mencoba Yesus supaya Ia melemparkan diriNya sendiri dari puncak Bait Suci dan mengutip ayat tentang perlindungan Tuhan atas diriNya dengan mengirimkan malaikat-malaikatnya, Yesus menjawab dengan mengutip sebuat ayat, " Janganlah mencobai Tuhan Allahmu " ( Lukas 4 : 12 )

Kita juga dapat " mencobai Tuhan " dengan makan makanan yang telah dinyatakan berbahaya oeh ilmu kedokteran, bersikap hanya berdasarkan dugaan dan keluar dari kehendak Tuhan.

Seringkali penyebab suatu penyakit adalah karena kita menuai hasil kelalaian diri kita sendiri untuk mendengar tanda-tanda peringatan yang telah dikirmkan oleh tubuh kita. Berapa kalikah kita tidak taat pada nasihat Roh Kudus tentang kebiasaan makan atau minum kita ?

Marilah kita dengan serius bertanya kepada Tuhan agar Ia menunjukkan kepada kita dengan cara apa kita telah tidak memuliakan namaNya dengan tubuh kita, dan ambillah langkah pertobatan yang berarti perubahan pikiran, perubahan sikap hati dan perubahan cara hidup " Aku katakan mereka harus bertobat dan berbalik kepada Tuhan dan membuktikan pertobatan mereka dengan tindakan " ( Kisah Para Rasul 26 : 20 )


Bagian kita adalah bersungguh-sungguh melakukan firman Tuhan " Tidakkah engkau tahu bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang hidup didalam kamu ?... Bait Allah itu kudus dan kamulah baitnya ( 1 Korintus 3 : 16-17 )

Beberapa alasan/kebenaran Alkitab mengapa umat Kristen harus menaruh perhatian pada makanan :

Ada hubungan antara makanan dan penyakit

1. Didalam ciptaan Tuhan yang sempurna, hanya tanam-tanaman dan biji-bijian yang diberikan sebagai makanan. Inilah rencana kesehatan Allah yang sempurna ( Kejadian 1 : 29 )

2. Tuhan memberikan binatang sebagai makanan kepada Nuh hanya karena ada suatu kebutuhan pada saat itu. Ketika air bah surut, tidak ada sayuran dan buah yang tumbuh selama beberapa lama. Sebagai gantinya, Tuhan menyediakan binatang "bersih" selama keadaan darurat. Ingat, yang Tuhan instruksikan kepada Nuh adalah mengambil tujuh pasang dari segala binatang "bersih" kedalam bahtera, dan hanya satu pasang dari binatang yang "tidak bersih". Ini menunjukkan bahwa Tuhan sangat prihatin akan kesehatan kita. Karena Ia yang menciptakan kita, sangatlah masuk akal bahwa Ia tahu yang terbaik yang akan membuat kita sehat.!

Dengan demikian, sebaiknya kita juga makan daging ( yang "bersih" ) dan seperlunya saja.

3. Pencipta kita memberikan kepada kita makanan bukan hanya sebagai zat-zat yang memberikan gizi untuk kesehatan tubuh kita, tetapi juga sebagai obat yang menyembuhkan.

"... Buahnya menjadi makanan, dan daunnya menjadi obat." ( Yehezkiel 47 : 12b )

Ini hanya ditemukan pada makanan yang diciptakan Tuhan untuk kita makan ( prinsip I ), yang masih natural atau belum diolah, belum diproses, belum diubah-ubah ( prinsip II ) dan dalam jumlah yang tidak berlebihan ( prinsip III ).

4. Didalam kehidupan masyarakat yang makmur, dimana tersedia berbagai ragam variasi makanan, umat Kristen hendaknya makan makanan yang diperlukan atau berguna saja ( bukan semua yang diinginkan ) dan tidak memakan makanan yang tidak diperlukan atau tidak berguna ( Galatia 5 : 13; I Korintus 10 : 23 ).

5. Makanan sedap, lezat ( misalnya mengandung gula, tepung putih, lemak yang tinggi, dan lain-lain ) dapat menimbulkan berbagai penyakit

" Bila engkau duduk makan dengan seorang pembesar, perhatikanlah baik-baik apa yang ada didepanmu. ( " Amsal 23 : 1 ).

" Taruhlah sebuah pisau pada lehermu bila besar nafsumu.!" ( Amsal 23. 2 )

" Jangan ingin akan makanannya yang lezat, itu adalah hidangan yang menipu." ( Amsal 23 : 3 )

" Jangan makan roti orang yang kikir, jangan ingin akan makanannya yang lezat." ( Amsal 23: 6)

"... jangan aku mengecap sedap-sedapan mereka." ( Mazmur 141 : 4 )

6. Manusia dapat menjalani hidup yang lebih sehat dengan mengurangi lemak jenuh dalam makanan mereka.

7. Tubuh kita adalah bait Roh Kudus ( I Korintus 6: 19, 20; 1 Korintus 3 : 16. 17 ).

8. Makanan mahal, fast food, dan junk food, semuanya mahal. Menghabiskan uang untuk itu semua adalah kebiasaan yang buruk- Ingat akan tiga prinsip diatas !!

9. Umat Kristen haruslah mencari kebenaran dan mengikutinya, dan tidak terbujuk oleh iklan televisi.

10. Umat Kristen ditantang untuk berbeda dari dunia :

~ " Janganlah engkau turut kebanyakan orang melakukan kejahatan ( in doing wrong, NIV)." ( Kejadian 23:2 )

~ " Janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik." ( 3 Yohanes 11 )

11. Sejak awal Tuhan selalu menaruh batasan-batasan pada makanan manusia:

~ Sebelum dosa memasuki dunia, Adam dan Hawa dilarang makan dari pohon Pengetahuan yang Baik dan Jahat. Hal ini, bersama dengan larangan tidak langsung untuk memakan daging hewan, adalah satu-satunya larangan yang diberikan kepada mereka ( Kejadian 2 : 16-17 )

~ Setelah air bah, manusia diperbolehkan memakan daging hewan, tetapi tidak boleh memakan darah ( Kejadian 9 : 4)

~ Ketika bangsa Israel mengembara dipadang gurun, Tuhan menyediakan manna bagi mereka dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan mereka dalam satu hari. tetapi Ia memerintahkan mereka untuk mengambil sesuai dengan jumlah yang mereka butuhkan dalam satu hari ( Kejadian 16 : 16 )

~ Melalui pemberian Hukum Musa, umat Israel dilarang memakan darah, lemak, 'keras' pada binatang, binatang yang mati secara alamiah, binatang yang mati dicekik, binatang yang 'tidak bersih'.

~ Bahkan setelah kedatangan Kristus, para rasul memerintahkan orang percaya bukan Yahudi yang baru untuk berpantang memakan darah dan binatang yang dicekik atau diserahkan kepada dewe ( Kisah Rasul 15 : 20 )

~ Kerakusan dan mabuk-mabukan adalah penyebab utama kekerasan, penyakit, dan bahkan kematian pada gereja pertama di Korintus ( I Korintus 11 : 21 )

12 Kegagalan untuk hidup dalam pembatasan makanan oleh Tuhan dihubungkan dengan konsekuensi-konsekuensi yang berat:

~ Dosa dan kematian memasuki dunia melalui ketidaktaatan Adam dalam hal makanan ( Roma 5 : 12 )

~ Ketika Esau sedang lapar, ia melepaskan hak warisnya- sesuatu yang berarti dan kekal- dan menukarnya dengan makanan ( Kejadian 25 : 34; Ibrani 12 : 16 )

~ Ketika bangsa Israel yang sedang mengembara mengabaikan peringatan Tuhan untuk tidak mengambil manna terlalu banyak, kelebihan makanan yang mereka timbun dikerumuni oleh cacing ( Keluaran 16 : 20 )

~ Ketika bangsa Israel yang tidak bersyukur meminta-minta daging sebagai ganti manna dari surga, Tuhan membawakan burung puyuh yang sangat banyak diatas perkemahan sehingga burung-burung puyuh tersebut bertumpuk-tumpuk setinggi 3 kaki dan berkumpul dari segala arah. Beberapa orang sangat rakus sehingga mereka menangkap burung-burung itu selama 36 jam, bahkan sampai tidak tidur. Tindakan mereka yang berlebihan ini sangat tidak menyenangkan hati Tuhan sehingga pada saat mereka mengunyahnya, Ia memukul bangsa itu dengan " suatu tulah yang sangat besar" ( Bilangan 11 : 31-33 ).

~ Didalam Perjanjian Lama, kerakusan dihubungkan dengan mabuk-mabukan dan pemberontakan ( Ulangan 21 : 20 ); Amsal 23 : 20,21 ). Dalam Perjanjian Baru, bersama dengan mabuk-mabukan, kerakusan adalah ciri-ciri seteru Kristus ( Filipi 3 : 18-19 ) dan orang-orang yang menimbulkan perselisihan didalam gereja ( Roma 16 : 17-18 ). Kerakusan tidak sejalan dengan kehidupan kekristenan yang dipenuhi oleh Roh Kudus. Telah dibuktikan dalam penelitian ilmiah bahwa ternyata makanan adalah faktor yang mempunyai kontribusi paling penting terhadap penyakit kanker, bahkan melehibi
merokok.

Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan kanker sesuai urutan :
- makanan
- merokok
- infeksi
- sinar matahari
- alkohol
- pekerjaan
- sejarah keluarga
- polusi
- kecanduan makanan
- produk-produk industri

( Sumber : The World on Health, Dr Michael Jacobson )

13. Pengendalian diri adalah salah satu buah roh.

14. Kemerdekaan dalam Kristus bukanlah kesempatan untuk menuruti kehendak daging ( 1 Korintus 10 : 23 ; 1 Korintus 6 : 12 )

15. Umat Kristen membutuhkan kesehatan dan energi untuk melakukan pekerjaan Tuhan. Dengan menjaga tubuh kita, kita akan mendapatkan lebih banyak tahun-tahun sehat yang vital bagi kita. Kita tidak hanya akan hidup lebih lama ( full age, KJV ), tetapi juga akan berjalan kekubur dengan penuh kekuatan/ semangat ( full vigor, NIV ) ( Ayub 5 : 26 )

Telah dilaporkan bahwa pada awal abad ke 20, sejumlah orang di Pegunungan Himalaya yang disebut orang-orang Hunza memiliki masa hidup rata-rata sampai 90 tahun, dan sering kali sampai diatas 120 tahun. Saat sebuah tim kedokteran yang dipimpin oleh Dr. Robert McGarrison mempelajari orang-orang Hunza pada tahun 1940-an, para dokter tidak menemukan satupun penyakit kanker, bisul/borok, radang usus buntu ataupun usus besar.Penyakit jantung dan darah tinggi tidak dikenal diantara mereka. Para ahli kedokteran juga menemukan bahwa orang-orang Hunza tersebut makan kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan, dan polong-polongan, Tim tersebut menyimpulkan bahwa kebiasaan ( gaya hidup ) orang-orang Hunza adalah minum air yang bersih dan berolah raga- dan kesetiaan mereka pada makanan seperti yang dideskrisikan didalam Kejadian 1 : 29

Pada tahun 1049, orang-orang Hunza telah diungsikan ke Pakistan, dan masa hidup mereka sejak itu memendek karena perubahan makanan.

Bab Satu

Biji-bijian ( Seeds )

Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji ( SEED- bearing plant. NIV;herb bearing SEED, KJV ) diseluruh bumi...; itulah yang akan menjadi makananmu ( they will be yours for FOOD, NIV;it shall be for MEAT, KJV)."
( Kejadian 1 : 29 )

Yang termasuk kedalam biji-bijian adalah :

* Grain = padi-padian
* Bean ( Legume ) = polong-polongan
* Nut = kacang-kacangan

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan sehubungan dengan biji-bijian "

~ Mengandung banyak zat-zat esensial yang berguna untuk mencegah penyakit, meningkatkan dan memulihkan kesehatan.

~ Biji-bijian memproduksi diri sendiri 100-1000 kali setahun.

~ Memasok segala sesuatu yang kita butuhkan untuk makan.

~ Jika kita makan daging, pastikan daging itu berasal dari hewan-hewan yang dagingnya " diberi makan " dengan padi-padian/biji-bijian.

~ Menggunakannya sesuai dengan rancangan asal dan hanya mengubah sedikit saja komposisinya.

~ Dirancang oleh Sang Pencipta yang penuh dengan KEBAIKAN supaya mendatangkan manfaat keuntungan yang besar untuk kesehatan.

GRAIN = PADI-PADIAN
Alkitab memakai kata " Corn" sebagai istilah generik untuk Grain/padi-padian.

CORN:

~ Disebutkan sebanyak 94 kali didalam Alkitab.

~ Istilah umum yang berarti GRAIN ( padi-padian) atau SEED ( biji-bijian ) - bukan tanaman khusus yang kita kenal sebagai jagung.

~ Sebagai contoh, kata beras ( rice ) ataupun OAT tida ada didalam Alkitab. Tetapi kata Ibrani dan Yunani untuk "Corn" bisa meliputi berbagai grain/padi-padian yang tidak disebut secara specifik, termasuk beras ataupun oat.

~ Padi-padian yang paling banyak dikonsumsi didunia adalah gandum, beras, jagung, dan oat. Beras, jadung, dan oat tidak dikonsumsi di Israel selama zaman Yesus.

~ Padi-padian yang disebutkan didalam Alkitab adalah WHEAT ( gandum ) dan BARLEY ( jelai/jali ), MILLET ( jawan ), dan RYE ( sekoi )

WHEAT dan BARLEY ( Gandum dan Jelai/Jali )

Dua jenis padi-padian yang terkemuka yang dipergunakan di Perjanjian Lama adalah WHEAT ( gandum ) dan BARLEY ( jelai/jali ) Gandum disebutkan sebanyak 51 kali dalam alkitab. Panen gandum disebutkan dalam Kejadian 30 : 14, dan panen jelai disebutkan dalam Rut 1 : 22.

Gandum dianggap sebagai bahan pokok kehidupan dan raja dari padi-padian. Gandum dijadikan sebagai ukuran kesehatan. Jelai/jali yang lebih murah dan jumlahnya lebih banyak diantara kedua jenis padi-padian tersebut, digunakan oleh orang-orang kelas rendah.

Keluarga yang memiliki roti gandum dinilai sebagai keluarga yang cukup berkelas. Pada zaman Yesus, gandum diberi harga sekitar tiga kali leih tinggi daripada jelai. Hal tersebut, pada kenyataannya, juga benar ketika 70 tahun kemudian Yohanes menulis didalam kitab Wahyu: " Dan aku mendengar se[erti ada suara di tengah-tengah keempat mahluk itu berkata:' Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar.. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu" ( Wahyu 6 : 6 )

Gandum dan padi-padian lain dipersembahkan sebagai sebuah penghargaan atas kesetiaan. " Ketika ..Daud di Mahanain. membawa... gandum, jelai, tepung, bertih gandum, kacangbabi, kacang merah besar, kacang merah kecil, madu, dadih, kambing domba, dan keju lembu bagi daud dan bagi rakyat yang bersama-sama dengan dia untuk dimakan, sebab kata mereka: ' rakyat ini tentu telah menjadi lapar, lelah, dan haus dipadang gurun.:" ( 2 Samuel 17: 28.29 ).

WHEAT ( Gandum ) The King of Grains

Kata gandum disebutkan sebanyak 51 kali didalam Alkitab. Gandum ini bernilai tinggi, sehingga digunakan sebagai ukuran kesehatan. Sekarang ini, gandum masih menjadi makanan pilihan nomor satu didunia. Allah berjanji: " Tetapi umatKu akan Kuberi makan gandum yang terbaik dan dengan madu dari gunung batu Aku akan mengenyangkannya.: ( Mazmur 81 : 17 )

" Makanan-Ku yang Kuberikan kepadamu - tepung yang terbaik... demikianlah Firman Tuhan". ( Yehezkiel 16 : 19 )

BARLEY ( JELAI /JALI ) Tiny Grain, Great Gifts

Ketika Yesus bertanya, makanan apa yang dapat diberikan kepada 5000 laki-laki - ditambahkan dengan wanita dan anak-anak - yang mengikuti Dia, ANDREAS berkata, " Disinilah ada seorang anak yang mempunyai lima roti jelai ( five small barley loaves ) dan dua ikan." ( Yohanes 6 : 9 )

Mukjijat pun terjadi ketika Yesus memberkati, memecah-mecahkan, dan melipatgandakan lima roti dan dua ikan itu. Elisa juga memecah-mecahkan 20 roti jelai dan melipatgandakannya untuk memberi makan 100 orang ( 2 Raja 4 : 42-44 )

Suatu pemberian Tuhan, yang meskipun kecil, tetapi karena itu diciptakan Tuhan dan dipersembahkan kepada Kristus dan umatNya, maka dapat digunakan dengan cara besar. Sebagaimana Yesus membuat makanan uang kecil ini untuk memberi makan banyak orang, demikian juga TUHAN telah membuat tiny barley grain ( jelai/jali yang mungil ) penuh sesak dengan zat-zat gizi.

Didalam praktik, Barley dapat digunakan sebagai :

~ tepung untuk roti atau crackers.

~sweetener/pemanis.

~ minuman.

~ salah satu bahan didalam sup

~ menolong mengobati penyakit-penyakit usus ( di Inggris )

~ young barley sprout dipenuhi dengan mineral, vitamin, dan banyak zat-zat phytokimia yang menguntungkan dan antioksidan ( nutriotional dan ideal food supplement).

~ semua zat yang ada didalamnya bekerja sibergis ( saling menguatkan satu dengan yang lain ) oleh karena desainnya yang unik.

Dibeberapa daerah di Timur Tengah, barley/jelai/jali disebut sebagai 'obat bagi jantung' karena penuh dengan beta glucan, sejenis serat yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung dengan menurunkan LDL kolestrol,penyebab penyumbatan arteri. Kandungan seratnya yang tinggi dapat mengatasi sembelit dan berbagai masalah pencernaan. Juga membantu menghambat perkembangan kanker.

MILLET ( Jawan )

Fakta-fakta tentang MILLET atau Jawan :

~ Hanya disebutkan satu kali didalam Alkitab ( Yehezkiel 4 : 9 )

~ Mengandung lebih banyak protein dari pada gandum, jagung, dan beras.

~ Tinggi mineral dan mudah dicerna.

~ Mampu bertahan hidup, baik di tanah yang subur maupun gersang.

~ Membutuhkan sedikit kelembaban yuntuk bertumbuh.

~ Karena alergi gandum menjadi salah satu alergi makanan yang paling umum di Amerika saat ini, MILLET adalah alternatife yang baik. MILLET [tidak mengandung gluten, yang merupakan penyebab utama alergi karena gandum. Banyak toko-toko makanan sehat yang menyediakan roti MILLET.

~ sayangnya, kebanyakan padi-padian MILLET yang diproduksi digunakan sebagai makanan burung atau ayam.

Sungguh sesuatu yang menarik mendapati bahwa kita memberi makan burung peliharaan kita dengan padi-padian yang lebih baik daripada yang dimakan oleh kebanyakan kita!!

RYE ( Sekoi )

Fakta-fakta tentang RYE atau Sejoi :

~ Disebutkan dua kali didalam Alkitab ( Keluaran 9 : 32; Yesaya 28 : 25 ).

~ RYE dapat tumbuh baik meskipun kondisi tidak menguntungkan untuk panen.

~ Mengembalikan nitrogen ke tanah dan memperkaya tanah.

~ Kandungan nutrisinya sama dengan WHEAT

~ RYE merupakan padi-padian yang mengandung gluten, tapi kandungan glutennya jauh lebih rendah dari pada WHEAT. Kira-kira mengandung 20 % protein dan mengandung serat tinggi.

~ Mengandung mineral ( magnesium, zat besi, dan kalium ) dalam jumlah yang tinggi. Juga vitamin B dan mineral mineral lain.

~ RYE bread yang terdapat di toko-toko kebanyakan dibuat dari refined rye flour yang biasanya telah dicampur dengan wheat flour yang sudah diproses.

~ Pure RYE bread sulit ditemukan. Warnanya agak kehitam-hitaman dan sangat bergizi serta enak rasanya.

RICE ( Beras )

~ Beras merah yang selaput luarnya berwarna kecoklatan sarat dengan zat gizi; sebaliknya beras putih, karena telah dibersihkan, digiling, dan diputihkan, memiliki nilai gizi yang sangat kecil

Juga tepung beras yang telah dibersihkan, digiling, dan diputihkan sehingga menjadi tepung yang putih, sebagian besar zat-zat nutrisi dan seratnya telah terbuang dan mengandung pemutih. Proses pemutihan bahan baku tepung menggunakan magnesium silikat yang merupakan bahan dasar bedak. Zat ini diduga dapat menimbulkan kanker karena mengandung serat asbes, Selain itu, tepung putih juga menyebabkan makanan bergerak dengan lambat di dalam tubuh yang juga menyebabkan kanker pencernaan.

~ Beberapa jenis beras dipoles lagi dengan cairan gula dan minyak supaya rasanya gurih dan pulen kembali. Secara alamiah, sebenarnya beras mengandung zat gula dan lemak tetapi zat-zat tersebut rusak/hilang dalam proses pengolahan.

PADI-PADI UTUH untuk MANFAAT KESEHATAN yang MAKSIMAL.

Ketika kita memperhatian nilai gizi padi-padian, kita sampai pada dua pilihan yang paling sederhana: whole ( utuh ) atau refined ( telah mengalami proses pembersihan, penggilingan, pemutihan ). Kebanyakan orang lebih cenderung memilih refined white bread ( roti putih ) daripada whole grain, juga kebanyakan orang lebih cenderung memilih memberi makan anak-anak mereka berkotak-kotak serealia yang biasanya telah dikomersilkan dengan menambah lebih dari 50 % gula dengan serat yang sudah tinggal sedikit bahkan tidak ada lagi, sehingga tidak lagi bisa disebut sebagai serealia karena barangkali telah menjadi sama dengan cookies atai candies.

Benar sekali seperti yang dikatakan oleh para ahli gizi: " Semakin putih roti, semakin cepat Anda mati". tetapi kebanyakan dari kita terbiasa memilih roti putih karena sejak kecil kita telah memakannya. Ini semua terjadi akibat kita tidak mempunyai gambaran yang jelas bagaimana gandum itu diproses sedemikian rupa sehingga menjadi roti putih.

20 Langkah Proses " PEMUTIHAN" Gandum menjadi Tepung Putih

( 20 langkah Menuju Kesehatan yang Memburuk )

" Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut " ( Amsal 14 : 12; 16 : 25 )

Proses gandum utuh menjadi tepung putih memerlukan kira-kira 20 langkah. Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang proses pemutihan ini, terlebih dulu dimengerti anatomi atau lapisan-lapisan pada gandum.

HULL = KULIT SEKAM

Ini adalah lapisan paling luar yang dibuang / dibakar oleh karena tidak ada nilai gizinya ( hanya berfungsi untuk menjaga bagian dalam Grain sehingga membuat awet nilai gizinya ) selain itu, menyebabkan gatal pada kulit

Lukas 6:1 mengatakan "Pada suatu hari sabat, ketika Yesus berjalan di ladang gandum, murid-muridNya memetik bulir-bulir gandum dan memakannya dengan mengisarnya dengan tangannya."
Dengan mengisarkan ( menggosok ) bulir-bulir gandum tersebut dengan tangan, mereka telah menghilangkan kulit sekam yang ada di lapisan paling luar, tetapi lapisan BRAN dan GERM-nya tetap menempel.

BRAN
Jumlahnya kurang lebih 15% dari seluruh padi-padian, kanduingan seratnya yang tinggi adalah salah satu sumber serat tidak terlarut yang paling dikenal. Serat ini berperan sangat baik untuk mencegah dan menyembuhkan sembelit. Serat ini membantu mencegah Infeksi usus, hemoroit / wasirserta membantu mencetgah terjadinya Kanker Usus Besar, membantu menyembuh diabetes, menurunkan kolestrol, menurunkan resiko terjadinya serangan jantung (karena mengandung beta glucam, yakni suatu polimer glukosa, yang tidak dapat dicerna. Ia menyerap lemak dan asam empedu sehingga menurunkan pembentukan kolestrol dalam hati)

Lapisan luar yang berlilin (Epikarp) ini juga dapat berfungsi menjaga zat-zat gizi dan kelangsungan hidup kernel didalamnya. Lapisan yang lebih luar ini mempunyai kandungan seluliosa yang bukan zat gizi tetapi melindungi agar kernel mampu berproduksi, sekali lapisan luar ini ditembus zat-zat gizi akan mulai rusak. Semakin kita masuk lebih dalam ke kernel, lapisan selulosanya semakin sedikit, tetapi vitamin-vitamin dan mineral-mineral (kalsium) serat larut dan tidak larut, serta proteinya lebih tinggil.

EMBRIO/GERM/KERNEL

Jumlah kurang lebih 3% dari seluruh padi-padian. berbentuk seperti ginjal (kidney) atau sebutir kacang merah

Lapisan ini adalah lapisan yang paling kaya nutrien, tapi cepat busuk dalam keadaan biasa sehingga industri kue sering kali mengeluarkan lapisan ini agar roti/kuenya tidak cepat busuk sehingga roti/kue tersebut tidak menjadi sehat lagi

Di dalam ulangan 32:14 (KJV): Musa bernyanyi tentang bagaimana Tuhan sendiri telah memberikan kepada manusia; "the fat of kidneys of toheat" (KJV) = "finest kernel of wheat" (NIV) = "gandum yang terbaik" sebagai makanan

Yang dimaksud adalah lapisan embrio/germ yang kaya sekali dengan zat-zat gizi berupa 1. vitamin b dan e, 2. protein. 3. lemak esensial. 4. zat besi,magnesium, seng ,kromium, mangan, kalsium,fosfor,klorida,natrium,yodium

Endosperma

Jumlahnya kurang lebih 80-85% dari seluruh padi-padian. Hanya lapisan ini yang tertinggi dalam tepung putih yang telah mengalamai pemrosesan

Refined White Flour adalah murni endosperma atau zat tepung. Baik bran ataupun germnya sudah terbuang bersama 80% zat gizi gandum. Endosperma memiliki kandungabn vitgamin B dan mineral yang jauh lebih rendah daripada germ dan bran yang juga artinya memiliki kandungan serat lebih rendah

Bukan saja 80% gizinya sudah terbuang, proses penggilinganya juga menggunakan temperatur yang tinggi sehingga padi-padian yang ada menjadi rusak karena teroksidasi. Tepung yang telah diproses sebenernya berwarna keabu-abuan oleh karena oksidasi.Warna seperti itu, tentunya, akan membuat jijik kebanyakazn pembeli. Jadi bahan-bahan kimia seperti klorin,dioksida,asetopn,peroksida atau bensoil peroksida digunakan untuk memutihkan tepung tersebut. Prioses pemutihan ini merusak banyak vitamin yang sedikit yang masih terwsisa. Sebagai tambahan zat-zat pewarna tersebut dapat beraeaksi dengan asam lemak dan menghasilkan peroksida yang beracun dan dapat menimjbulkan reaksi radikal bebas. Klorin dioksida, dengan asam urat, juga membntuk "alloxan" yang digunakan dalam percobaan binatang untuk menghasilkan diabetes. Secara keseluruhan, proses penggilingan dan pemutihan yang digunakan sekarang menghilangkan sebanyak 22 zat gizi yang penting roti kita, temrausk serat, vitamin, dan mineral

Bagaimanapun juga, tepung putih terlihat lebih bersih dan lebih murni daripada tepung gandum utuh yang kotor dan berwarna coklat. Sebagai konsekuensinya, tepung putih lebih diminati oleh masyarakat. Ditambah lagi, konsumen tampaknya berpendapat bahwa tepung putih lebih murni, dengan demikian, lebih diminati.

Bagaimana dengan roti yang diperkaya ( enriched ) ? Daftar vitamin yang ditambahkan kedalam nya memang kedengaran mengesankan, tetapi semua itu ditambahkan hanyalah untuk menggantikan beberapa vitamin yang telah hilang karena pemrosesan tersebut. Pada roti-roti ini toko-toko roti biasanya menambahkan 4 zat gisi pada tepung yang mereka gunakan, yaitu, Thiamin,Niacin, Reboflavin dan zat besi. bagaimanapun vitamin yang mereka pakai biasanya adalah vitamin2 yang coal-tar derived ( vitamin2 yang berasal dari cairan ter hasil olahan batu bara ) oelh karena itu hindari produk2 yang dibeli label enriched, karena mungkin memang sudah sedikit kandungan gisi orisinalnya. Sayangnya hasil akhirnya mengandung sangat sedikit tambahan vitamin yang sebenarnya.

Roti Low Fiber yang telah terikat dengan gula dalam jumlah yang besar dan lemah yang dihidrogenasi akan berubah menjadi seperti pasta didalam usus. Hal ini nantinya mengakibatkan sembelit yang dapat menimbulkan penyakit Gastrointestinal seperti irritate bowel syndrome, diverticulitis, dan wasir.

Tetapi mungkin anda berkata, "aya hanya makan beberapa lembar roti putih saja dalam 1 hari." benarkah ? Apakah anda sudah menghitung roti untuk hamburger dan Hot Dog anda ? Apakah anda sudah mengikut sertakan crackers, bagel, pretzel dan pruduk2 sereal dan pasta yang banyak, yang juga terbuat dari tepung putih ?

Selama perang dunia pertama kekurangan padi-padian di Denmark telah mengakibatkan timbulnya larangan terhadap pabrik2 roti besar untuk emnggiling padi-padian ( grain ). Masyarakat terpaksa harus menggiling tepung gandum utuh mereka sendiri. Selama masa-masa sulit ini, perubahan tersebut ternyata menurunkan angka kematian di denmark sebanyak 34 % per tahun selama larangan tersebut berlaku.

Penggilingan
Orang-rang Israel menggunakan penggilingan untuk menggiling padi-padian mereka. Sebuah penggilingan memiliki dua buah batu yang bulat pilih, yang diputar dengan tangan. Jika penggilingannya besar, digunakan lembu untuk memutarkan batu-batu tersebut. Para wanita biasanya menaruh padi-padian didalam penggilingan ini sehingga dapat di giling menjadi tepung ( Matius 24 : 41 )
.

Pilihlah produk padi-padian utuh yang berupa :
~ Tepung beras merah
~ Tepung ketan utuh
~ Tepung gandum utuh ( whole wheat/grain fluor )
~ Pasta dari gandum utuh ( whole wheat/grain pasta )
~ Roti tawar dari tepung gandum utuh ( whole wheat/ grain bread )
~ Roti pitta dari tepung gandum utuh ( whoel wheat / grain pitta bread )
~ Whole Wheat Muffin
~ Whole Wheat/ grain bagel
~ Whole Wheat /granin pretzel

Bean = Legume = Polong-polongan.

( Kacang Bogor, kacang hijau, kacang hitam, kacang merah, kacang kedelai, kacang polong, lentil )

Polong-polongan adalah biji-bijian yang dapat dimakan ada didalam kulit. Selaput luar polong-polongan mengandung trypsin inhibitor ( zat penghambar enzim pengurai protein ) yang dapat menyebabkan penyakit pencernaan. Maka sebelum diolah harus direndam terlebih dahulu semalaman supaya zat penghambat ini terlepas dan air perendamnya tidak boleh digunakan lagi.

Rendamlah Polong-Polongan semalaman sebelum memasaknya !

Polong-polongan adalah tanaman yang menajdi sumber :
- Karbohodrat
- Protenin yang kaya ( protein nabati )
* 2-4 kali lebih tinggi dari pada padi-padian, sehingga sering disebut ' daging orang miskin'
- lemak ( rendah lemak-lemak yang baik untuk kita )
- vitamin dan mineral
- serat
* serat terlarut :
* menurunkan rasa lapar.
* menurunkan LDL ( kolestrol )
* menstabilkan tingkat gula darah.
* mengurangi kebutuhan insulin pada penderita diabetes
* mencegah sembelit dan pertembuhan hemoroid
* mencegah kanker.

Polong-polongan tetap mengandung zat gisi bahkan setelah dimasak selama 75 menit. Kacang kedelai adalah hasil polong-polongan terbesar didunia. Semakin banyak kacang ini dipelajari, makin tampak keajaibannya. Kacangnya dan hasil produknya di gunakan untuk pengganti daging, baby formula ( susu bayi ) tepung, tofu ( tahu ) minyak untuk memasak dan sebagainya. Kacang kedelai adalah satu-satunya polong-polongan yang proteinnya paling lengkap meskipun diberikan sendirian.

Karena proteinnya kurang lengkap, maka golongan polong-polongan selain kedelai harus dicampur dengan golongan padi-padian untuk membentuk protein yang lengkap ( oleh karena itu pada banyak kebudayaan, polong-polongan dicampur dengan padi-padian untuk mendapatkan protein yang lengkap ini ) misalnya : beras merah ditambah kacang hijau yang sering dijadikan bubur sebagai makanan tambahan di posyandu.

Roti Yehezkiel ( lihat keterangan dibawah ini ) :
Pada 597 SM Raja Yoyakin menyerahkan Yerusalem kepada tentara babilonia dan di bawa ke pengasingan, kira-kira 10000 orang tentara, orang-orang ahli, negarawan, dan pemimpin agama, dibawa bersama sang raja. Diantara orang-orang itu ada Yehezkiel sang nabi. Yehezkiel memberikan pesan-pesan Tuhan kepada mereka yang tinggal kedalam pengasingan itu ia melihat dirinya asendiri sebagai seorang pengintai - seorang yanbg di perlukan untuk memberikan peringatan, akan bahaya yang sedang mendekat atau srgera datang. Ia juga seperti halnya seorang aktor. Seringkali Tuhan menyuruhnya untuk mendramatisir atau untuk memerankan pesan-pesanNya. Sehingga dapat dilihat dan dimengerti oleh bangsa Israel yang diasingkan.

Didalam yehezkiel 4, Tuhan memerintahkan Yehezkiel untuk berbaring pada sisi kirinya selama 390 hari, dan ketika ia sudah selesai Tuhan menyuruhnya untuk berbaring diatas sisi kanannya selama 40 hari nabi tersebut menggambarkan Israel ketika berbaring pada sisi kirinya (Israel adalah kerajaan Utara dan ia menggambarkan Yudea ketika ia berbaring pada sisi kananya (Yudea adalah kerajaan Selatan. panjangnya waktu yang dihabiskan Yehezkiel untuk berbaring pada sisi masing-masing adalah lamanya waktu Israel dan Yudea akan dihukum atas dosa2 mereka

Tuhan berkata kepada Yehezkiel, "Selanjutnya ambillah gandum (Wheat), jelai (Barley), kacang merah besar (bean), kacang merah kecil (lentil), jawan (millet) dan fitch dan taruhlah dalam satu periuk dan asalaklah itu menjadi roti bagimnu... (Yehezkiel 4:9). Yehezkiel memakan rotinya dalam jumlah 20 syikal 1 hari bersamaan dengan air, jumlahnya kira-kira setengah pon roti, tuhan juga memerintahkanya untuk memakan roti jelai yang dipanggang diatasx api yang menggunakan kotoran manusai sebagai bahan bakar. (yehezkiel 4:12)

Tertulis bahwa Yehezkiel hidup dengan roti ini selama 430 hari secara keseluruhan! Roti tersebut adalah kombinasi dari padi2an (gandum, jelai, jawan, dan sekoi atau sejenis gandum) dan polong-polongan itulah campuran protein yang lerngkap!!

Di Amerika, roti Yehezkiel dapat di temukan di toko-toko makanan sehat.


NUT

NUT = Kacang-kacangan & Seed = bij-bijian

(coconut=kelapa, cashew nut = mete, pistachio nut, walnut = kenari, almond nut, hazelnut, brazil nut, sesame seed= biji wijen, sunflower seed = biji bunga matahari)

Kacang2an dan biji2an merupakan sumber lemak nabati yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan kita. Tuhan berjanji kepada umat-Nya, "You can enjoy the fat of the land" (kamu akan mengecap kesuburan tanah ini) - Kej 45:18


Ini merupakan sumber protein yang tinggi dan berman faat dan juga sumber mineral dan vitamin yang penting teurtama tinggi klaium, besi,. dan fosfor yang bekerja sama sdengan vitamin B, beberapa di antaranya tinggi kalsium, misalnya : almond, biji wijen, sehinga bisa m,embantu mencegah / memperlambat perkembangan osteoporosis pada wanitab erusia lanjut. Beberapa kacang-2an yang tinggi vitamin B nya adalah almond, hazelnut, pine kernel, dan pistachio nut. Kacang mete mengandung vitamin C. dan biji bunga matahari mengandung vitamin E dan D


TAHUKAH ANDA?

Almond
Memiliki kandungan protein tertinggi dibandingkan kacang2an lainnya, dan juga kaya mineral terutama kalsium.

Hazelnut
Rendah lemak dan tinggi Vitamin B dan E

Brazil nut
kaya aka minyak dan mineral, khususnya selenium

Walnut
Sumber Portein, vitamin, mineral, dan minyak yang bak


Sesame seed
Sumber minyak yang penting dan tinggi kalsium. dijual sebagai selai, disebut Tahini


Mengandung larbohidrat kompleks dalam jumlah yang kecil dan tidak mengandung karbohidrat sederhana. Yang masih berkulit umumnya belum diproses, kecuali kacang tanah dan pistachio

Kacang tanah sebenarnya tidak termasuk kacang2an , tapi polong2an karena kulitnya sangat mudah dicemari jamur yang mengandung aflatoksin (zat yang menimbulkan kanker).

Kacang mete juga bukan kacang2an tapi buah jambu mete. Kulit harus dikupas, karena mengandung minyat kaustik yang dapat merusak kulit.

Satu-satunya yang membuat kacang-kacangan kurang menyehatkan adalah cara prosesnya (yaitu dengan menggoreng dan menambah lemak hewan dan atau garam yang terlalu banyak) karena kandungan lemaknya agak tinggi, lebih baik di konsumsi mentah atau di sangre sebentar

Kacang2an telah dihubungkan denan pencegahan kanker, resiko penyakit jantung yang lebih rentan dan membantu penderita diabetes.


A Symbol of Security and Love

Dalam perjanjian lama, beberapa kata terakhir Musa adalah berkat yang meliputi nubuat ini :

"Maka Israel diam ddengan tenteran dan sumber Yakub diam tidak terganggu didalam suatu negeri yang ada gandum dan anggur bahkan lautnyapun menitikkan embun" (Ul 33:28)

Beberapa tahun kemudian raja Daud ada didalam medan peperangan.

Beberapa orang dinegeri itu bahwa daun dan tentaranya memerlukan mnakanan, maka mereka :

"Membawa gandum (wheat) dan jelai (barley), tepung (flour) dan bertih gandum (roasted grain), kacang merah besar (bean) dan kacang merah kecil (lenth) madu dan dadih kambing domba dan keju klembu bagi Daud dan bagi rakyat yang bersama-sama dengan dia untuk dimakan. sebab kata mereka : "rakyat ini tentu telah menjadi lapar, lelah, dan haus di padang gurun"" (2Sam 17-28,29)

"Sebab Tuhan Allahmu, membawa engkau masuk kedalam negeri yang baik... suatu negeri dengan gandum dan jelainya, dengan pohon anggur, pohon ara, dan pohon delimanya, suatu negeri dengan pohon Zaitun dan madunya,...." (Ul 8:7-9)

BAB DUA

Buah-buahan dan Sayur-sayuran ( Fruit and Vegetable )

" Aku memberikan kepadamu... segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah yang akan menjadi makananmu ( they will be yours for FOOD, NIV; it shall be for MEAT, KJV)."
( Kejadian 1 : 29 )
"... dan tumbuh-tumbuhan dipadang akan menjadi makananmu." ( Kejadian 3 : 18b )

Ketika Tuhan menciptakan dunia ini, sayuran dan buah-buahan telah memenuhi taman Eden. Dengan demikian , sebenarnya, rencana Tuhan bagi umat manusia adalah menjadikan mereka vegetarian. Dalam kitab pertama di dalam alkitab, Tuhan berkata : Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji diseluruh bumi ( padi-padian, polong-polongan dan kacang-kacangan ) Dan segala pohon-pohonan yang buah nya berbiji , itulah yang akan menjadi makananmu ( Kejadian 1 : 29 )

Rencana Tuhan juga berlaku bagi mahluk-mahluk lain yang Ia ciptakan untuk menjadi vegetarian. Ia berkata : tetapi kepada segala binatang dibumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap dibumi yang bernyawa kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menajdi makanannya. Dan jadilah demikian. ( Kejadian 1 : 30 )

Satu-satunya tumbuhan yang dibatasi bagi manusia pada waktu itu adalah " Pohon pengetahun yang baik dan yang jahat " ( Kejadian 2 : 17 )
Perintah Tuhan bagi Adam dan Hawa mereka boleh memakan buah dari pohon-pohon lainnya, kecuali pohon yang satu ini.

Setelah Adam dan Hawa memberontak melawan Tuhan, mereka diusir keluar dari taman itu, dan tanah mereka menjadi terkutuk. Adam dan Hawa telah diberitahu seperti ini tentang dunia.
" Semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan dipadang akan menjadi makananmu " Kejadian 3 : 18
" ... and thou shall eat the herb oh the field," KJV


( leccuce, kol, brokoli, kembang kol, bayam, kangkung, asparagus dll serta umbi-umbian , ubi jalar, kentang [/I]wortel, bit )

Adam bercocok tanam ditanah itu. Masa bercocok tanam didalam alkitab bermula dari jaman Adam sampai jaman Nuh dan selama masa memakan tumbuh-tumbuhan ini, orang-orang memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan usia orang-orang pada jaman-jaman berikutnya.

Apakah Yesus seorang vegetarian ? TIDAK
Kita tahu bahwa sesekali Ia memakan ikan, kita juga tahu bahwa Ia memakan daging domba pada hari raya Paskah. Ia juga memakan daging-daging lainnya selama hari raya dan pada acara-acara istimewa seperti : pernikahan. Demikian juga Nuh, Tuhan memberikan hewan sebagai makanan, karena pada waktu itu buah dan sayuran sedang musnah karena air bah. Ini bisa dijadikan contoh bagi kita, bahwa memakan daging pada saat / acara / keperluan tertentu saja.

Memilih Makanan dengan komposisi yang benar akan membantu kita untuk dapat tetap sehat. Sebagai hasilnya kita akan memiliki banyak energi sehingga kita menjadi orang yang bersemangat tinggi dan keindahan pun akan terpancar dari penampilan kita.

Berjuang dan bertahanlah dalam usaha untuk mempunyai pola makan yang sehat. Jangan harap ini semua bisa terjadi hanya dalam semalam. Tetaplah berusaha karena setiap perubahan selalu membutuhkan waktu


Sejak waktu penciptaan, manusia adalah Omnivora, mampu hidup dengan makanan dalam bentuk tumbuh-tumbuhan dan hewan.
Anatomi tubuh kita telah disusun demikina rupa sehingga kita lebih cocok mengkonsumsi lebih banyak pruduk tumbuh-tumbuhan dari pada produk binatang.

Manusia memiliki 20 gigi geraham, yaitu gigi-gigi yang digunakan untuk emnghancurkan dan melumatkan makanan dalam bentuk tumbuh2an. Kita memiliki 8 gigi seri di bagian depan, yang digunakan untuk memotong buah-buahan dan sayuran. Hanya 4 gigi kita yang didesain untuk memakan daging, yaitu gigi taring.

Rahang kita bergerak vertikal dan horisontal untuk mencabik-cabik dan mengahancurkan makanan kita-rahang carnivora yang sebenarnya hanya bergerak secara vertikal


usus manusia panjang ukurannya ( kira-kira 4 X lebih panjang dari pada tubuh seorang manusia yang tinggi ) dan tidak rata sehingga cocok untuk mencerna makanan dari tumbuh-tumbuhan, sedangkan usus carnivora misalnya singa, pendek ( hanya 2 atau 3 kali panjang tubuhnya ) dan lurus, sehingga cocok untuk mencerna daging. Daging binatang yang dicerna yang meragi pada temperatur tubuh, dicerna dan lewat secara cermat melalui usus karnivora, tetapi pada manusia didapati melambat dan cenderung menjadi membusuk karenanya. Hal ini menyebabkan terjadinya berbagai masalah kesehatan. Sesungguhnya, karena memang tubuh kita tidak dirancang Tuhan untuk mencerna daging secara efektif.

Perut seekor karnivora memiliki sebanyak 4 kali jumlah asam hidroklorik dibandaingkan dengan jumlah yang terdapat didalam perut herbivora. Dengan demikian karnivora mampu mencerna lebih cepat dan membuang produk-produk buangan lebih cepat melalui jalur gastrointestinal yang lebih pendek.

Air liur kita basah dan mengandung ptyalin, yang membantu kita mencerna karbohidrat. Air liur karnivora asam.

Karnivora juga memiliki ginjal dan hati yang lebih besar daripada manusia dengan maksud untuk menangani jumlah asam urat yang berlebihan dan sampah-sampah nirtrogen dari makanan yang berasal dari hewan, hati karnivora mengeluakrna jumlah empedu yang jauh lebih besar dengan maksud untuk menghancurkan daging yang berlemak tinggi.

Tangan kita bentuknya mirip dengan kaum primata yang lainnya dan dimaksudkan terutama untuk mengambil buah seperti buah2an, sayur2an, biji2an, daun2an, dan padi2an. Kita tidak memiliki cakar untuk mencabik2 daging.

Jadi tubuh kita memang tidak diciptakan utuk mencernak makanan yang mengandung daging atau lemak daging yang tinggi secara efektif.

COBALAH MEMAKAN MAKANAN TANPA DAGING SETIDAKNYA 3-4 HARI SELAMA SEMINGGU


Apakah Yesus memakan buah dan sayuran ?

tentu saja kita tidak memiliki sumber yang langsung tentang hal ini, tetapi sayuran adalah makanan dasar pada jaman Alkitab.

Dengan pengecualian dari bertahun2 makan mana pada masa-masa susah, bangsa israel selalu memakan makanan yang kaya dengan varietas sayuran, jamu-jamuan, dan bumbu2 yang bahan dasarnya tumbuhan.

Bilangan 11:5 mengatakan kepada kita bahwa bangsa israel mengidam2kan makanan2 dari mesir seperti : Mentimun, Melon, Bawang Prei, Bawang Bombay, dan Bawang Putih, juga ikan yang berlimpah yang tersedia bagi mereka di Mesir. Kita harus mencatat bahwa makanan ini tidaklah bruuk bagi orang2 Israel, karena semuanya adalah makanan orang2 Mesir - afgaknya, makanan2 ini adalah bagian dari makanan2 orang Israel sehari2 ketika mereka tinggal di Mesir, dan karena itu, mereka kehilangan makanan2 itu ketika mereka mengembara di padang gurun.

Kenyataanya, makanan2 ini - mentimun, melon, bawang prei, bawang bombay, dan bawang putih adalah makanan yang sangat sehat, sepenuhnya disetujui oleh Tuhan dalam aturan makanan yang diberikan keapda Musa

Dari sisi ilmu kedokteran atau ilmu gizi, buah dan sayur sangat di perlukan karena beberapa alasan antara lain


• Termasuk makanan pembentuk basa yang dibtuuhkan tubuh (pH tubuh 7,3 - 7,5).
• Sumber vitamin dan mineral, juga protein (terutama sayuran yang berbiji seperti kacang panjang, buncis, kacang polong, dsb).
• Dalam bentuk yang mentah, zat2 kimia tanaman yang tersedia pada buah2an dan sayur2an akan menghancurkan radikal bebas

Radikal bebas adalah atom-atom sel yang berubah menjadi tidak normal karena elektronya kehilangan pasangan. atom2 normal seharusnya memiliki elektron2 berpasangan. Ketidaknormalan ini bisa disebabkan karena radiasi, polusi kimia, makanan tidak sehat, kuman dan bakteri, salah pengobatan, stress, atau reaksi oksigen pada lemak tak jenuh ganda dalam sel2 tubuh.
Atom yang tidak sempurna oini bersifat tidak stabil dan sangat reaktif. Ia akan merusak molekul2 pada sel2, gen2, dan jaringan2 elastin tubuh dengan cara "Mencuri pasangan elektron lain dan sekaligus merusak elektron yang diganggunya. Kerusakan2 ini antara lain menyebabkan penuaaan dini, otot kaku, pengerasan pembuluh arteri, dan bahkan kanker"


Radikal bebas adalah akibat samping yang tidak dapat di elakan dalam kehidupan dan dapat bertindak sebagai zat yang karsinogenik (zat yang menybabkan kanker). Pengrusakan oleh radikal bebas meningkat sesuai dengan bertambahnya umur. Solusinya akan ada dengan makan dengan benar atau sehat, memakan makanan yang mengandung anti-oksidan, diantaranya memakan sayuran dan buah2an yang berwarna, juga sayur2an cruciferous (kubis, brokoli, kembang kol, asparagus, dan brussel sprout). Antioksidan juga terdapat secara alami didalam buah2an, anggur merah tua, dan sayur2an seperti bawang bombay dan bawang putih. Sayuer2an dan buah2an ini akan meningjkat zat2 karsinogen menjadi tidak aktif.

Ingatlah untuk tidak memasak sayuran kita sampai terlalu matang

• Tanam2an adalah benar-benar pabrik kimia membuat beratus2, mungkin beribu-ribu zat phitokimia, (vitokimia/bahan2 kimia tumbuhan), yang merupakan zat2 selain vitamin, mineral, dan karbohidrat kompleks didalam makanan yang berasal dari tanam2an. Makanan2 yang halus yang tleah di proses tidak lagi memiliki semua zat2 gizi yang memberikan kehidupan kepada mereka. zat2 gizi didalam keseluruhan makanan yang berawsals dari tanam2an saling menyeimbangkan satu sama lain didalam ratusan reaksi kimia yang harus di proses opleh sel2 tubuh bagi kesehatan optimal. Penelitian menunjukan bahwa banyak dari zat vitokimia memiliki zat2 anti karsinogenik dan sangat cukup untuk menyediakan perlindungan untuk menghadapi penyakit2 degeneratif yang lainnya

• Zat-zat kimia pada tumbuhan juga melawan virus-virus dan penyakit-penyakit yang melakukan kontak dengan kita setiap harinya. Mereka membantu membangun sistgem kekebalan tubuh yang sehat. Semakin segar buah2an dan sayuran2nya, semakin aktif pula zat2 kimia pada tanaman tersebut buah2an yang masak dan yhang baru saja di petik adalah yang baik. Jadi, segera setelah buah dan sayur, tersedia, makanlah !! makin panjang masa penyimpanan, makin besar nutrien yang hilang meskipun seperti halnya biji2an, Allah menyediakan proteksinya. Tetapi, makin sgar, makin baik. Vitamin C hilang paling cepat

• Cara memasak sayur-sayuran adalah sangat penting jika ingin mempertahankan nilai dari sayuran. Di - tem (steaming) jelas lebih baik daripada direbus, dan memanggang tanpa minyak juga baik.sayur-sayuran harus dimasak dalam waktu yang seminimal mungkin untuk mempertahankan gizi2nya, microwave oven, dan peralatan masak aluminium sebaiknya sedapat mungkin di hindari.

Urutan cara memasak ~ tingginya kandungan gizi
1. RAW (Utuh atau Mentah)
2. Steamed (TIM)
3. Bucked (Panggang)
4. Sop or Broth (SUP)
5. Juz Perasa Segar (Barusaja di peras)
6. Frozen (BEKU)
7. Stir - Fried (Tumis)
8. Canned (Kalengan)




25. Deep Fried (Goreng dengan minyak banyak)


Sayuran yang tleah dimasak mempunyai beberapa keuntungan :
• Pemanasan memecahkan enzim pengambat yang mencegah pencernaan protein dan polong2an

• Pada beberapa sayur dan buah , vitamin B dan zat2 gizi lain dibuah lebih berdaya guna dengan pemanasan.

• Juga, memasak akan merusak beberapa bakteri toksik seperti salmonela

• Makan buah dan sayur lebih mengntungkan daripada vitamin, karena makanan memberikan kita spektrum luas dari zat2 gizi yang bekerja sinergis atau saling memuatkan satu dengan yang lainnya

Misalnya :

Carrot / Wortel
• mengandung ribuan zat-zat gizi atau nutrien lebih dari 200 macam karoten

BETAKAROTEN
• Vitamin Pil (Food Suplement) hanya sebagian spektrum carrot yang diminum. Vitamin2 dan tanaman2 obat menjadi paling efektif hanya bila di kombinasikan dengan pola makan yang sehat.

• Memiiki serat terlarut dan tidak terlarut

Serat hanyalah bagian dari makanan kita yang tidak dapat dicerna atau dihancurkan oleh sistem pencernaan kita orang tua atau nenek kakek kita mungkin menyebutnya makanan tak bermanfaat. Banyak orang sekarang ini menghubung-bhubungkan serat dengan Bran atau lapisan terluar dari sebagian besar golongan padi-padian. Serat makanan paling banyak terdapat di produk tumbuh2an seperti buah2an, padi2an, dan sayur2an. sebagian besar pembuangan ktooran (pembuangan tinja) terdiri dari serat. (jika tidak, bersiaplah untuk berbagai kesulitan dan kemungkinan lain bahkan rasa nyeri).

Ada 2 bentuk serat, serat terlarut dan serat tidak larut, serat pectin (ditemukan di sebagian besar buah) dapat larut dengan mudah dalam air sehingga dapat diserap oleh usus dan bersilkulasi dialiran darah. Serat terlarut didalam darah memiliki kemampuan untuk melekatkan dirinya pada lemak dalam darah dan menciptakan suatu kompleks yang dapatm engangkatl emak-lemak ini dari dalam sistem peredaran darah sehingga dapat merendahkan kolestrol

Serat tidak larut juga menyerap air tetapi serat ini tidak dapat diserap dalam usus. Serat ini tetap berada di tempatnya, membentuk mayoritas BULK / Gumpalan yang besar yang diperlukan untuk mengeluarkan kotoran dari tubuh melalui usus. Tanpa serat ini, pembuangan sisa makanan dan prosesnya berjkalan sangat lambat melalui usus besar. Pergerakan masa yang lambat yang tidak wajar ini dapat langsung membusuk didalam tubuh !!

Serat yang kita dapatkan secara alami dalam biji0bijian, buah-buahan, sayuran, selalu dilengkapi dengan nutrien-nutrien ( zat-zat gizi ) yang luar biasa yang memproteksi kita dari zat-zat dan penyakit-penyakit yang berbahaya.

Buah-buahan dan sayur-sayuran + high fiber foods ( beans/polong-polongan, oats, granins/padi-padian ) telah dibuktikan merendahkan kebutuhan insulin pada juvenile diabetes, bahkan stop!

Serat dapat "menyapu" /"menyikat" saluran pencernakan sampai bersih.

Mencuci : perlu air, sabun, sikat.

Detoksifikasi : perlu air, buah, sayur

PUASA UNTUK KESEHATAN YANG BAIK :

minum AIR + SAYUR + BUAH ========== DETOKSIFIKASI

Seberapa banyak serat dapat dianggap cukup ?

~ Lihat de dalam kloset kita.

~ Karena serat tidak melarut ---- lewat melalui saluran cerna mengikat lemak bersamanya ---- kotoran/faces/tinja.

Lemak mengapung, jadi kotoran/faces yang mengapung adalah pertanda yang baik bahwa kita makan cukup serat.

Kurangnya masukan makanan berserat ======> SEMBELIT =====> populasi bakteri =====> gangguan keseimbangan flora usus besar.

Akankah memakan buah dan sayur memberi saya cukup kekuatan ?

Siapapun yang serius memperhatikan hal mengenai gizi, perlu mempertimbangkan makanan yang sepenuhnya atau sebagian besarnya adalah sayur-sayuran, dengan mengurangi sebanyak mungkin atau menyisihkan pruduk-produk susu, dan daging. Ini adalah makanan dimana gizi didapatkan secara langsung, bukan secara tidak langsung melalui binatang.

Pertimbangkan kekuatan yang dimiliki oleh lembu, kuda, unta, dan gajah. Mereka semua adalah hewan-hewan vegetarian.
Sebaliknya, singa dan harimau hanya memiliki tenaga yang besar dalam periode yang pendek, tetapi tidak mempunyai daya tahan.
Konsumsi akan sejumlah besar daging mengurangi persediaan energi kita, disebabkan karena tugas yang besar yang diberikannya pada sistem pencernakan.

Edwin Moses, seorang pemenang medali emas di Olimpiade yang telah berlomba pada lari gawang sepanjang 400 meter selama delapan tahun tanpa terkalahkan dalam satupun perlombaan, adalah seorang vegetarian ( pemakan sayur ). Dave Scott, yang juga seorang vegetarian, memenangkan Hawaii Ironman Triathlon sebanyak 4 kali. Dalam bukunya ' Diet for a New America ' pengarang buku John Robbins mendeskripsikan beberapa penelitian laboratorium yang membandingkan pemakan daging dengan para vegetarian dalam kekuatan dan ketahanan. Hasilnya menyatakan bahwa para vegetarian adalah dua atau tiga kali lebih kuat. Apakah hal itu mengingatkan Anda akan Daniel dari Alkitab, yang menolak makanan mewah dari meja Raja dan hanya memakan sayuran ?

Akankah memakan buah dan sayur memberi saya cukup kecerdasan ?

Dalam bukunya " BRAIN POWER, practical ways to boost your memory, creativity, and thinking apacity", yang dipublikasi oleh Barnes & Noble Publication, Laureli Blyth menyatakan bahwa untuk meningkatkan daya ingat dan melindungi sel-sel otak, kita perlu mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan antioksidannya, yaitu, sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian yang banyak dan pemasukan vitamin A,C dan E yang cukup ( Kejadian 1 : 29 dan Daniel, red )


Sebaliknya, makanan yang ditolak Daniel untuk dimakan ternyata memang adalah makanan yang justru melemahkan otak.

Yang memberi energi pada Otak.

Brain booster vitamins :

Vitamin B1.
Kekurangan vitamin ini dapat membawa pada kelalaian , kebingungan dan
depresi.

Viamin B3.
Meningkatkan produksi energi, dan diperlukan oleh sejumlah reaksi biokimia yang terdapat didalam tubuh.

Vitamin B5.
Dianggap sebagai vitamin anti stres

Vitamin B6.
mengaktifkan fasilitas " ingatan dan pikiran "

Vitamin B12.
Mencegah kerusakan syaraf dengan cara memelihara selaput lemak yang membungkus syaraf-syaraf. JIka kekurangan vitamin ini akan mengakibatkan kerusakan otak dan syaraf yang berat.

Vitamin E.
Diduga dapat mencegah kerusakan proses pembelajaran.

Vitamin Bs yang meliputi B1, B2, B3, B5, dan B12 meningkatkan aktifitas dan daya ingat proses pembelajaran dengan meningkatkan neorotransmitter2 utama, seperti asetylcolline, dopamine dan serotonin.
Makanlah sebanyak-banyak nya sayuran yang hijau, beras merah, tahu, kacang-kacangan, biji-bijian ( makanan Kejadian 1 : 29 dan Daniel ) dan telor.

Mineral
Seng.
memperkuat daya ingat ==> apel, pear, polong-polongan, buncil dan jahe.

Magnesium.
baik untuk sirkulasi dan mencegak pengapuran dari sel-sel otak yang terluka ==> almond, kacang mete, kacang kedelai, ikan-ikan laut.

Lecithin.
dari minyak kacang kedelai, sumber cholline yang baik, sebagai bahan dasar asethylcolline yang adalah neurotransmiter utama bagi proses pemahaman belajar dan daya ingat.

Nutrients.

Coenzyme.
Q10
( CoQ10 )
Nutrient yang menyerupai vitamin yang berperan besar dalam produksi energi membantu menurunkan tekanan darah dan kolestrol.

Ginseng.
dikenal dengan kemampuan memulihkannya dan digunakan sebagai perangsang dan penguatn energi.

Jadi tepatlah keputusan Daniel untuk memilih makanan Kejadian 1 : 29 sewaktu dia harus mengemban tugas yang berat yaitu mengartikan mimpi raja.


Kisah Daniel ( Daniel 1 : 15 , 20 )
-etelah lewat 10 hari ternyata they looked healthier and better nourished _ dari seluruh orang muda yang telah makan santapan raja ( NIV )
- Dalam tiap-tiap hal yang memerlukan kebijaksanaan dan pengertian yang ditanyakan raja kepada mereka, didapatinya bahwa mereka 10 kalinya lebih cerdas dari pada semua orang berilmu dan semua ahli jampi diseluruh kerajaannya.

Akankah memakan buah dan sayur memberi saya cukup protein ?

Ketika tahun-tahun semakin berlalu para ilmuwan telah membuat perkiraan2 yang semakin rendah akan kebutuhan protein sehari-hari. Amat tidak mungkin bagi vegetarian manapun dengan nafsu makan yang normal dan yang makan bermacam-macam makanan tidak mendapatkan protein yang cukup.

Sebelumnya, protein nabati diklasifikasikan sebagai " level ke 2 " dan dipandang sebagai bawahan dari protein pada level utama yang berasal dari hewan, tetapi banyak penelitian dilapangan yang menunjukkan bahwa protein yang disediakan oleh campuran tumbuh2an yang cocok memungkinkan anak2 untuk tumbuh sebaik anak2 yang diberikan susu dairy dan protein hewani lainnya.

Para ahli gisi sekarang ini sangatlah setuju bahwa vegetarian tidak beresiko dalam memakan makanan mereka selama ini masih mencukupi, kecuali untuk vitamin B12, yang dengan mudah dapat dicukupi dengan memakan makanan seperti tempe yang hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sangat sedikit. Bagi vegetarian yang kadang-kadang memakan telor, tidak ada resiko kekurangan vitamin B12.

Penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan buah dan sayuran.

"... BUAHnya menjadi MAKANAN dan DAUN nya menjadi OBAT " ( Yehezkiel 47 : 12b )

Banyak penelitian telah menunjukkan jika kita makan sayuran dan buah, kita dapat mencegah atau mengobati beberapa penyakit.

~ OBESITAS ( kegemukan )

Penelitian yang pernah dilakukan disebuah basis militer di Afrika, meneguhkan manfaat2 dari memakan makanan2 yang berserat tinggi seperti, buah-buahan dan sayuran. Kelompok para tahanan yang adalah penduduk asli dipenjara, dibandingkan dengan kelompok tentara. Kelompok tahanan penduduk asli, yang sedang diteliti tersebut, memakan sayur-sayuran, padi-padian, dan roti yang sudah mereka tahan sendiri. Kelompok tentara memakan gula, roti putih dan makanan olahan lainnya. Kedua kelompok ini memakan kalori dalam jumlah yang sama dalam 1 hari. Bahan-bahan tinja setiap peserta tersebut, dikumpulkan selama beberapa hari untuk diperiksa.

Ternyata jumlah kalori bahan-bahan tinja kelompok tentara mengandung 20 % kalori yang sudah dicerna. Sebaliknya, tinja para penduduk asli mengandung 60 % kalori dari apa yang telah mereka makan.

Peningkatan penyerapan kalori dari makanan olahan menjelaskan, mengapa begitu banyak orang yang tidak mendapatkan serat dari makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran menjadi gemuk.

Obesitas dapat pula menjadi masalah spiritual sebagaimana masalah fisik diatas. ( Ulangan 32 : 15 ) : Lalu menjadi gemuklah Yesyurun ...- bertambah gemuk engkay, gendut dan tambun ( fillet with food ) - dan ia meninggalkan Allah yang telah menjadikan dia. Ia memandang rendah gunung batu keselamatannya.
'Yesyurun berarti the upright one' = 'lurus' = umat Allah, Israel. Umat pilihan Allah ini meninggalkan Allah, menggantikannya dengan kelimpahan makanan yang membuat mereka melempem.

Mereka " rakus akan makanan " ..... penyakit akut dan kronis.

~ Kolestrol buruk atau trigliserida.

Menurunkan lemak-lemak yang merusak ( trigliserida atau disebut "bad cholestrol") Dalam darah dengan makan garlic ( bawang putih ) wortel, gandum, oat, barley ( jelai ) beras merah, teh, sehingga ini dapat mencegah penyakit jantung.

~Penyakit Collagen ( jaringan ikat)

Seorang ibu muda di Dallas menderita sclerodherma - sebuah penyakit yang berdampak pada pembuluh darah dan jaringan ikat, yang sering kali membuat kulit sangat kaku bahkan mengeras. Ia juga harus banyak berbaring ditempat tidur karena penyakit arthritis yang telah merusak atau menyebabkan perubahan bentuk pada sendi-sendi yang terkena. Dokternya, yang juga adalah majikannya, berpendapat bahwa ia sudah sangat sakit dalam stadium terminal. Ibunya merawatnya dan juga anak-anak nya tanpa mau menyerah pasien itu mulai membaca segala sesuatu yang tersedia dari mana saja, dan secara bertahan mengumpulkan suatu buku catatan yang berisi saran2 yang ia pikik cocok untuk masalahnya.

Ia mulai makan makanan yang terutama terdiri dari sari sayuran. Kemudian ia mulai memakan bran maffin yang terbuat dari whole grain atau padi-padian utuh tanpa gula. Beberapa bulan kemudian ia muncul dalam reuni SMU nya yang ke 20 banyak yang sudah mendengar ia sakit sudah dalam stadium terminal tapi ia pesta reuni ini ternyata ia berdansa, mengobrol, berpelukan dan tersenyum pada semua orang.

Apa yang terjadi ? Ia menjelaskan bahwa setelah 6-8 hari memakan sari sayuran ia mulai merasa jauh lebih baik. Kesembuhannya menjadi sempurna dalam beberapa bulan. Satu-satunya yang membuat gejala penyakitnya muncul kembali adalah ketika ia mulai menambahkan makanannya dengan makanan dan daging olahan kedalam menu makannnya, sehingga, ia segera mengesampingkan makanan-makanan itu. Ia terpilih menjadi wanita yang tercantik dalam reuni itu, dan ia tetap sehat selama kurun waktu yang cukup panjang sejak saat itu.

~Kanker.
Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan kanker

Walaupun pada kenyataan nya kita hidup setelah atau pasca revolusi industri dengan banyak nya produksi zat-zat kimia dan polusi, racun2 yang potensial ini tampaknya memainkan peranan yang tidak berarti dalam pertumbuhan kanker. Demikian juga, walaupun perhatian seringkali ditujukan kepada sejarah keluarga seperti menempatkan seseorang mengidap penyakit yang beresiko seperti kanker, hal itu juga memainkan peran yang relatif tidak berarti. Faktor yang paling penting yang dihubungkan dengan kanker adalah, makanan, juga merokok yang melampaui batas. dengan demikian jika seseorang memakan makanan sehat dan tidak merokok kemungkinan akan perkembangan kanker akan turun dengan drastis.

Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan kanker, sesuai urutan :
  1. makanan
  2. merokok
  3. infeksi
  4. sinar matahai
  5. alkohol
  6. pekerjaan
  7. sejarah keluarga
  8. polusi
  9. kecanduan makanan
  10. produk2 industri

Faktor-faktor utama mengenai makanan yang berhubungan dengan kanker termasuk :

> Pemasukan kalori/lemak yang tinggi

Hanya dengan memakan kalori yang terlalu banyak telah menempatkan seseorang dalam resiko kanker sebagai tambahan, lemak jenuh hewani yang tinggi ditemukan berhubungan terutama dengan kanker usus besar, payudara, prostat, dan ovarium.

> Memasak dengan suhu tinggi.

( terutama dengan minyak sayur, baca/lihat bab IV )

> Makanan-makanan yang sudah diproses.

> Nitrit.

Nitrit ( garam dari asam nitrous, NO2 ) ditambahkan pada daging-daging yang sudah diproses untuk menjaga agar dagingnya tetap berwarna merah muda dan menarik. Nitrit terbuat dari Nitrat ( i.e garam dari asam nitral , NO3 )

>Nitrat

Nitrat ditemukan ditanah sebagai hasil vertilisasi komersial ( biasanya sebuah bentuk ammonia disemprotkan ). Nitrat masuk kedalam air kita dan rantai makanan. Ketika memakan atau air yang mengadung Nitrat dicerna, bakteri-bakteri tertentu pada usus ( terutama spesies bacterioies, yang cenderung lebih banyak terdapat dibagian usus pada orang-orang yang memiliki pemasukan daging merah yang banyak ) Mengubah Nitrat menjadi Nitrit. Nitrit, ketika bergabung dengan asam amino dari protein dapat membentuk Nitrosamin, yang merupakan zat penyebab kanker yang potensia.

>Jamur ( aflatoxin )

Aflatoksin ditemukan dalam beberapa produk kacang tanah yang terkontaminasi mereka merusak sel-sel DNA, yang menghasilkan anak sel-anak sel dengan DNA yang rusak. Dengan demikian potensial membawa kepada kanker.

> Makanan yang diasapi-charboilled.

Menyiapkan makanan dengan cara ini menciptakan komponen-komponen toksin heterocylic amines, yang juga dapat merusak sel-sel DNA.

> Red dye no.2

- Pewarna makanan.
- Karsinogen

> Des.
- Hormon sintetik yang digunakan dalam makanan sapi dan ayam.
- dihubungkan dengan Ca Cervic ( kanker mulut rahim )

> Stromtium No 90 dan Iodine No. 131.

- Radioaktif ini ditemukan dalam rantai makanan kita terutama dalam susu sapi.

> Obat-obatan da zat-zat kimia yang ada dilingkungan/ sekeliling kita.

- Kurang lebih 7600 zat-zat kimia mencemari makanan kita. Banyak diantaranya telah diuji dan dianggap sebagai karsinogen.
- Banyak juga yang belum diuji tetapi telah mencemari kita dalam makanan, kosmetik, insektisida, dan pembasmi hama.

>Siklamat dan Sakarin.

>Kadmium

- Berasal dari gas-gas kendaraan bermotor, pupuk, dan limbah-limbah industri.
- Mencemarkan tanah dan air.
- Ditemukan pada shellfish/kerang-kerangan dalam konsentrasi yang tinggi ( Baca Bab IV )

Bahan-bahan Protektif ditemukan terutama pada sayuran dan buah-buahan.

Bagaimana tumbuh-tumbuhan melindungi kita dari kanker ?

Zat-zat fitokimia dan antioksidan dalam buah dan sayur punya pengaruh pada kanker dengan

A. Mendetoksifikasi zat-zat karsibogen ( zat-zat menimbulkan kanker ).
Contoh :
~ Sulforaphane menghalangi pertumbuhan pada tahap awal kanker. Paling banyak ditemukan dalam sayur-sayuran seperti brokoli, sayur hijau ( kandkung, bayam ), dan bawang bombay.

~ Indole-3-Carbinol. Zat fitokimia ini yang ditemukan didalam padi-padian memecah hormon-hormon yang merangsang pertumbuhan kanker payudara.

~ S-allyl-cysteine. Ada pada sayur-sayuran allium ( bawang putih, bawang merah dan bawang prei )


B. Menetralisasi zat-zat toksin yang disebut radikal bebas.

Contoh :
~ Vitamin A melindungi tubuh terhadap kanker ephythelial, seperti mulut, larynx ( tenggorokan ), paru-paru, kantung kemih, cervix ( mulut rahim ). Cara yang terbaik untuk mendapatkan vitamin A adalah dalam bentuk provitamin A, lebih dikenal sebagai betacarotene


Beta-carotene

~ Suatu antioksidan yang menghancurkan " radikal bebas " yang menyerang seluruh sel-sel yang mengakibatkan proses-proses pengerusakan.

~ Konsentrasi betacarotene ayng tertinggi ditemukan dalam sayur-sayuran yangberwarna kuning dan hijau.

~ Antioksidan ini melindungi tubuh terhadap kanker paru-paru

~ Betacarotene larut dalam air dan tidak beracun.

~ Diubah dalam bentuk vitamin A hanya ketika tubuh membutuhkannya.

~ Memberikannya warna orange pada wortel. Kenyataaannya, orang-orang yang meminum juice wortel dalam jumlah yang banyak akan menemukan bahwa kulit mereka akan sedikit berwarna orange seperti warna wortel.

Bentuk-bentuk vitamin A lainnya adalah Alpha-carotene, lycopene terutama didalam tomat dan lutein.

~VItamin C adalah antioksidan yang utama, merupakan " pemangsa nitrit " dan mengalangi konversi nitrit menjadi nitrosamine yang mematikan. Inilah alasan utama mengapa banyak makan buah dan sayuran melindungi kita dari kanker. Sumber terbaik dari vitamin C adalah buah cytrus, strawberry, kiwi, kentang, cabai, dan paprika hijau.

~ Vitamin E. memakani radikan bebas, terutama dalam melindungi membran-membran sel. Ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada minyak biji-bijian dan kacang-kacangan. Sesekali vitamin E merangsang radikan bebas, ia dapat didaur ulang jika terdapat vitamin C yang memadai. Jika vitamin C kurang,antioksidan pada vitamin E juga menjadi lumpuh.

~ SeleniumDiperlukan untuk aktifasi superoksida dismutase, enzym antioksidan yang sangat terlibat dalam memangsa radikal Hidrogen Peroxida. Oleh sebab itu kekurangan selenium mungkin harus diperhatikan oleh orang yang menderita alergia atau asma.

Selenium ditemukan didalam daging, seafood, sereal dan padi-padian. Tanah-tanah banyak yang mengandung Selenium sehingga merupakan supllement yang umum untuk memberi makan ternak. Para peternak telah berulang-ulang menyaksikan penurunan tingkat penyakit yang drastis ketika ternak mereka diberi makanan yang dicampur dengan Selenium.

Folate ( asam folate ) terlibat dengan beberapa reaksi kimia yang kritis terhadap keutuhan DNA. Ketika folat berkurang DNA tidak diperbaiki dengan baik, folat = " foliage " nama lain untuk makanan yang terbuat dari tanaman- yang merupakan sumber yang paling kaya akan vitamin B yang berharga ini ( sayuran yang berdaun hijau, buah cytrus dan polong-polongan yang dikeringkan )

Hal-hal yang perlu diperhatikan menyangkut buah dan sayur.

" Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya sedang menuju maut ". ( Amsal 14 : 12 )

Juga tampaknya benar bagi orang yg bijak untuk melanggar prinsip II dengan membuat sayur dan buah segar kepada pemrosesan zat-zat tambahan sprays, pupuk dan pengawet dari bahan-bahan kimia kepada ujungnya menuju maut.

Jika mungkin usahakan beli yang organik agar jauh dari zat-zat kimia yang berbahaya.

Buah dan sayur-sayuran organik adalah yang terbaik, karena mereka tidak mengandung zat-zat kimia yang beracun:
SULFITE (Sulfur Dioxide)
  • Sering ditambahkan untuk memperlambat perubahan warna pada buah dan sayur. Zat ini membuat kentang tetap putih, lettuce tetap hijau dan tampak segar.
  • Bahaya bagi yang alergi, terutama asma dengan gejala sakit kepala, sakit perut, kemerahan dimuka, diare, dan pingsan.
  • SULFITE test strips untuk menguji makanan sebelum dimakan (beli di Apotik)
  • Banyak digunakan juga pada produk pangganan: cookies; minuman (bir, wine, cola); hidangan pencuci mulut dan produk yang mengandung gula; sayur dan buah kalengan, frozen, fermented.
  • Tanyakan dan cuci bersih.
  • Lebih baik makan yang layu daripada memilih yang segar tetapi mengandung SULFITE.

CHEMICAL SPRAY
  • Apel yang disemprot bahan kimia untuk membunuh hama menjadi toksik.
    (Hama/cacing saja tidak mau makan buah/sayur yang telah dibubuhi zat kimia - bagaimana dengan kita?!)
  • Semangka, makanan yang sehat bisa membuat mati keracunan ketika disemprot bahan kimia untuk mengontrol pes.
    Pernah dilaporkan beberapa orang meninggal karena memakan semangka yang disemprot pestisida
    (Mungkin lebih bijak membiarkan hama makan sebagian daripada meracuni diri sendiri)

    Banyak lagi kasus-kasus mengerikan lainnya.
  • Petani yang menggunakan penyemprotan kimia ini barangkali mempunyai masa hidup terpendek dari segala profesi lain.

Jika memungkinkan, cobalah membeli sayuran organik. Rasanya akan menjadi lebih enak dan kita akan mendapatkan manfaat-manfaat dari gizi secara maksimal. Jika tidak dapat menemukan yang organik, belilah alat pembersih sayuran yang dapat diperoleh di toko-toko sayuran supaya Anda dapat membersihkan pestisida yang disemprotkan keatas sayuran tersebut.

VEGETARIANISME
  • Yesus menikmati dan menyediakan daging, jadi tidak ada pendebatan secara ALKITAB yang bisa dibuat untuk menentang makan daging.
  • Hanya MITOS, yang mengatakan bahwa mengkonsumsi sayur-sayuran saja akan mengakibatkan defisiensi protein, mineral, dan vitamin. ( Baca Bab I bahwa padi-padian + polong-polongan menghasilkan protein lengkap sehingga disebut 'daging orang miskin' ).
    • Bahaya yang harus dihindari oleh vegetarians:
    • Akan timbul masalah jika mereka makan hanya sayur, buah, padi-padian hanya yang telah diproses. Pemrosesan merusak banyak kemasan zat-zat gizi yang diciptakan Allah untuk makanan kita.
    • Bahaya lain yang benar-benar jelas dalam memakan sayuran sendirian adalah menambah chemical sprays dan additives

      Zat additive ( penambah ) dalam makanan, hormon, pestisida tetap aktif bahkan setelah dimasak dan dicerna.!
    • Saat ini adalah sangat membahayakan karena sejumlah besar pestisida yang sangat-sangat toksik dan sangat potensial karsinogen digunakan per tahun.
    • Serat dan zat-zat gizi dalam sayuran melakukan detoksifikasi banyak zat-zat additive ( penambah ) ini. Tetapi zat-zat gizi ini, dapat lebih berguna dalam tubuh jika tidak dirusakkan oleh zat-zat kimia ini.

HAL PENTING LAINNYA YANG HARUS DIPERHATIKAN ADALAH MASALAH KETAGIHAN/KETERGANTUNGAN PADA SATU MACAM SAYUR/BUAH.
  • Mencegah ketagihan juga meliputi sayur dan buah.
  • Jangan memuja wortel, apel, atau apa saja.
  • Berterima kasih salalah pada Tuhan atas itu semua.
  • Banyak orang makan hanya buah-buahan dan sayur-sayuran tertentu---bahaya!
    • Makan wortel terlalu banyak dapat terjadi Carrotemia ( kulit berubah menjadi kuning karena pigmen yang ada pada wortel telah menutupi warna kulit yang normal ). Beberapa minggu puasa wortel warna akan hilang.
    • Makan brokoli terlalu banyak dapat merusak sel-sel.
      Suatu penelitian membuktikan bahwa efek protektif brokoli atau sayuran lain ditingkatkan dengan makan kombinasi sayur-sayuran daripada makan hanya sayuran tertentu saja - bahaya !

SEDIKIT PERINGATAN MENYANGKUT BUAH :

> Untuk penderita diabet, jumlah buah yang dimakan harus diseimbangkan dengan olah raga dan insulin. Jus buah mengandung gula sederhana yang dapat menambah debab kemapuan tubuh untuk memelihara/mempertahankan gula dalam darah yang wajar. Dinegara Timur Tengah, jus diencerkan dengan air kurang lebih 1 : 4 dan tetap enak dan bergizi.

> Jangan mencampurkan buah segar dengan padi-padian. hal itu dapat menyebabkan gangguan pencernakan.

> Makanlah buah tanpa dicampur dengan apa-apa. Tunggulah sampai kira-kira satu jam setelah makan untuk makan buah, supaya tidak mengalami gangguan pencernakan.

KESIMPULAN

Makanan yang terbuat dari tanaman, dasar dari makanan manusia sejak dari taman Eden, adalah tambang emas makanan, nutrisi yang tidak beracun. Dipenuhi dengan vitamin, mineral, enzim, dan fitokimia yang melawan kanker.Makanan-makanan ini harus menjadi fondasi makanan sehat.

Buah-buahan. Paling sedikit 2-3 buah segar harus dikonsumsi setiap hari.Secara ideal dapat dimakan sebagai snack diluar jam makan.

Sayuran. Paling sedikit 4-6 persediaan sayuran harus dikonsumsi setiap hari. Setengahnya segar dan mentah ( seperti salad ). Sayuran cruciferous ( kol. kembang kol, brokoli ) benar-benar melindungi.

Polong-polongan. Minimal disediakan 1 kali sebagai sumber protein yang tinggi.

Kacang-kacangan. Kaya protein dan minyak, merupakan makanan selingan yang baik, dianjurkan dimakan mentah atau dipanggang.


Makanlah untuk hidup, janganlah hidup untuk makan.!!
Bersiaplah untuk meluangkan waktu, tenaga, dan uang untuk menemukan buah dan sayur yang menyehatkan. Beberapa orang menggunakan alasan bahwa terlalu mahal harganya untuk makan dengan benar. tetapi penelitian membuktikan bahwa perusahaan dapat menurunkan biaya pengobatan bagi karyawannya sampai setengahnya, ketika mereka mampu mengubah 2 atau 3 kebiasaan buruk mereka. Jika karyawan ini mau belajar mengikuti cara Allah dan 3 prinsip ( lihat Pendahuluan ), biaya tunjangan kesehatan merekapun dalam beberapa tahun akan menjadi 0.
"Jika Allah yang sempurna menciptakan kita, mengapa kita sakit ?"
Jawabannya adalah: makanlah untuk hidup, bukan hidup untuk makan !
The American Cancer Society menganjurkan makan 5-7 kali sayur dan buah setiap hari. Nikmatilah lebih banyak!!

Bab III
Daging dan Telur ( Meat and Egg )


"Setiap binatang yang berkuku belah, yaitu yang kukunyabersela panjang, dan yang memamahbiak boleh kamu makan". ( Imamat 11 : 3 )

"Inilah yang boleh kamu makandari segala yang hidup didalam air: segala yang bersirip dan bersisik didalam air, didalam lautan, dan didalam sungai, itulah semuanya yang boleh kamu makan". ( Imamat 11 : 9 )

Burung-burung, kecuali burung pemakan bangkai, juga disebut "bersih" ( Imamat 11 :13-20 )

"Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking ?" ( Lukas 11 : 12 )


Ketika air bah surut tidak ada sayuran dan buah yang tumbuh untuk beberapa waktu. Sebagai gantinya, Allah menyediakan hewan bersih selama keadaan darurat Ternyata, yang Allah instruksikan adalah mengambil 7 pasang dari segala hewan bersih kedalam bahtera, dan hanya satu pasang dari hewan yang tidak bersih. Ini menunjukkan bahwa Allah sangat prihatin akan kesehatan kita. Karena Ia yang menciptakan kita, adalah masuk akal bahwa Ia tahu yang terbaik yang akan membuat kita sehat. Dengan demikian sebaiknya kita jug amakan daging ( yang 'bersih' ) dan seperlunya saja.


Prinsip I
Makanlah hewan yang hanya diciptakan/dirancang sebagai makanan. Hindari hewan yang tidak dirancang sebagai makanan.


HEWAN BERSIH/HALAL/CLEAN

Didalam Imamat 11 : 1-47 dan Ulangan 14 : 2-21 Allah memberikan daftar hewan secara spesifik yang harus digunakan sebagai makanan dan itu semua adalah "bersih". Hewan darat yang diberikan sebagai makanan harus sepenuhnya berkuku belah dan memamah biak. Mereka harus memenuhi kedua syarat tersebut.

Oleh karena itu, yang termasuk hewan darat yang "bersih" meliputi :
  • Rusa
  • Lembu
  • Sapi
  • Domba
  • Kambing

Untuk unggas, kebanyakan mereka dianggap "bersih", meliputi:
  • Ayam
  • Bebek
  • Merpati
  • Coot
  • Kalkun
  • Angsa
  • Burung Puyuh
  • Pigeon

Ikan yang dianjurkan harus memiliki sisik dan sirip, meliputi ( tetapi tidak hanya terbatas pada ini ):
  • Salmon
  • Cod
  • Kakap
  • Ikan Mas
  • Ikan Merah
  • Belanak
  • Halibut
  • Kerapu
  • Tuna
  • Mackerel
  • Bawal
  • Sebelah

Ikan yang bersih harus memiliki sisik dan sirip. Tiram, lobster, dan shellfish ( kerang-kerangan ) yang lainnya berada dalam daftar terlarang karena mereka adalah pembawa penyakit, terutama didalam iklim yang panas.

Serangga tertentu dianggap bersih jika mereka bersayap, melompat-lompat,dan memiliki 4 kaki utama. Yang termasuk serangga 'bersih' adalah:
  • Belalang
  • Kumbang
  • Jangkrik

Beberapa hewan yang dianggap tidak 'bersih' disebutkan secara spesifik didalam Imamat 11. Ini meliputi unta, coney, kelinci, dan babi.
Hewan lain yang tidak bersih adalah tupai, beruang, kuda, kucing, dan anjing.

Imamat 11 :4 - 8 " Tetapi inilah yang tidak boleh kamu makan dari yang memamah biak atau dari yang berkuku belah : unta, karena memang memamah biak tetapi tidak berkuku belah, haram itu bagimu. Juga pelanduk karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu. Juga kelinci karena memang memamah biak tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu. Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. Daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan, dan bangkainya janganlah kamu sentuh; haram semuanya itu bagimu"


Perhatikan seekor hewan tidak harus memakan bangkai untuk menjadi kotor. Kuda dan kelinci misalnya, adalah kotor karena tidak berkuku belah. Kuda sering mengandung virus dan parasit. Kelinci adalahpenyebab tularemia pada manusia.

Mengapa Allah melarang kita memakan hewan tertentu ? Apakah yang menjadi perbedaan antara hewan 'bersih'dan 'tidak bersih'

Perbedaan terletak pada sumber makanan utama mereka dan sistem pencernakan mereka. Pemakan bangkai yang memakan apa saja dan segala sesuatu adalah 'tidak bersih'. Hewan yang dianggap 'bersih' dan oleh karenanya baik sebagai makanan, terutama makanannya adalah rumput dan padi-padian.

Setelah merenungkan kebenaran ayat-ayat alkitab ini dan memeriksa hasil penelitian ilmiah yang ada belakangan ini tentang perbedaan diantara kedua kelompok tersebut, dapatlah dimengerti mengapa sang pencipta melarang hewan-hewan yang 'tidak bersih' sebagai makanan bagi manusia. Ketika kita memakan hewan-hewan yang kotor itu, barangkali kita sedang menempatkan diri kita pada peningkatan resiko suatu penyakit.

Shellfish ( kerang-kerangan )

Tela dikenal akan kemampuan mereka untuk membersihkan air yang telah terkontaminasi infeksi virus cholera. Udang, tiram, kepiting, scallop dan remis menyaring air dalam volume yang besar setiap hari. Limah yang bermuatan zat-zat kimia, racun dan bakteri yang membahayakan parasit, dan virus menjadi terkonsentrasi didalam kerang-kerangan tsb. Sekali kerang-kerangan sudah membuat air terkontaminasi menjadi murni, janganlah sekali-kali makan kerang-kerangan tsb! Memakan ini akan membuat kita memiliki sumber toksin dan zat-zat penyebab infeksi dalam konsentrasi yang tinggi.

Imamat 11 : 9 -10 " Inilah yang boleh kamu makan dari segala yang hidup dalam air, segala yang beririp dan bersisik didalam air, didalam lautan, dan didalam sungai , itulah semuanya yang boleh kamu makan. Tetapi segala yang tidak bersirip dan bersisik didalam lautan dan didalam sungai, segala yang berkeriapan didalam air dan dari segala mahluk hidup yang ada didalam air, semuanya ini kejijikan bagimu".

Tampaknya, ketika Allah menciptakan bumi ini, Ia mempersiapkan ekosistem yang sempurna dan seimbang menjadikannya sebagai tempat tinggal yang nyeman bersih bagi umat manusia yang dikasihiNya. Beberapa hewan jelas-jelas, dirancang untuk memurnikan/membersihkan lingkungan manusia. Kerang-kerangan ditujukan untuk memberi manusia air yang murni/bersih. Pemakan bangkai ditujukan untuk memakan bangkai-bangkai hewa yang sudah mati sehingga mereka tidak menyebarkan penyakit. Ketika manusia memakan makanan tersebut yang dirancang dengan tujuan lain ini ia melanggar garis batas hukum alam dan mencemari diri mereka sendiri dan orang-orang lain dengan penyakit-penyakit yang seharusnya tidak perlu.

Mengapa kesehatan berhubungan dengan daging 'bersih'

Daging hewan bersih seperti sapi dan ikan yang bersirip dan bersisik adalah ideal untuk kesehatan manusia.

Daging sapi ini mengandung protein, zat besi, zinc, dan vitamin B6 dan B12 jugan mengandung asam lemak Omega3. Asam lemak ini penting untuk kehidupan dan memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap penyakit pembuluh darah.

Keuntungan lainnya adalah, karena hewan 'bersih' ini makan sayuran dan biji-bijian yang diciptakan untuk makanan. Sistim pencernakan dari hewan-hewan bersih ini sangat penting. Misalnya, perut seekor sapi terdiri dari 4 kantung untuk memamah biak dengan beberapa bakteri yang membantu untuk mencernak rumput dan biji-bijian. Bakteri ini bersaing untuk makanan mendesak bakteri yang merusak virus dan parasit. Mereka juga memusnahkan banyak toksin sebelum sampai kedaging sapi.

Sistim pencernaan yang seperti ini membuat daging sapi penuh dengan zat-zat gisi yang telah dimurnikan. Proses memamah biak yang sehat ini membuat deposit asam lemak Omega3 kedalam daging. Asam lemak ini melindungi orang yang memakannya dari efek trigliserida atau kolestrol yang berbahaya.

Asam lemak Omega3 ini sangat penting bagi kesehatan karena ia menghancurkan plague arteri dan gumpalan pembuluh darah. Mereka juga memperlambat penjalaran kanker payudara, merendahkan tekanan darah dan menyembuhkan inflamasi pada pasien rematoid artrhitis ( radang sendi ) hal ini sangat menguntungkan karena mereka juga banyak didapat dalam ikan yang bersisik dan bersirip, ayam dan hewan bersih lainnya.

Ingat cerita-cerita mengenai ikan tuna yang terkontaminasi mercuri ? Cerita itu membuat beberapa orang menjadi takut memakan ikan yang berasal dari lautan terbuka. Bagian dalam cerita itu, yang tidak termasuk dalam "ketakutan" ini adalah bahwa ikan-ikan itu juga mengandung zat-zat ALKILGLISEROL yang menngangkat/ membersihkan mercuri dari tubuh ikan-ikan ini. Ketika kita memakan ikan ini, alkilgliserol juga mengangkat mercuri dari tubuh kita. Ingatlah bahwa ini semua adalah karena ikan ini bersirip dan bersisik ( hewan 'bersih' ) yang memang dirancang Tuhan untuk dimakan manusia, sehingga meskipun ikan ini ada dalam situasi lingkungan yang berbahaya dia telah mempersiapkan penangkalnya, dalam hal ini adalah, alkilgliserol.

Daging hewan yang 'bersih' ini juga merupakan sumber protein yang lengkap

HAL-HAL YANG TETAP PERLU DIPERHATIKAN MESKIPUN KITA MEMAKAN DAGING HEWAN YANG BERSIH

Prinsip II

Sedapat mungkin makan-makanan sebagaimana diciptakan sebelum makanan tersebut diolah/diubah/doproses yang bisa mengubah zat-zat. Gizinya menjadi sesuatu yang manusia pikir lebih baik. Padahal ujungnya menuju maut!

Penting untuk selalu diingat bahwa sebaiknya makan makanan sebagaimana makanan itu diciptakan sebelum makanan tersebut diolah/diubah/diproses yang bisa mengubah zat-zat gizinya menjadi sesuatu yang manusia pikir lebih baik padahal ujungnya menuju maut!

Daging Ayam.

Makanan utamanya adalah biji-bijian dan rumput, Sistem pencernaan adalah mirip dengan kantung sapi. Dalam kondisi normal, daging ayam seharusnya sangat baik. Tetapi, dalam kondisi persiapan-persiapan makanan sekarang, tidak terlalu terlihat keuntungan memakannya dibandingkan dengan sapi karena kebanyakan ayam diberi hormon pertumbuhan, steroid, antibiotik, dan estrogen.

Sayangnya, fakta bahwa para konsumen kelihatannya menginginkan lebih banyak lemak dalam daging membuat kebanyakan industri daging menggunakan metode pemeliharaan selektif, memberikan makanan berlebihan, dan stimulasi kimia (hormon) agar hewan lebih cepat besar.

Pemberian makanan berlebihan menghasilkan hewan gemuk berlebihan.Jika dipelihara dalam kandang, kadar lemak hewan naik. Ayam kalkun liar hanya mengandung 3-5% lemak sedangkan yang dipelihara 30-40%. Ternak peliharaan dikandang mengandung 40% lemak, sedangkan yang bertamduk panjang mengandung 5-8%.

Ada pemelitian yang menunjukkan bahwa asam lemak Omega3 menjadi asam lemak Omega6 jika ternak diberikan makan berlebihan, antibiotik atau hormon. Jika ratio asam lemak berubah kita kehilangan keuntungan makan daging sehat.

Asam lemak yang sehat juga berubah jika ikan Salmon diternak dalam empang, jika ayam diberi makan secara paksa dan juga telor datang dari ayam yang diberi makan dengan ratio komersil.

Steroid dan hormon pertumbuhan yang diberikan kepada hewan dapat mempercepat pertumbuhan dan membuat anak-anak yang memakan daging tersebut menjadi besar. Anak perempuan lebih cepat menstruasi pada negara dimana daging seperti ini banyak tersedia.

Antibiotik yang diberikan kepada hewan untuk pertumbuhan lebih cepat, dapat meninggikan resistensi bakteri dan juga banyak nya reaksi alergi terhadap obat.

Jadi makanlah daging hanya dari ternak yang dipelihara tanpa hormon antibiotik atau [B]pestisida[/B] sebenarnya kita tidak perlu makan daging untuk hidup, tetapi jika kita makan daging lebih baik jika dagingnya organik dan bebas bahan kimia.

10 Zat tambahan makanan yang paling ber resiko ( terutama adalah penyebab kanker )
  1. Pewarna makanan buatan.
    Digunakan untuk menimbulkan kesan bahwa makanan tersebut mengandung buah dan zat-zat alami lainnya.

    Red no 3, Yellow no 5 dan pewarna sintetik lainnya dapat menyebabkan kanker, reaksi alergi, atau perubahan perilaku. Banyak perusahaan menggunakan pewarna didalam sereal, permen, es krim, soft drink, jelly, dan lain-lain.
  2. Aspartam.

    Pengganti gula yang paling banyak digunakan ( Equal dan Nutrasweet )

    Diduga menyebabkan kanker otak. Aspartam secara luas digunakan dalam diit soft drink dan makanan diit lainnya ( Baca bab V ).
  3. BHA dan BHT.

    2 Antioksidan yang saling berhubungan yang mencegah minyak berubah menjadi tengik diduga kedua zat kimia ini adalah karsinogen ( penyebab kanker ). Sering ditambahkan pada makanan olahan, meliputi minyak sayur , pelembut makanan, potato chips, sereal dsb.
  4. Kafein: Zat perangsang yang menimbulkan ketagihan.
    Adalah satu-satunya obat yang ditambahkan depada makanan anak-anak harus menghindarinya sedapat mungkin ! Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kelelahan, kegelisahan, dan gangguan tidur ( lihat Bab VI ). Secara natural kafein terdapat dalam teh dan kopi, dan ditambahkan pada coca cola, pepsi dan banyak soft drink lainnya ( perusahaan menyatakan bahwa mereka menambahkan caffein untuk memberika pengaruh pada rasa ) membiarkan anak-anak meminum minuman berkafein pada malam hari dapat membuat mereka terbangun tengah malam. Terutama jika mereka tidak mengkonsumsinya secara teratur ( Baca Bab VI )
  5. MSG ( Monosodium Glutamat ), vetsin, penambah rasa.

    Jika di goreng atau di Deep-fried dalam minyak suhu sangat tinggi, MSG/vetsin pecah menjadi 2 zat kimia baru yang bersifat mutagenik ( menyebabkan kelainan genetik ) dan karsinogenik ( menyebabkan kanker )

    Satu gram garam sudah bisa membuat satu mangkok sup atau mie menjadi asin. Tetapi satu sendok teh MSG / Vetsin tidak membuat makanan terasa asin tetapi menjadi gurih dan lebih lezat sehingga mudah menimbulkan monosodium karena terlalu banyak menambahkan vetsin/MSG. Dengan demikian, banyak konsumen yang menderita hipertensi. Meskipun secara rutin sudah minum obat. Penyakit tak kunjung sembuh karena setiap hari terus menerus mengkonsumsi makanan yang dibumbui vetsin atau MSG.

    Di Amereika Serikat sejak th 1970an semua pruduk makanan olahan untuk bayi dan balita dilarang dibubui MSG/vetsin dan pada label botol makanan harus dicantumkan kalimat "No MSG added" ( tidak dibubuhi MSG ) Namun diam-diam restoran Chinese masih menggunakan dalam jumlah besar pada makanan lainnya. Pada beberapa orang MSG menyebabkan chinese restoran syndrome,yang ditandai dengan sakit kepala, rasa sesak, rasa terbakar dan gejala-gejala lain.

    Hydrolisit Vegetable Protein ( HVP ) adalah suatu zat tambahan yang mengandung MSG
  6. Propyl Gallate, antioksidan lain seperti BHA dan BHT.

    Sering ditambahkan pada minyak sayur produk-produk daging potato steak, chicken soup base, permen karet dll. Juga diduga bisa menyebabkan kanker.
  7. Saccarin, juga merupakan pengganti gula.
    Dalam suatu percobaan pada hewan, pernah ditemukan menyebabkan kanker ( Baca Bab V )
  8. Sulfite termasuk golongan pengawet.
    Sering digunakan untuk membuat buah dan sayur tetap segar, kentang tetap putih, buah-buahn yang dikeringkan dan anggur fresh shrimp ( Baca Bab II )
  9. Sodium Nitrit, pengawet daging.
    Ditemukan dalam daging yang diawetkan : hotdog, sosis, ham, bacon, membentuk nitrosamin ( karsinogen yang sangat potent )

    Sodium Nitrit plus senyawa-senyawa Amina dalam tubuh = Nitrosamin ( baca bab II )
  10. Des ( Diethyl Stilbestrol )
    • Hormon sintetik yang digunakan dalam makanan sapi dan ayam.
    • Dihubungkan dengan Ca Cervix ( kanker mulut rahim )

Makanlah makanan yang Allah ciptakan untuk dimakan sebelum makanan tersebut diubah/diolah!
Perhatian/peringatan mengenai hewan bersih.

Walaupun daging hewan bersih direncanakan untuk kesehatan kita, Tuhan memberikan tindakan pencegahan. Walaupun sapi ( dan kerbau ) disebut 'bersih' dalam rencana perancang, kita ingat bahwa lemak nya dan darahnya tidak boleh dimakan. Lemak ini bukan hanya merupakan tempat penyimpanan toksin kimia dan parasit. Tetapi kita juga telah mengenal bahaya nya sebagai pembentuk plak dalam arteri dan pembentuk kanker dalam usus besar dan payu dara

Juga makanlah daging dari hewan yang telah dimatikan dengan baik. Pada dasarnya ini berarti membuang lemak dan menghilangkan darah dari dagingnya. Pada waktu penyembelihan para tukang penyembelih mengeluarkan darahnya dengan merendam daging dalam air garam juga menghilangkan produk-produk darah.

Ada 2 metode untuk menghilangkannya :
  • Metode pertama: " rendam dan garami "
    Metode ini sebenarnya merupakan metode yang mendefinisikan kata 'halal'. Dalam proses ini daging dibersihkan secara teliti dengan air dingin yang mengalir, kemudian daging ini dibenamkan didalam air dingin selama 30 menit. Setelah direndam, seluruh bagian daging di tutupi dengan lapisan garam yang setengah kasir yang membantu menyerap darah dari daging tersebut. Daging kemudian diletakkan disebuah permukaan miring sehingga darah akan mengalir keluar. Biarkanlah daging bersama garam selama 1 jam, kemudian dibilas lagi dibawah air yang mengalir. Daging dibilas bersih sebanyak 3 kali, atau mengalami 3 kali proses perendaman, setiap kalinya dengan air bersih. Proses pembilasan dan perendaman sebanyak 3 kali tersebut akan mengangkat semua garam dan darah.
  • Metode kedua: Memanggang
    Didalam metode ini, daging mentah dibersihkan secara teliti dan digarami sedikit. Kemudian diletakkan diatas alat pemanggang, kemudian dipanggang-proses ini membuat darah keluar pada saat daging sudah matang. Daging dapat dibalik sehingga dapat terpanggang secara merata. Setelah dipanggang, daging kemudian dibilas dengan air dingin untuk membersihkan sisa-sisa darah yang masih menempel pada permukaan daging.

    Juga sangat penting bahwa daging dimasak dengan benar. Daging yang dimakan Yesus adalah tidak berlemak karena makan lemak dilarang. ( Galatia 4 : 4 ), Yesus takluk kepada hukum Taurat.- dan direbus atau dipanggang. Dengan memasak daging kadar lemak hancur dan daging menjadi lebih mudah dicerna. Pemanasan juga membuat beberapa karsinogen ( zat penyebab kanker menjadi tidak aktif dalam daging yang dihancurkan dengan cara mengeluarkan antikarsinogen

HEWAN KOTOR'/HARAM/'UNCLEAN'
Perhatikan beberapa mamalia yang Tuhan buat diluar batas untuk mekanan manusia:
"... Tetapi inilah yang tidak boleh kamu makan dari yang memamahbiak atau dari yang berkuku belah: Unta, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu. Juga pelanduk, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu. Juga kelinci, karena memang mememah biak, tetapi tidak berkuku belah, haram itu bagimu. Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. Daging binatang-binatang itu[B] janganlah[/B kamu makan dan bangkainya janganlah kamu sentuh; haram semuanya itu bagimu." ( Imamat 11:4-8 ) ( tetapi tidak terbatas hanya ini ):
  • Coney
  • Kuda
  • Anjing
  • Tikus
  • Kelinci
  • Tupai
  • Babi
  • Kucing, dll

Burung-burung kecuali burung pemakan bangkai juga disebut "bersih" ( Imamat 11 : 13-20 ). Contoh burung-burung pemakan bangkai ( tetapi tidak hanya terbatas pada ini ):

"...Tetapi segala yang tidak bersirip atau bersirip didalam lautan dan didalam sungai, segala yang berkeriapan didalam air dan dari segala mahluk hidup yang ada didalam air, semuanya ini kejijikan bagimu..." ( Imamamat 11 : 9-10 ).
"...sesungguhnya...kejijikan..."(11)"...segala...kejijikan..."(12)

Ikan yang tidak bersih sekarang ini diklasifikasikan secara typical sebagai seafood, meliputi:
  • Kepiting
  • Remis
  • Tiram
  • Lele
  • Lobster
  • Udang
  • Scallop
  • Belut, dll

Janganlah kamu menajiskan dirimu dengan semuanya itu, sehingga kamu menjadi najis karenanya! ( Imamat 11 : 43 )

Pada tahun 1953, Dr David Macht dari Universitas Johns Hopkins menerbitkan sebuah tulisan yang menakjubkan/luar biasa berjudul " An Experimental Pharmacological Appreciation of Leviticus XI and Deuteronomy XIV."
Dalam penelitian itu, Dr Macht mencemari suatu pertumbuhan biakan secara terkontrol dengan bermacam-macam type darah hewan dan mengukur laju kecepatan masing-masing dalam melambatkan pertumbuhan biakan tersebut. Ia mencatat dua penemuan yang dramatis:
  • Didalam setiap kasus, darah hewan memperlambat proses pengembangbiakan dalam tingkat yang lebih tinggi dari pada dagingnya, yang artinya adalah lebih toksik.
  • Hewan-hewan tersebut yang didaftarkan sebagai hewan bersih dalam Perjanjian Lama memperlambat pengembangbiakannya dalam tingkat yang jauh lebih rendah dari pada hewan-hewan yang tidak bersih. Penemuannya tetap bernilai 100% dalam setiap daging hewan yang diuji: Daging yang tidak bersih menunjukkan efek yang beracun sedangkan daging yang bersih tidak.

Banyak dari kebijaksanaan didalam rancangan illahi untuk daging dikonfirmasi kan oleh beliau. Sebuah zat tergolong beracun bila tingkat pertumbuhan biakannya melemah/melambat hingga dibawah 75%. Didalam setiap kasus, darah dari semua hewan yang diuji oleh Dr Match terlihat lebih beracun dari dagingnya. Tabel dibawah ini dibuat berdasarkan penelitian Dr Match. Hasilnya menunjukkan bahwa, semakin rendah persentase pengembangbiakan, semakin beracun dagingnya. Catat bahwa seluruh daging hewan dan ikan yang diberikan oleh Allah sebagai makanan bagi kita tidak beracun, tetapi semua hewan yang dilarang, berada pada batas beracun. ( Hewan yang tidak diberi persentase didalam tabel tidak diteliti, tapi ditambahkan disini untuk menyediakan daftar yang lebih lengkap mengenai hewan yang 'bersih" dan ' tidak bersih' )
Jadi bingung! Setiap nilai diatas 75% tidak beracun, atau bersih.

HEWAN BERKAKI EMPAT

"BERSIH"/HALAL/"CLEAN"
(Berkuku belah dan memamah biak)
Anak sapi 82%
Rusa 98%
Kambing 90%
Lembu 91%a
Domba 94%

TIDAK "BERSIH"/HARAM/"UNCLEAN"
Beruang hitam 59%
Unta 41%
Kucing 62%
Marmot 46%
Anjing 62%
Rubah ( perak ) 58%
Beruang besar 55%
Marmot tanah 53%
Hamster 46%
Kuda 46%
Tupai 53%
Kelinci 49%
Tikus 55%
Badak 60%
Bajing 43%
Babi 54%

BURUNG
"BERSIH"/HALAL/"CLEAN"

Angsa (goose) 85%
Ayam 83%
Coot 88%
Bebek 98%
Merpati 93%
Burung Puyuh 89%
Angsa Air (swan) 87%
Kalkun 85%

TIDAK"BERSIH'/HARAM/"UNCLEAN"
Kelelawar
Burung laut
Burung gagak 46%
Burung Rajawali
Falcon
Burung Elang
Burung Bangau
Burung Kuntul
Burung Layang
Nighthawk
Osprey
Burung unta
Burung hantu 62%
Burung Pelikan
Gagak Hitam
Red-tail hawk 36%
Sparrow hawk 63%
Burung Camar
Stork
Burung Hering

IKAN
"BERSIH"/HALAL/"CLEAN"
(Bersisik dan bersirip)

Bandeng Hitam 80%
Black Drum 105%
Bluefish 80%
Carp 90%
Channel bass 80%
Chub 91%
Cod 98%
Croaker 90%
Ikan sebelah 83%
Ikan terbang 87%
Ikan mas 88%
Haddock 80%
Hake 98%
Ikan bawal 82%
Ikan Herring 100%
Kingfish 83%
Ikan Belanak 87%
Pike 98%
Pompano 110%
Porgy 80%
Rainbow trout 81%
Rock Bass 100%
Salmon 81%
Smelt 91%
Kakap pita 103 %
Shad 100%
Tenggiri 98%
Spot 80%
Sturgeon 87%
Tuna 88%
White perch 81%
Carolina whiting 84%
Yeloow perch 87%

TIDAK "BERSIH"/HARAM/"UNCLEAN"
Lele 48%
Kerang
Kepiting
Belut 40%
Lobster
Gurita
Tiram
Porcupine fish 60%
Ikan balon 51%
Sand skate 59%
Scallop
Hiu
Udang
Cumi
Ikan Pari 46%
Toad fish 40%

SERANGGA

"BERSIH"/HALAL/"CLEAN"
( bersayap, meloncat, dan berkaki empat )
Jangkrik
Belalang ( grasshopper. locust )

TIDAK"BERSIH"/HARAM/"UNCLEAN"

Sumber : What the Bible Says About Healthy Living, Rex Russel, M.D

BAHAYA DAGING BABI

Yesus, sebagai seorang yang "lahir dan takluk kepada hukum Taurat" ( Galatia 4:4) tidak makan daging babi.. Dia menggunakan babi sebagai tempat pembuangan iblis, mengusir setan dan membasmi babi ( Matius 8 : 28-32 ). Kejadian ini terjadi setelah ber minggu-minggu menyembuhkan berbagai penyakit.

Salah satu alasan mengapa Tuhan melarang babi adalah karena sistim pencernaannya berbeda dengan sapi. Babi sangat lahap, tidak tahu kapan berhenti makan. Asam diperut menjadi encer karena besarnya jumlah makanan yang dimakan, sehingga membiarkan banyak macam hewan kecil melewati batas perlindungannya. Parasit, bakteri, virus dan toksin dapat sampai ke daging babi karena makan berlebihan. Toksin dan zat penyebab infeksi dapat berpindah kepada manusia ketika mereka memakan daging babi.


Dalam toilet rumah orang-orang Yahudi di Jerusalem, tidak ditemukan parasit atau zat-zat penyebab infeksi , tetapi hanya serat dari buah-buahan, sayuran dan ramuan (herb) yang telah mereka makan. Studi yang sama yang dilakukan pada toilet orang-orang Mesir ditemukan adanya telur dari Schistosoma, Trichinella, cacing kawat dan cacing pita, yang semuanya terdapat dalam daging babi. Organisme ini menyebabkan penyakit kronis.

Orang yang bekerja dipeternakan babi dan yang makan dagingnya positif terdapat parasit ini. Gejala-gejala primer dari infeksi ini meliputi sakit otot, sakit kepala, demam an pembengkakan kaki dan tangan.

Sebagai tambahan, memelihara babi adalah resiko. Disuatu daerah pemeliharaan babi, pekerjanya diharuskan memakai sarung tangan, masker dan pakaian perlindungan ketika bekerja dalam kandang babi. Pekerja-pekerja tersebut diharuskan mandi sebelum pulang.

Tidak mengherankan bahwa Tuhan memberi ilham kepada para nabi untuk memasukkan makan daging babi sebagai perbuatan salah orang-orang keras kepala yang selain mendewakan juga memohon kepada roh orang mati.

"Suku bangsa yang menyakiti hati-Ku senantiasa didepan mata-Ku, dengan mempersembahkan korban ditaman-taman dewa dan membakar korban diatas batu bata; yang duduk dikuburan-kuburan dan bermalam didalam gua-gua ; yang memakan daging babi dan kuah daging najis ada dalam, kuali mereka;" ( Yesaya 65 : 3,4 )

KEHIDUPAN PERAIRAN YANG KOTOR

Karena orang Israel hidup dekat laut Mediterranean dan disekitar perairan lainnya, Tuhan menginstruksikan mereka mengenai banyak macam kehidupan dalam air.

"Inilah yang boleh kamu makan dari segala yang hidup dalam air; segala yang bersirip dan bersisik didalam air, didalam lautan, dan didalam sungau, itulah semuanya yang boleh kamu makan.Tetapi segala yang tidak bersirip atau bersisik didalam lautan dan didalam sungai, segala yang berkeriapan didalam air dan dari segala mahluk hidup yang ada didalam air, semuanya ini kejijikan bagimu."( Imamat 11 : 9-10 )

Walaupun Yesus adalah "kegenapan hukun Taurat" ( lihat Roma 10 : 4 ) Dia kenal dan memberi perhatian untuk membedakan antara ikan baik dan buruk. Dia berbicara mengenai ikan kotor dalam perumpamaan kerajaan surga dalam Matius 13

"Demikian pula hal kerajaan sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan dilaut, lalu mengumpulkan berbagai bagai jenis ikan. Setelah penuh, pukat itupun di seret orang kepantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik kedalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang" ( Matius 13 : 47 : 48 )

BAHAYA DARI SHELLFISH/GOLONGAN kerang-kerangan ( tidak bersirip dan bersisik )

Telat diketahui sejak lama bahwa daing shellfish- udang, kepiting, kerang, lobster, remis, tiram/osyter, scallop, dll- adalah sangat berbahaya. Banyak penyakit, termasuk kelumpuhan secara tiba-tiba, menghancurkan orang setiap hari sebagai akibat makan shellfish.

Kolera terbesar di Amerika Serikat terjadi di Louisiana dari bulan Agustus sampai Oktober 1986. ( Tanda dari kolera adalah diarrhea, yang menyebabkan dihidrasi berlebihan, pingsan, hypotensi/tekanan darah rendah dan kematian ). Apa yang telah dimakan oleh orang-orang itu ?

Makanannya termasuk bihun dengan udang, daging babi, sayuran, sup kerang, darah babi yang dikoagulasi dengan cuka, dan udang asli dengan sayuran campur.

Shellfish dapat ditempatkan dalam perairan yang terkontaminasi dengan bakteri kolera, dan mereka akan membersihkan air.
Terutama udang, tiram, kepiting, scallop dan kerang sangat efisien dalam hal ini.. Mereka menyaring volume air yang besar setiap hari. Sampah yang mengandung zat kimia , toksin dan bakteri berbahaya, parasit dan virus terkonsentrasi dalam shellfish, oleh karenanya disebut sebagai 'garbage collectors'/''pengumpul sampah' dan cockroaches of the sea'/'kecoa laut.'

Bagaimana Mengatasi Air yang tercemar.

Sampai batas-batas tertentu sebenarnya air secara alamiah akan mampu membersihkan zat pencemar tersebut. Namun karena jumlah zat pencemar berlebihan, maka kemampuan itu menjadi hilang. Sebagian zat pencemar akan terus ikut aliran air sungai, sehingga mencapai laut. Di laut kadar zat pencemar semakin kecil dan tidak membahayakan kelangsungan hidup maupun distribusi komunitas laut. Namun kalau pencemaran tersebut terjadi berkepanjangan, komunitas dipantai ataupun muara sungai akan terganggu.

Ada beberapa jenis hewan laut yang dapat dipergunakan untuk indikator terhadap terjadinya pencemaran air laut. Beberapa jenis kerang dapat tahan terhadap terjadinya pencemaran air raksa. Bahkan zat-zat pencemar air dapat berada dalam tubuh kerang hingga tingkat kadar tertentu. Bila telah mencapai kadar yang cukup tinggi, kerang akan mati. Bila kerangpun telah punah, berarti pencemarannya telah mencapai tingkat yang sangat membahayakan. ( Sains Biologi )
Penyebab kolera dibeberapa daerah disebabkan oleh udang, kepiting, tiram, dan kerang yang terkontaminasi. Kolera yang pernah terjadi di Amerika Tengah berhubungan dengan shellfish. Semuanya ini menyebabkan seorang ilmuwan berka, " daging Shellfish adalah tempat organisme penyebab penyakit.

Suatu studi kasus terkontrol telah menunjukkan bahwa pasien, dibandingkan dengan orang-orang yang tidak sakit, telah makan kepiting dimasak atau udang matang atau mentah dalam minggu sebelum sakit.

Penemuan ini terjadi diseluruh dunia. Dalkam studi lain, 20% dari 559 sukarelawan yang tidak sakit, tetapi makan ikan berkulit/shellfish secara teratur, terdapat bukti serologis(perubahan dalam darah yang terindikasi telah terkena bakteria ) dari kolera. Mereka terinfeksi oleh makanan yang mereka makan. Resistensi para sukarelawan, atau mungkin jenis kolera yang kurang toksik, telah mencegah gejala-gejala serius atau kematian.

Ketika membaca semua ini, Anda mungkin tidak heranbahwa Hukum California mengusulkan satu peraturan yang mengharuskan industri makanan untuk memberi label shellfish dengan pesan, "Makanan ini mungkin berbahaya bagi kesehatan"

Mengotori diri kita dengan makan shellfish-atau daging kotor lainnya-sama seperti bermain roulette Russia atau perilaku seksual yang tidak baik.

HEWAN YANG MERAYAP DITEMPAT YANG KOTOR

Hewan lain yang diluar batas terdaftar dalam Imamat 11: "Inilah yang haram bagimu diantara segala binatang yang merayap dan berkeriapan diatas bumi; tikus buta, tikus, dan katak menurut jenisnya dan landak, biawak dan bengkarung, siput dan bunglon,"(29, 30)

Apakah memasak tidak membuat aman ?

Alat masak dan oven yang canggih telah ditemukan dikebanyakan reruntuhan kuno, termasuk reruntuhan Israel.

Mereka telah mengerti bahwa memasak daging adalah penting.Dengan demikian kita tidak dapat mengansumsi bahwa penyakit yang disebabkan oleh hewan kotor akan hilang karena kita sekarang dalam zaman ini memasaknya lebih baik.

Bahkan oven microwave memanaskan daging tidak merata, membiarkan bakteria dan parasit (seperti trichinosis) hidup dalam daging. Banyak infeksi ganas berkembang dalam makanan yang disebut dimasak.

Jika makanan/hewan pada dasarnya sudah ditetapkan Tuahn tidak bersih/haram/unclean, jangan berpikir bahwa memasak akan melindungi kita. Beberapa racun yang paling toksik tidak hancur oleh panas.

"Siapa dapat mendatangkan yang tahir dari yang najis ? Seorangpun tidak!" (Ayub 14:4)
"Who can bring a clean thing out of unclean ? Not one "! (KJV)

Jadi, mengapa hewan pemakan bangkai diciptakan ?

Mengapa hewan pemakan bangkai diciptakan jika tidak untuk dimakan ? Satu hal, mereka berguna untuk membersihkan lingkungan.

Hewan kotor terutama babi dan shellfish adalah tidak sehat karena makanannya termasuk sampah yang penuh penyakit.

Seperti yang diketahui, babi akan makan apa saja. mereka dirancang untuk membersihkan daging busuk dan polusi. Babi telah makan sampah Philadhelpia selama lebih dari 100 tahun menghemat total $ 3.000.000 setahun untuk biaya pengurukan tanah. Ini adalah penggunakan babi yang bijaksana. Mereka dirancang untuk membersihkan lingkungan kita.

Bahkan ketika dikumpulkan dikandang-kandang, anak-anak babi bertumbuh dengan cepat diatas sampah/kotoran ketika yang diberi makan hanya babi-babi yang dikandang bagian atas saja. Para peternak telah mendapat untung yang lebih banyak dengan memberikan sampah mentah kepada babi dengan cuma-cuma. Peternak ayam sering memelihara seekor babi agar dapat membuang ayam mati, tanpa harus mengubur mereka.

Diantara ikan yang sering dimakan, ikan lele -kotor karena tidak bersisik, menunjukkan kontaminasi tertinggi dalam air yang terpolusi bahan kimia. Setelah kebocoran kimia, para nelayan diperingatkan jangan makan ikan lele.

Seorang petani buah Peach, menyemprot tanamannya kemudian turun hujan. Air hujan yang mengandung insectisida masuk kedalam kolam. Ikan lele bekerja membersihkan kolam dengan menarik pestisisa, tetapi karena efisiensinya, kebanyakan mereka mati dan mengambang dipermukaan air kolam. Tidak ada ikan yang bersirip dan bersisik mati.

laporan konsumen ( consumer report ) menguji ikan yang dibeli dibanyak pasar di Amerika Serikat. Ikan disebut busuk jika kadar bakteri lebih besar dari 10.000.000 per gram daging. Hampir semua ikan lele mempunyai nilai yang lebih dari 27.000.000 per gram walaupun disiapkan dengan baik.

Walaupun BABI membantu membersihkan TANAH dan SHELLFISH dan LELE membersihkan air, kita tidak mau makan apa yang mereka bersihkan! Bukankah kita tidak mau ?

Dengan demikian kita menjadi terkejut bahwa menolak hewan pemakan bangkai, menjadi lebih mudah dari apa yang kita bayangkan!

DAGING_DAGING ORGAN-ORGAN DALAM TUBUH.
Keluaran 29 : 13, 22

Bagaimana dengan pemakan daging organ dalam tubuh ? Pertama, kita melihat didalam perjanjian lama bahwa Allah memerintahkan beberapa organ abdoninal/isi perut untuk dibakar bersama dengan korban bakaran dari pada untuk dimakan. Injil berulang-ulang menyebutkan tentang membakar hati, usus dan gunjal bersama dengan lemaknya. Hal ini sangat masuk akal karena mereka adalah organ-organ untuk detoksifikasi dan ekskresi/pembuangan tubuh, dengan demikian mereka membawa resiko terhadap penyakit yang paling besar.

Bagi organ-organ dalam tubuh lainnya, mungkin ada beberapa perdebatan. Tidak ada catatan mengenai orang-orang Ibrani pernah memakan organ-organ tubuh. Kelihatannya organ-organ ini tidak diciptakan/dirancang sebagai makanan.

KESIMPULAN

* Anggaplah daging sebagai makanan pesta atau mewah.

* Kebutuhan protein sudah cukup dari sayuran

Ingat ! Kombinasi golongan pad-padian ( beras, jelai, gandum, jagung ) ditambahkan dengan golongan polong-polongan ( kacang merah, kacang polong, kacang kedelai, boncis, kacang panjang, kacang polong dan lain sebagainya ) menghasilkan 'complete protein' seperti hal nya daging, sehingga disebut sebagai daging orang miskin.

* Bedakan daging 'bersih' dan daging 'kotor'- Imamat 11:46

* Makanlah daging sapi, domba, kambing, Rusa, yang tidak diproses daging ayam tanpa tambahan zat kimia dan hormon, burung puyuh, ikan bersisik dan bersirip sebagaimana tertulis dalam alkitab.

* Daging sapi yang kadar lemaknya rendah atau ayam yang dipelihara tanpa bahan kimia dan hormon perangsang pertumbuhan, adalah suatu barang yang berharga untuk dibeli dan dimakan. Adalah baik, untuk mencari telur dari ayam yang tidak bebas ( free range ) atau ayam kampung.

Hindari hot dog, sosis, daging kalengan, bacon, ham, ( hot dog- daging 'sampah-sering kali dibuat dari produk 'buangan' dan mengandung 50% lemak )

Standar FDA-Depkes Amerika melarang hot dog karena mengandung lebih besar 20% rambut hewan.

* Hindari ikan lele, shellfish, babi

* Jangan menjadi kecanduan daging, tidak perlu diadakan setiap makan atau setiap hari. 2 atau 3 kali seminggu, sudah banyak.

* Jangan makan lemak dan darah.

Dengan demikian sudah waktunya kita tinggalkan daging dalam jumlah berlebihan dan makanlah lebih banyak buah-buahan, biji-bijian, dan sayur-sayuran sebagaiman yang Allah perintahkan kepada manusia sejak awal penciptaan ( Kejadian 2 : 1 )

TELOR

"Bapa manakah diantara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan ? Aatu jika ia minta telur akan memberikan kepadanya kalajengking ? Jadi, jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakm, apalagi Bapamu yang disurga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang memintaNya"
Lukas 11 : 11-12

"Mereka menetaskan telur ular beludak, dan menenun sarang laba-laba, siapa yang makan dari telurnya itu akan mati. [I]Dan apabila sebutir ditekan pecah, keluarlah seekor ular beludak.[/I]( Yesaya 59 : 5 )

Yesus menyebut telur sebagai 'good gift' , juga sebagai makanan yang diberikan bagi kita oleh pencipta kita, sehingga telur juga dikonsumsi pada jaman alkitab. Penggunakan telur sebenarnya cukup umum pada jaman Yesus.

Telur disini tentunya adalah telur hewan (burung bersih ).

Saat ini melihat meratanya penyakit jantung didaerah barat, telur telah menjadi subyek atau kritik-kritik yang keras, alasannya adalah bahwa telur ayam, masing-masing mengandung banyak lemak dan kolesterol. Karena orang2 barat cenderung sudah memiliki terlalu banyak lemak jenuh didalam makanan mereka, masuk akal bahwa sumber lemak dan kolesterol yang sangat terkonsentrasi harus dihindari. Tetapi, sejumlah penelitian yang mengukur kadar lemak dalam darah sebagai efek konsumsi telur, mengindikasikan bahwa mungkin telur tidak dapat disalahkan dengan keras.

Contoh :

1. Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa wanita yang diberi makan 3 butir telur sehari selama 8 minggu hanya menunjukan perubanhan yang sedikit dalam kadar kolesterol mereka. Penelitian lain menemukan bahwa memakan 2 butir telur rebus setiap hari selama 6 minggu menyebabkan kenaikan kolesterol total sebanyak hanya 4% dan HDL (Kolesterol Baik) sebanyak 10%, yang pada kenyataannya sebenarnya justru memperbaiki resiko penyakit kardiovaskular.

2. Penelitian lain meneliti 70 laki-laki muda selama beberapa minggu dengan memakan 3 butir telur setiap minggu selama 2 bulan, kemudian setengah kelompok itu meningkatkan pemasukan telur mereka hingga 7/14 butir telur setiap minggu selama 5 bulan. Tidak ada perubahan yang berarti yang ditemukan didalam kadar lemak pria-pria muda yang telah memakan 7-14 butir telur setiap minggu jika dibandingkan dengan kontrol, yang melanjutkan memakan hanya 3 butir telur setiap minggu. Dianjurkan bahwa untuk menurunkan penyakit jantung koroner, kita harus berkonsentrasi dalam dalam menurunkan pemasukan lemak, bukan kolesterol. Bahkan pernah dilakukan penelitian juga pada 70 orang yang memakan 3 telor sehari, tetapi tes darah mereka menunjukan peningkatan HDL - "Kolesterol Baik" - selama memakan telur kadar trigliserit mereka tidak berubah.

3. Dalam suatu pertemuan American Heart Association, seorang ahli gisi dari University of Washington, meringkaskan suatu penelitian terhadap 141 sukarelawan dengan mengatakan bahwa, 2 butir telur sehari tidak akan mencelakakan kita, jika kita menghindari Bacon/Ham/Sosis/Mentega/Makanan tinggi lemak lainnya yang biasanya disajikan dengan telor. 3 bulan setelah kelompok yang diuji tersebut makan 2 telur sehari, kadar kolestrol berubah rata-rata dari 227-233 yang adalah tidak bermakna. Bahkan kadar HDL 'kolestrol baik' pada setengah dari kelompok sukarelawan tersebut meningkat.

4. Dalam suatu penelitian lain lagi yang dapat dipercaya menunjukkan, bahwa memakan 1 telur sehari tidak akan meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami penyakit jantung atau stroke. Pada kenyataannya,
memakan 1 butir telur sehari bahkan bisa menolong menghindari penyakit jantung.

Hal ini disebabkan karena kuning telur selain mengandung lemak dan kolestrol tersebut diatas, ternyata juga mengandung zat-zat yang bersifat protektif terhadapnya.

a. lechitin, yang dapat membantu menghancurkan lemak, dan kolestrol tersebut sehingga tidak menyebabkan penyakit.

b. lemak tidak jenuh ( telur secara relatif mengandung monounsaturaded fat/lemak - lemak tidak jenuh rantai tunggal )

Banyak orang tidak mengerti akan kebenaran ini, padahal hal ini adalah mungkin karena telur adalah makanan yang dirancang Tuhan untuk kita makan. Injil juga menjelaskan, bahwa telur adalah, makanan yang diberikan bagi kita oleh pencipta kita. Tetapi, bagaimanapun juga karena ia mengandung lemak dan kolestrol, sebaiknya kita tidak memakannya dalam jumlah yang berlebihan.

Sebagai makanan yang dirancang Tuhan untuk dimakan, ternyata telur juga
1. Merupakan salah satu sumber CHOLINE yang terbaik yang terdapat pada kuning telur yang adalah bahan mentah yang digunakan tubuh untuk memproduksi acethylcholine, satu dari neorotransmitter-neurothranmitter yang paling penting yang dihubungkan dengan fungsi otak dan ingatan.

2. Mengandung sumber yang baik akan vitamin-vitamin tertentu, yaitu asam follat ( anggota dari famili vitamin B ) Vitamin B lainnya dan antioksidan yang juga terdapat pada kuning telur dan protein.

3. Tampaknya menstabilkan gula darah dengan cara memperlambat proses kosong nya perut dan meratakan respons insulin tubuh. Hal ini dapat sangat menolong terutama bagi mereka yang menderita karena diabetes atau hypoglikemia.

Keuntungan lain dari telur sehubungan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ( IPTEK )

Melihat kenyataan bahwa ayam kampung yang tidakdisuntik dengan steroid atau obat-obatan yang memicu hormon lainnya, cenderung memiliki tingkat lemak yang lebih rendah, membuat timbulnya ide untuk mengatur pemberian makanan pada ayam sebagai alat untuk menyediakan faktor-faktor makanan yang sehat bagi jantung melalui makanan yang poluler saat ini. Sebagai contoh, ayam petelur yang diberi makan dengan minyak ikan menghasilkan telru yang diperkaya cukup banyak dengan asam lemak Omega3 yang bermanfaat. Hal yang sama juga dilakukan pada ayam yang diberi makan flax seed.Ketika telur-telur ini diberikan kepada 28 suka relawan pria untuk dimakan dalam jumlah 4 telur sehari selama 2 minggu, tidak ada perubahan yang tercatat dalam kolestrol mereka, tetapi kadar asam lemak Omega3 yang bermanfaat, EPHA dan DHEA dalam darah mereka meningkat sangat tinggi. Lagi pula para sukarelawan tidak mampu membedakan rasa antara telur dari ayam yang diberi makan dengan minyak ikan dan mereka yang diberi makanan standar.

Dalam usaha lainnya untuk meningkatkan kesehatan ayam dan telur-telur mereka, bakteri baik yang bermanfaat-lactobacillus acidophilus-diberikan pada ayam petelur selama 48 minggu. Produksi telur meningkat hingga hampir 10% dan kadar kolestrol dalam telur turun hingga mencapai 20%. Hal ini dikonfirmasi oleh penelitian-penelitian lainnya yang terpisah.

Sedikit peringatan mengenai telur.

1. Telur cenderung menjadi penyebab umum alergi makanan. Ibu yang sedang menyusui yang memakan telur dapat memicu gejala-gejala alergi pada bayi-bayi yang rentan sakit yang sedang meminum ASI. Sebagai contoh, telur dan babi dalam makanan seorang ibu, menyebab kan gejala alergi seperti muntah, diare, susah makan, rasa tidak enak pada anak lali-laki yang berumur 1 bulan yang meminum ASI.

2. Untuk menghindari bakteri photogenik ( bakteri penyebab penyakit ) yang cenderung berhubungan dengan telur-telur adalah dengan :

a. Memakan telur yang dimasak dengan matang. Dianjurkan untuk tidak pernah menambahkan telur mentah kedalam minuman kesehatan atau shake.Juga dianjurkan agar kita mengindari Caecar Salad dressing yang dibuat dengn telur mentah.

b. Memastikan bahwa kita memasak telur sampai kuningnya sudah menjadi keras. Mereka yang memakan telur mereka dalam bentuk telur mata sapi/ceplok/dengan kuning telur yang berair ada dalam resiko terkena salmonella yang lebih tinggi.

c. Telur-telur harus disimpan didalam bagian lemari es yang paling dingin dan disimpan dalam tempat asli mereka. Jangan simpan telur lebih dari 3 minggu.

3.Jika setitik darah ditemukan di dalam telur yang sudah dibuahi itu mungkin adalah suatu tanda bahwa embrio ayam sudah mulai terbentuk. Telur-telur yang memiliki titik darah didalam hukum makanan-makanan halal.

4. Mengingat telur ayam ada hubungannya dengan makanan ayam tersebut, maka dianjurkan aga rkita membeli telur yang didapat dari ayam kampung. Ayam kampung, seperti yang telah dicatat sebelumnya, tidak diberi hormon, antibiotik atau pestisida dan mereka biasanya diberi makan rumput atau padi-padian-semua faktor-faktor ini melengkapi nilai-nilai nutrisi didalam tubuh.

KESIMPULAN.

* Telur kurang bahaya bagi sistin vaskuler manusia dari pada yang dipercaya oleh banyak ilmuwan medis sebelumnya.

* American Cancer Society menyatakan telur memproteksi jantung dan stroke.
Dalam beberapa penelitian ditemukan 2-3 telur kampung sehari tidak menyebabkan kenaikan kolestrol dan trigliserid yang significan/bermakna, tetapi justru meningkatkan HDL/"kolestrolbaik" sehingga dapat mencegah serangan jantung.

*Pada kenyataannya justru kuning telur mengandung lecithin, cholline, vitamin, mineral dan anti oksidan.
( melihat kenyataan begitu banyaknya fungsi kuning telur, barangkali ini yang membuat Ayub menanyakan salah satu pertanyaan yang paling menarik yang ditanyakan dalam kitab Ayub " dapatkah makanan tawar dimakan tanpa garam ? Atau apakah putih telur ada rasanya ? Aku tidak sudi menjamahnya, semua itu makanan yang memualkan bagiku." ) ( Ayub 6 : 6-7 )

* Telur yang paling menyehatkan adalah dari telur dari ayam yang bergerak dengan bebasnya. ( free-range ) /ayam kampung, bukan dari ayam yang dipelihara/diternak secara komersial.

Bab Empat

LEMAK
(Fat)

"... sehingga kamu akan mengecapkesuburan tanah ini."
(You can enjoy the fat of the land)

[Kejadian 45:18]

"Segala lemak dari lembu, domba, ataupun kambing janganlah kaumakan."
[Imamat 7:23]

"Inilah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun di segala tempat kediamanmu: janganlah sekali-kali kamu makan lemak dan darah."
[Imamat 3:17]

"Karena setiap orang yang memakan lemak dari hewan yang dipergunakan untuk mempersembahkan korban api-apian bagi Tuhan, nyawa orang yang memakan itu haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya"
[Imamat 7:25]

Sejumlah pengkothbah telah mengatakan bahwa jika Tuhan mengatakan sesuatu satu kali, kita tentunya harus mendengarkan. Jika Ia mengatakanya dua kali, itu adalah tidak biasanya, berarti itu penting. Tetapi jika Ia mengatakannya berulang-ulang, artinya apa yang sedang Ia katakan amat sangat berarti untuk menunjang hidup kita. Salah satu contoh adalah pada saat Tuhan memberutahu umat-Nya untuk tidak memakan lemak. Pertama kali Ia menyampaikan hal ini dengan jelas melalui Musa:

"Inilah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kami turun-temurun di segala tempat kediamanmu: janganlah sekali-kali kamu makan lemak dan darah." (Im. 3:17)

Lebih dari itu, dalam perintah-Nya mengenai berbagai macam korban binatang, berulang-ulang Tuhan memerintahkan bahwa lemak yang melapisi organ-organ dalam harus dibakar bersama-sama dengan korban. "Segala lemak adalah kepunyaan Tuhan" (Im. 3:14-16; Kel. 29:13, 22).

Tetapi ada bukti penting bahwa prinsip ini - bahwa lemak bukanlah untuk manusia tetapi milik Tuhan - kembali lagi ke permulaan zaman. Di dalam Kejadian 4:4, kita membaca bahwa Habil membawa persembahan yang dapat diterima (lihat juga Ibrani 11:4) Pada persembahan itu, ia membakar lemak tersebut kepada Tuhan. Prosedur ini persis seperti prosedur yang disebutkan lebih dari 2000 tahun kemudian dalam hukum Musa. Oleh sebab itu, kelihatannya masuk akal untuk berpikir bahwa pedoman bagi persembahan yang diterima Tuhan diketahui oleh umat manusia sejak permulaan. Kemudian, ingat bahwa Nuh mengerti dengan jelas kenyataan antara daging-daging yang "bersih" dan "tidak bersih" bahkan sebelum air bahdan ratusan tahun sebelum Hukumnya diberikan. Karena kasus ini, manusia mungkin sudah mengerti larangan yang berhubungan dengan lemak sejak sebelum daging diberikan kepada mereka sebagai makanan.

Lemak yang tidak diperuntukkan sebagai makanan dapat dengan mudah dilihat pada penelitian akan hewan. Lemak tersebut adalah lemak yang terlihat sebagai lapisan di antara kulit dan jaringan otot dan yang membungkus organ-organ internal (dalam.
Mengapa Tuhan ingin menjaga umat-Nya untuk tidak memakan lemak binatang? Apakah karena Ia ingin menjauhkan mereka dari sesuatu yang rasanya enak?

Tentu saja tidak ! Sebaliknya, kita tahu bahwa "lemak pembungkus" ini adalah tempat bersarangnya parasit-parasit, virus-virus dan toksin-toksin yang lain. Oleh karena itu, memakan lemak ini akan membawa seseorang kepada zat-zat yang merusak dan penyakit infeksi yang postensial. Selanjutnya, kita juga tahu bahwa jenis lemak ini adalah long chain saturated fat ( lemak jenuh rantai panjang ) murni, yang berhubungan erat dengan sejumlah penyakit serius, termasuk penyakit jantung koroner dan kanker..Peintah Tuhan melarang untuk makan lemak hewan adalah bukti penjagaan Nya yang penuh kasih bagi umatNya dan paling tidak adalah satu alasan penting yang membenarkan pernyataanNya bahwa mereka yang memakannya akan di"lenyap"kan.

"Karena setiap orang yang memakan lemak dari hewan yang dipergunakan untuk mempersembahkan korban api-apian bagi Tuhan, nyawa orang yang memakan itu haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya" (Imamat 7:25)

Pada suatu saat didalam kitab Injil, perintah mengenai makanan ini tidak diikuti.Seperti yang telah diperintahkan Tuhan, para imam akan menerima persembahan dari umat.Lalu setelah membakar bagi Tuhan lemak pembungkus dengan organ-organ internal (dalam), imam tersebut akan mengambil porsi yang diberikan dan dapat diterima sebagai makanan mereka. Bagaimanapun, anak-anak Eli tidak mengikuti perintah khusus dari Tuhan. Meskipun kenyataannya Eli adalahh imam tinggi, anak-anaknya Hofni dan Pinehas "tidak mengenal Tuhan". Mereka menolak membakar lemak dan bahkan mengancam akan menggunakan kekerasan bagi orang-orang yang menegur.
"Dengan demikian sangat besarlah dosa kedua orang muda itu dihadapan Tuhan, sebab mereka memandang rendah korban untuk Tuhan" (1 Samuel 2 :17)

Pada akhirnya Tuhan menghadapkan Eli dengan dosa didalam rumah tangganya, menuduh mereka membuat diri mereka "menggemukkan diri dengan bagian terbaik dari setiap korban sajian umat Israel"(ayat 29) Dan itulah yang benar-benar mereka lakukan secara harafiah. Dalam masa kehidupan Eli kemudian, ia menjadi buta dan sangat gemuk.Suatu hari ia mendengar berita bahwa Tabut Perjanjian Allah dirampas oleh orang-orang Filistis, dan ia jatuh kebelakang dari kursinya, sehingga lehernya patah, "Sebab telah tua dan gemuk orangnya" ( 1 Samuel 4:18)

SEMUA LEMAK TIDAK DICIPTAKAN SAMA

Untuk menghargai kebenaran dan kebijaksanaan akan perintah Tuhan, kita membutuhkan sebuah pengertian dasar akan ilmu kimia mengenai lemak. Bagian ini akan menjadi sedikit teknis, tetapi bertahanlah, karena sekali hal ini dipahami, potong-potongan puzzle yang berhubungan dengan lemak, perbedaan jenis-jenisnya dan kolestrol akan membuat kita mengerti semakin jelas.

Lemak ditunjukkan didalam biokimia sebagai lipid, Ini tidak hanya mengandung lemak (yang menjadi padat pada suhu ruangan) tetapi juga minyak (yang cair pada suhu ruangan).Selama bertahun-tahun, banyak orang yang memiliki profesi dalam pelayanan kesehatan telah memberitahu pasien-pasien mereka bahwa "lemak adalah lemak" dan telah memperingatkan mereka untuk tidak memakannya, tidak peduli jenis apapun "Semua lemak adalah sama, dan semuanya buruk," kata mereka. Sebuah brosur yang dicetak oleh seorang pengolah daging sapi menyatakan, "baik anda memakan lemak didalam ayam, ikan, minyak goreng, mentega, susu, ataupun produk lain, kalori lemaknya adalah sama."

Tetapi menurut Firman Tuhan, tidak semua lemak adalah sama. Kenyataannya, dengan melihat pada Alkitab, kita menemukan bahwa ada 5 jenis lemak yang berbeda, yaitu :

* Lemak yang ada secara natural didalam makanan yang terbuat dari tanaman, seperti zaitun. Lemak ini selalu berbentuk minyak dan ditunjukkan didalam kitab Injil pada banyak bagian didalam Alkitab, minyak ini dapat dimakan secara bebas.

* Butter ( mentega ). Dibuat dari lemak susu dari lembu, domba, atau kambing dan didalam Alkitab diperbolehkan dimakan.

* Minyak ikan. Bentuk lemak ini ada secara natural didalam ikan dan diperbolehkan.

* Lemak Unggas. Unggas didalam Alkitab berkeliaran bebas atau liar, dan unggas ini kurus. Lemak yang ada secara natural dalam hewan-hewan yang seperti itu diperbolehkan.

* Lemak dari hewan berdaging merah yang dipelihara (sapi, domba, dan kambing) dilarang (lapisan lemak diantara otot dan kulit dan lemak yang melapisi organ-organ dalam)

Tuhan tidak melarang untuk memakan lemak dari rusa, mungkin karena rusa tidak dipelihara dan. oleh sebab itu, kurus.

Oleh karena itu ingatlah tiga prinsip pemilihan makanan (lemak)

PRINSIP I

Makanlah jenis lemak yang dirancang Tuhan sebagai makanan.
" you can enjoy the fat of the land"-Kejadian 45:18

Tuhan merancang asam lemak SHORT CHAIN (rantaipendek) atau DOUBLE BOND (ikatan ganda) menjadi lemak :

* OLIVE OIL (minyak zaitun)
Minyak saitun adalah salah satu tanda kasih dan kepedulian Sang Perancang untuk umatNya kepada Musa berkata kepada Israel :

"Sebab Tuhan, Allahmu, membawa engkau masuk kedalam negeri yang baik... suatu negeri dengan gandum dan jelainya, dengan pohon anggur, pohon ara, dan pohon delimanya; suatu negeri dengan minyak zaitun (KJV) dan madu" ( Ulangan 8 : 7.8)

Minyak Zaitun = Olive Oil

~ Minyak dan pohon zaitun dalam Alkitab: Simbol BERKAT. (Ulangan 7: 13, Hakim-Hakim 9 : 8-13)

~ Digunakan untuk memasak.

~ Orang Yunani mengkonsumsi banyak minyak zaitun sehingga menyebabkan insiden pengerasan pembuluh darah arteri berkurang.

Tuhan telah menyediakan lemak yang benar, sehat, terutama untuk pembuluh darah, kepada umatNya sejak ratusan tahun yang lalu.

~ "In this mountain shall the Lord of host make unto the people a feast of FAT things".

Terjemakan Alkitab terbaik untuk "FAT" dalam ayat ini adalah OLIVE OIL.

~ Telah dibuktikan, olive oil sangat menyehatkan.

~ Mengandung zat-zat anti kanker

~ Membuat kerja/kontraksi jantung lebih efisien.

~ Mempercepat kesembuhan atherosclerotic plaque

~ Menurunkan resiko serangan jantung (heart attack)

* Biji-bijian ( padi-padian polong-polongan, kacang-kacangan ) dan produknya : minyak kayu, kedelai, bunga matahari.

* BUTTER (mentega)

Butter (mentega) pertama kali disebutkan, didalam Alkitab pada saat Abraham memberikannya kepada malaika-malaikat yang mengunjunginya.

"Kemudian diambilnya dadih (butter,KJV) dari susu serta anak lembu yang telah diolah itu, lalu dihidangkannya didepan oran-orang itu; dan ia berdiri didekat mereka dibawah pohon itu, sedang mereka makan" (Kej 18:8)

Jelaslah, jika Abraham memberi makan mentega kepada tamu istimewanya, itu adalah sesuatu yang dimakannya sendiri. sebagai tambahan, beberapa sumber Alkitab yang lainnya menyebut mentega sebagai bagian dari makanan umat Allah (contoh: Hakim-Hakim 5 : 25; Amsal 30 : 33 ) Yesaya menubuatkan bahwa Mesiaspun memakan butter.

"Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Immanuel.Ia akan makan dadih ( butter, KJV) dan madu sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik." ( Yesaya 7:14-15)

* DAGING BAGIAN DALAM
/has pada sapi.

(bukan cover fat atau suet = lemak pada pangkal paha dan punggung )

Kita sering mengkambinghitamkan lemak sebagai penyebab obesitas atau timbulnya penyakit, padahal sebenarnya lemak dibutuhkan oleh beberapa fungsi penting didalam tubuh manusia. Dengan lemak, jutaan sampai miliaran sel tersebut dapat terbentuk sempurna sehingga tubuh mampu mengatur keluar masuknya sat-sat gizi, hormon, dan zat-zat penting lainnya.

Lemak adalah cadangan penyimpanan kelebihan kalori yang berasal dari protein dan karbohidrat. Lemak baru akan menjadi bencana jika kualitas dan kuantitas yang dikomsumsi tidak sesuai dengan kebutuhuna tubuh.

KUANTITAS : Manusia dewasa membutuhkan hanya 20-30 g/hari.

KUALITAS :

* Lemak jenuh (saturated); tidak mempunyai ikatan ganda:

~ Jika kadar asam lemak jenuhnya lebih besar dari pada yang tidak jenuh.

~ Dikenali dari bentuknya yang padat pada suhu ruang.

~ Kebanyakan berasal dari hewan (kecuali minyak kelapa dan minyak sawit)

~ Minyak yang telah digunakan berkali-kali untuk menggoreng.

~ Karena proses hidrogenasi (minyak tidak jenuh menjadi marganin).

* Lemak tidak jenuh (unsaturated); mempunyai ikatan ganda :

~ Jika kadar asam lemak tidak jenuhnya lebih besar dari pada yang jenuh.

~ Tetapi cari pada suhu ruang tidak bisa stabisl, sehingga mudah tengik.

~ Kebanyakan berasal dari biji-bijian, sayur-sayuran (kecuali bagian dalam/has pada sapi).
contoh : minyak sayur, kacang-kacangan, jagung, kedelai, bunga matahari, wijen, zaitun.

~ Sesuai dengan rancangan Tuhan.

Lemak konsep #1: Semakin panjang rantainya, semakin keras lemaknya.

Selanjutnya, semakin panjang rantainya semakin sulit lemak mencair dan semakin sulit tubuh mencerna dan memanfaatkannya. Semua lemak tidak diciptakan sama. Mentega, meskipun kenyataannya ada lemak jenuh, tidak berbahaya bagi kesehatan kita, karena rantainya pendek. Tidak ada penelitian yang sudah diterbitkan pernah melibatkan mentega sebagai makanan yang secara langsung berbahaya bagi kesehatan. Sebaiknya, telah diketahui dengan jelas, bahwa asam lemak long-chain saturated ( asam lemak jenuh rantai panjang ) memiliki efek atau akibat merusak bagi kesehatan kita, termasuk hubungannya dengan :

~ Kanker usus besar, payu dara dan prostat

~ Penyakit jantung koroner

~ Kolestrol darah yang meningkat

~ Stroke

~ Kegemukan ( obesitas )

~ Kencing manis ( diabetes miletus )

~ Batu ginjal

Tuhan tidak melarang penggunaan mentega, yang adalah lemak short-chain saturated (lemak jenuh rantai pendek), tetapi Ia melarang umatNya melarang makanan yang kandungan lemak long-chain saturated (lemak jenuh rantai panjang)-nya tinggi dan merupakan penyebab penyakit.

Apakah arti saturated (jenuh) bagi kita ? Ingatlah bahwa karbon perlu membentuk 4 ikatan supaya stabil. Didalam asam lemak, karbon membentuk 2 ikatan dengan karbon disebelahnya didalam rantai; ini disebut ikatan rangkap. Asam lemak yang tidak memiliki ikatan rangkap disebut saturated karena asam lemak nya saturated dengan hidrogen yang memiliki ikatan rangkap diantara karbon-karbon disebut unsaturated (tidak jenuh)

Asam lemak yang unsaturated diklasifikasikan berdasarkan seberapa banyaknya ikatan rangkap antara karbon-karbon yang mereka miliki, jika mereka hanya punya 1, mereka dikelompokan sebagai asam lemak monounsaturated (asam lemak tidak jenuh tunggal); jika mereka memiliki 2 atau lebih, mereka disebut polyunsaturated ( asam lemak tidak jenuh ganda)

Marilah kita terlebih dahulu melihat kepada asam lemak monounsaturated yang paling umum yaitu asam oleat

Asam Oleat memiliki 18 karbon dan satu ikatan rangkap. Umumnya ditemukan didalam minyak zaitun. Perhatikan, karena ada ikatan rangkap diantara dua karbon, masing-masing kurang satu ikatan dengan hidrogen. Oleh sebab itu, asak lemaknya adalah mono (yang adalah satu kali) unsaturated(tidak jenuh).Ikatan rangkap membuat asam lemak menjadi "lebih lembut" dan lebih mungkin brsifat seperti minyak dari pada seperti lemak, yang menjadi padat pada suhu ruangan. Efek ini begitu penting sehingga bahkan asam lemak yang memiliki 18 karbon seperti oleat lebih cari didalam suhu ruangan karena unsaturated daripada asam butirat yang memiliki 4 karbon yang lebih pendek, tetapi saturated seperti mentega. Ini membawa kita kepada lemak konsep #2.

Lemak konsep #2: Bahkan Lemak yang berantai Panjang adalah cair jika unsaturated/tidak jenuh

Konsep ini mendahului konsep #1.

Sekarang marilah kita melihat beberapa asam lemak lagi. Mereka ini adalah asam lemak polyunsaturated karena mereka memiliki banyak (dua atau lebih( ikatan rangkap. Yang pertama adalah asam linoleat.

Karena ikatan rangkap yang pertama muncul pada karbon yang keenam, asam ini juga dikelompokkan sebagai asam lemak pmega-6. Sumber minyak Omega-6 yang paling baik adalah minyak dari biji safflower, sunflower (bunga matahari), evening primrose, borage, dan biji black current.

Selanjutnya, kita melihat bahwa asam linoleat memiliki 3 ikatan rangkap, yang pertama muncul pada karbon yang ketiga, yang membuatnya menjadi asam lemak-3.

Sumber asam lemak Omega-3 yang paling kaya dialam adalah minyak flax seed, minyak ikan yang hidup diair yang dingin, dan minyak canola (rapeseed).

Berbeda dengan asam lemak long-chain saturated ( asam lemak jenuh rantai panjang), asam lemak yang mono dan polyunsaturated (asam lemak tidak jenuh tunggal dan jamak) telah dihubungkan dengan perlindungan atas penyakit. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa minyak ikan, yang berhubungan dengan minyak pmega-3 (asam linoleat), memiliki efek yang berkali lipat menguntungkan, termasuk:

* Pencegahan heart dysrythmia (ketidakberaturan denyut jantung), terutama venticular fibrillation (penyebab kematian pada kira-kira 1/2 dari mereka yang meninggal karena penyakit jantung ).

* Menghancurkan gumpalan-gumpalan, mengurangi resiko penyakit jantung.

* Memperlambat pertumbuhan plak dipembuluh darah arteri.

* Meningkatkan pembuatan nitroglycerin alami untuk membuat pembuluh darah jantung tetap terbuka.

* Menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

* Memperlambat produksi kolesterol yang "buruk".

* Menurunkan tekanan darah.

* Pertahanan melawan kanker usus besar.


CLAEN AND UNCLEAN FATS ( LEMAK 'BERSIH' DAN "TIDAK BERSIH")

"... Janganlah memakan sesuatu yang menjijikkan " ("... Do not eat any detestable thing") - (Ulangan 14:3)

Jadi, hanya lemak dalam daging binatang yang bersih/halal (clean animals) yang menyehatkan.

"... You must not eat any fat or any body." ( Imamat 3 : 17 )

Yang dimaksud adalah:

* Lemak dari unclean animals (binatang yang "tidak bersih").

* Cover fat clean animals (lemak yang terletak antara kulit dan otot binatang bersih )

Lemak-lemak jahat ini bisa kita lihat waktu seorang ahli patologi memeriksa/membuka jantung pasien yang meninggal karena sakit jantung.

"Hati mereka tebal seperti lemak". ( Mazmur 119:70)

"Their heart is as fat as grease". (KJV)

"Jantung mereka sangat berlemak seperti pelumas"

LEMAK TERLARANG ILAHI.

* Imamat 7 : 22-26: Larangan makan darah dan lemak.

* Imamat 7 : 23 " Segala lemak dari lembu, domba, ataupun kambing janganlah kamu makan."

ALKITAB menyatakan bahwa kita jangan makan lemak sapi, domba, atau kambing janganlah kamu makan."

= lapisan lemak diantara otot dan kulit.

= lemak yang melapisi organ-organ dalam.

* Ingat ! Meskipun Alkitab katakan sapi, domba, kambing adalah bersih/halal, tetapi tetap jaringan-jaringan tertentu seperti lemak ini dan darah dinyatakan tidak bersih.

Lemak ini merupakan lemak terkeras pada suhu ruangan dan sangat jenuh dan paling toksik untuk tubuh manusia (hard fat )

Meningkatnya kadar lemak ini didalam tubuh dapat mengakibatkan:

* Vascular disease ( penyakit pembuluh darah )
* Breast cancer ( kanker payudara )
* Colon cancer ( kanker usus besar )
* Prostat cancer ( karker prostat )
* Other chronic disease ( penyakit kronis lainnya )

Semakin banyak kandungan lemak dalam makanan seorang wanita, semakin tinggi kemungkinan terkena kanker payudara. Jadi, adalah sesuatu yang baik untuk membatasi asupan lemak untuk mengurangi peluang terjadinya kanker payudara tersebut.

Olahraga tampaknya bisa menurunkan risiko kanker payudara. Berjalan kaki 30 menit 3 kali seminggu hanyalah suatu harga yang murah untuk dibayar untuk mencegah kanker ini.

Mengapa lemak ini berbahaya ?

* Lemak, tempat penyimpanan toksin dan parasit. Toksin ditemukan dalam lemak semua binatang yang kita makan: DDT, insektisida, herbisida, antibiotika, hormon-hormon dan berbagai zat-zat kimia yang dimakan, dihirup, dijamah binatang tersebut.

* Hormon DES ( diethylstilbestrol) ditarik dari pasaran, menyebabkan kanker vagina dan cervic pada anak-anak perempuan dari wanita-wanita yang menerima obat ini untuk mencegah keguguran.

* DES disuntikkan kedaging lembu sehingga berat badan meningkat & disimpan dijaringan lemak.


* Hormon-hormon lain bersama dengan makanan-makanan tertentu dapat menyebabkan kanker. Ditemukan dalam konsentrasi tertinggi didalam lemak yang menutupi daging.

Lemak ini sering ditambahkan pada ground beef dan produk-produk lain, seperti : sosis, kornet, dan produk-produk daging olahan lainnya.

Allah melarang memakan lemak keras yang melapisi binatang-binatang ini. Ia tidak melarang lemak yang ditemukan didalam butter/mentega, ikan, unggas, atau lemak yang muncul secara alami dalam makanan seperti kacang-kacangan dan zaitun. Alasannya adakah karena Ph.D Biokimia yang asli mengerti perbedaan antara kelima sumber lemak ini. Tetapi sebagi ganti menjelaskannya kepada umatNya ( yang tidak akan menegrti apa yang sedang Ia bicarakan sekitar 3000 tahun yang lalu ), Ia dengan sederhana memerintahkan mereka untuk menjauhkan diri dari makanan-makanan seperti itu yang akan sangat merusak , yaitu asam lemak yang long-chain saturated (asam lemak jenuh rantai panjang) ini. Manusia pada akhirnya akan mengerti sebabnya, tetapi sambil menunggu sampai mereka mengerti, mereka perlu memegang Firman Allah.

Saat ini, kita masih perlu memegang firmanNya. Tetapi sekarang kita mampu mengerti paling tidak sebagian yang telah diketahui oleh Sang Pencipta: asam lemak yang berbedalah yang membuat kelima jenis lemak tersebut diatas.

Asam lemak membangun balok bagi semua lemak. Seperti yang mungkin kita tahu, mereka dikelompokkan sebagai saturated (jenuh), monounsaturated (tidak jenuh tunggal), dan polyunsaturated (tidak jenuh ganda).Supaya kita mengerti perbedaannya, kita perlu melihat struktur kimia asam lemak.

Semua asam lemak dibuat hanya oleh 3 elemen: karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbon saling berhubungan didalam rantai. Hidrogen menempatkan dirinya pada atom-atom karbon dilokasi yang tersedia. Kita dapat mengingat-ingat dari kelas pelajaran kimiakita bahwa karbon ditempatkan di golongan keenam didalam tabel periodik. Karbon tidak ingin muncul sendiri.Karbon perlu membentuk 4 ikatan dengan elemen lain supaya stabil (ini sangat penting ).

PRINSIP II

Makanlah lemak sebagaimana Allah ciptakan, sebelum lemak itu diubah menjadi sesuatu yang manusia pikir lebih baik.

"Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah AKAN Tuhan dan jauhilah kejahatan; itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu (health for yuor body) dan menyegarkan tulang-tulangmu (nourishment for your bones)" -- Amsal 3 : 7.8

Hati-hati dengan minyak yang clear, "white", odorless; minyak itu adalah tasteless killers.

Sayangnya manusia tidak puas makan "the fat of the land" sebagaimana Allah ciptakan untuk dimakan. ("you can enjoy the fat of the land"-Kejadian 45:18). Dengan menganggap diri sendiri bijak dipemandangan mata kita sendiri, kita telah "mematikan" lemak yang Allah ciptakan untuk membawa kesehatan dan makanan untuk tubuh kita, sehingga membuat banyak dari lemak-lemak itu menjadi berbahaya.

Contoh:
  • Proses pembuatan dari grain & nuts (padi-padian dan kacang-kacangan) menjadi clear cooking oil (minyak goreng yang sudah menjadi bersih/bening) menggunakan zat-zat kimia, pemanasan, udara, dan hidrogen menjadi asam lemak yang telah berubah (denatur) dan tengik (rancid)
  • Vegetable oil menjadi margarine, sehingga terjadi kehilangan zat-zat yang bergizi/nitrient

Penelitian:
  • Sekelompok orang makan margarine.
    Hasilnya : Pembuluh darah mereka penuh dengan asam lemak yang berbahaya sebagaimana memakan cover fat (suet) binatang.
  • Sekelompok lainnya makan hanya lemak yang secara natural ada pada asam lemak yang ditemukan pada zaitun, alpukat, dan butter/mentega.
    Hasilnya: tidak berbahaya.

KONSEP:
  • Pemrosesan sederhana saja, menjadi fresh unrefined oil (minyak yang masih dalam tahap belum mengalami pemrosesan sepenuhnya), kualitas tertinggi minyak tersebut-semua protein, serat, mineral, vitamin, dan lain-lain-yang ada dalam biji-bijian hilang dan juga menghasilkan molekul toksik hasil pemecahan dan perubahan molekul-molekul asam lemak.
  • Pemrosesan sepenuhnya, menjadi refined white oil (minyak yang sudah mengalami pemrosesan lengkap dan panjang), terjadi kehilangan seperti tersebut diatas dan toksisitas tinggi.

BAHAN-BAHAN MAKANAN YANG MERUSAK:
  • ASAM LEMAK TRANS

    Apakah anda menyukai butter (mentega) tetapi menghindarinya karena anda dengar mentega buruk bagimu ? Apa yang anda gunakan sebagai gantinya ? Anda mungkin menggunakan margarine. Beberapa restoran, mencoba "sadar akan kesehatan jantung", tidak lagi menyajikan butter, sepenuhnya menggantikannya dengan "alternatif sehat". margarin.

    Butter (mentega) telah diberi reputasi buruk oleh karena mentega berasal dari susu/binatang sehingga mentega telah dituduh tidak menyehatkan. Sebagai gantinya, dibuat margarine yang bahan dasarnya minyak sayur yang ditawarkan sebagai "alternative yang menyehatkan". Padahal kenyataannya adalah sebagai berikut :

    MARGARINE: rendah lemak , rendah kolestrol, atau rendah kalori.
  • Minyak tak jenuh melewati proses hidrogenasi dan dengan lemak hewan/jenuh lalu menjadi padat seperti MENTEGA(jenuh)
    (Semakin mirip tekstur & warnanya dengan mentega penambahan lemak hewan semakin tinggi)
  • Pembuatannya menggunakan:
    • Gas Hidrogen
    • Pewarna
    • Aroma
    • Pengawet sintetis
  • Kolestrol dan tribliserida meningkat.

Apakah Allah memberikan mentega kepada manusia sebagai makanan ? Ya. Apakah mentega yang kita miliki saat ini sama dengan mentega yang asli yang Ia berikan kepada kita ? Lagi, jawabannya ya.
Apakah kita memakan mentega lebih dari yang kita butuhkan ? Mungkin, lebih dulu dihubungkan dengan memakan terlalu banyak kalori. Ada 11 gram lemak didalam 1 sendok makan mentega. Tetapi masalahnya adalah bukanpada mentega itu sendiri, dan menggantikannya dengan margarin bukanlah jawaban.

Sebelum tahun 1920, walaupun kenyatannnya makanan khas Amerika cukup kaya dengan kolestrol dan lemak binatang, termasuk mentega, kematian akibat penyakit jantung sangat jarang sehingga memiliki nama atau pengenalan kedokteran. Pada akhir tahun 1920-an setelah pengenalan akan minyak sayur untuk margarin, penyakit jantung koroner mulai bermunculan, Apakah inisuatu kebetulan ? Rasanya tidak.

Margarin terbuat dari minyak sayur: biasanya minyak safflower, minyak bunga matahari, atau minyak jagung. Kenyataannya, kita tidak bisa hanya mengambil minyak-minyak ini dan mengoleskannya diatas roti kita karena minyak-minyak ini dan mengoleskannya diatas roti kita karena minyak-minyak ini bentuknya cair. Alasan bahwa mereka cair, adalah bahwa mengandung asam lemak polyunsaturated yang tinggi, terutama asam linoleat (omega-6). Sebaliknya, mentega, seperti yang anda ingat, adalah sepenuhnya lemak saturated. Dengan demikian, untuk "mengeraskan" minyak sayur untuk membuatnya lebih seperti mentega, minyak tersebut harus dibuat lebih saturated dengan hidrogen.Proses ini disebut hidrogenasi.

Untuk menambahkan hidrogen kepada asam linoleat, minyak dimasak didalam suhu yang tinggi dan tekanan dengan adanya hidrogen. Beberapa ikatan rangkap menjadi pecah dan menyebabkan hidrogen masuk kedalam tempat yang kosong disekitar atom-atom karbon.

Kelihatannya seperti asam oleat (minyak zaitun). Dan kita tahu bahwa asam oleat baik bagi kita, sehingga harusnya asam ini baik. Sebenarnya, asam ini tidak baik. Didalam asam oleat yang dibuat manusia dan terhidrogenasi, hidrogen ada pada sisi yang bertantangan pada ikatan rangkap, membuatnya menjadi asam lemak trans ("seberang").

Apa artinya ini ? Ketika Allah merancang asam lemak, ia hanya membuat asam lemak cis. Asam lemak trans tidak ditemukan dialam didalam jumlah yang bermakna. Tubuh manusia tidak dirancang untuk memanfaatkannya!!!

Hal ini sangat serius, karena asam lemak cis sangat penting bagi kesehatan kita. Diantara fungsi-fungsi lainnya, mereka adalah bagian dari dinding-dinding setiap sel-sel didalam tubuh manusia. Asam lemak trans bekerja dalam cara yang salah; mereka tidak "cocok" berada ditempat yang dirancangkan bagi cis mereka. Jadi, asam lemak trans menjadi ancaman bagi kesehatan kita. Sebagai contoh, tingkat asam lemak trans yang meningkat telah ditemukan didalam kumpulan lemak pada wanita dengan kanker payudara,. Didalam percobaan laboratorium pada tikus, margarin ditemukan dapat meningkatan pertumbuhan tumor payudara, sedangkan mentega tidak.

Catatan: Apapun yang mengandung minyak yang tergidrogenasi atau minyak yang sebagian terhidrogenasi akan mengandung asam lemak trans.

Ketika meneliti penyakit jantung, penelitian sekarang menunjukkan bahwa asam lemak trans bersifat hampir saperti lemak saturated. Mereka menaikkan LDL-Low Density Level-(kolestrol "Buruk") dan menurunkan HDL-High Density Level-(kolestrol "Baik"). Mempertimbangkan perubahan-perubahan ini,, sebuah penelitian mengenai pria memprediksikan kenaikan sebanyak 27% akan resiko penyakit jantung bagi mereka yang mengkonsumsi asam lemak trans. Dan sesungguhnya, sebuah penelitian menemukan bahwa resiko dari first myocardinal infarction (penyakit jantung infark) secara langsung sebanding dengan pemasukan asam lemak trans dan margarine.

Dalam penelitian lain, wanita Itali yang memiliki pemasukan margarin yang cukup tinggi memiliki kenaikan penyakit jantung sebanyak 50%. Dan, didalam suatu penelitian yang terkenal, yang mengikutsertakan lebih dari 85.000 wanita, "pemasukan" akan asam lemak trans secara langsung berhubungan dengan risiko penyakit jantung koroner.Korelasi ini juga tercatat diantara setiap sumber makanan utama untuk asam lemak trans, termasuk margarin, biskuit, kue, dan roti putih.

Bukankah ironis bahwa publik diberitahu bahwa pengganti mentega seperti margarin harus dimakan supaya menurunkan kolestrol seseorang dan risiko penyakit jantung ? Kebalikannya, adalah benar!. Dilihat dari beberapa ayat didalam Alkitab, kelihatannya Allah memandang bahwa mentega/butter/dadih baik.(baca Kejadian 18:8, Hakim-hakim 5 : 25, dan Yesaya 7:15)

MEMASAK DENGAN LEMAK/MINYAK.

Sesuatu yang baik dari asam lemak tidak jenuh (polyunsaturated fattyacids/PUFAs) adalah kemampuan mereka menjaga kita dari penyakit jantung, kanker, dan beberapa penyakit lainnya. Tetapi ada sesuatu yang tidak baik untuk dilakukan pada PUFAs, yaitu dimasak.

Karena cinta mereka pada oksigen dan electron, asam lemak polyunsaturated sangat-sangat tidak stabil dan perlu dijaga. Itulah sebab nya Sang Pencipta dengan hati-hati menempatkan mereka didalam biji-bijian. Ikatan rangkap mereka yang banyak membuat mereka benar-benar mudah diserang oksidasi, proses yang membuat makanan menjadi tengik. Memasak, terutama menggoreng, mencemari minyak PUFAs ini bukan saja dengan oksigen tetapi juga dengan sinar dan panas yang kuat.

Ingatlah proses hidrogenasi dan kerusakan yang dibuatnya pada minyak-minyak ini. Sama dengan, ketika kita memasukkan minyak yang kaya dengan Omega-3 dan omega-6 ini kedalam penggorengan dan memanaskan mereka, Anda juga bermaksud merusak mereka. Sebagau contoh, minyak sayur yang kaya PUFAs, ketika dipanaskan didalam sebuah alat masak (misalnya kuali), menghasilkan varietas zat-zat yang beracun, termasuk benzene, acrolein, dan formaldehyde. Itulah sebabnya menggoreng dengan minyak yang banyak dan panas yang kuat (deep fried) adalah benar-benar buruk dalam perspektif yang bersangkutan dengan gizi. Donat, kentang goreng, chicken finger - sebutkan saja satu persatu, dan para ahli gizi sekarang ini akan mulai menutupi telinga mereka dan terengah-engah kekurangan udara.

Jangan merusak minyak sayur yang kaya akan PUFAs yang sensitif dengan menggunakan mereka untuk memasak. Sebaliknya gunakanlah mentega atau minyak zaitun. Minyak-minyak ini, karena penyerapan mereka leih besar, lebih stabil dalam panas. Di Timur Tengah, minyak zaitun biasanya menggantikan mentega dan digunakan secara umum untuk memasak makanan Minyak canola adalah pilihan yang ketiga untuk memasak, walaupun tidak terlalu baik karena kandungan akan PUFAs yang meningkat dan karena sulit menemukan minyak canola yang tidak diproses.

Proses memutihkan minyak sayur-umumnya dilakukan untuk membuat mereka bening seperti kristal dan tidak ada rasanya-adalah dengan memasukkan mereka kedalam panas yang tinggi dan proses kimia yang benar-benar merusak mereka. Seharusnya minyak sayur, sekali diangkat dari sumber makanan alam mereka, harus disimpan didalam lingkungan yang dingin sepertu lemari es dan didalam botol yang gelap yang tidak dapat ditembus cahaya. Ini benar-benar berlawanan dengan merk-merk yang anda temukan di rak-rak makanan di supermarket.
KONTROVERSI KOLESTROL

Banyak penelitian yang telah menghubung-hubungkan tingkat kolestrol dalam darah dengan penyakit jantung koroner. Seseorang dapat menurunkan risiko penyakit arteri koroner kira-kira 1 persen dari setiap point kolestrol yang berkurang. Dengan mengurangi tingkat kolestrol akan meningkatkan aliran darah didalam arteri koroner yang mengandung plak.Juga, menurunkan kolestrol cenderung menjaga arteri supaya tidak menjadi mengeras dan menstabilisasi plak. membuat kemungkinan sobek berkurang.

Dengan demikian, rekomendasi yang kuat dan konsisten sudah berdatangan dari komunitas dokter/medis, memperingati para pasien mengenai bahaya kolestrol. Industri pangan mendengung-dengungkan , dengan mengiklankan makanan dengan menyebutnya "rendah kholestrol'. Sebagai akibatnya, banyak orang harus bekerja keras untuk benar-benar menekan pemasukkan makanan berkolestrol mereka.

Masalahnya adalah, jika hanya menurunkan, kolestrol dalam makanan cenderung tidak banyak mempengaruhi tingkat kolestrol didalam darah. Hal ini disebabkan karena kebanyakan kolestrol didalam darah diproses didalam hati.Itu tidak terbuat dari kolestrol makanan, tetapi dari lemak hewani berantai panjang.

Dengan demikian, jika terlalu banyak lemak binatang yang jenuh berantai panjang didalam makanan, tingkat kolestrol akan meningkat dengan sendirinya. Lemak-lemak ini adalah lemak-lemak yang sama seperti yang diperintahkan Allah untuk disingkirkan dari memakan daging dari binatang yang "bersih" . Sekali lagi, kita melihat manfaat mengikuti kebijakan Pencipta kita dengan menghindari lemak binatang yang keras. Dengan demikian janganlah khawatir mengenai kontroversi kolestrol. Sebagai gantinya, singkirkan/jauhkan pemasukan lemak jenuh berantai panjang, yaitu lemak binatang. Dengan melakukannya, kita sedang mengikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan didalam Firman.
PRINSIP III

HINDARI KETAGIHAN LEMAK

Lemak, adalah salah satu dari empat jenis makanan yang biasanya sangat disukai dan membuat ketagihan bersama dengan gula, kopi, dan garam.

Industri makanan, mengerti bahwa manusia suka taste/rasa lemak. Itu sebabnya, mengapa banyak makanan digoreng dengan minyak yang banyak dan panas (deep fried)

Roasted nuts (kacang-kacangan yang telah diolah dan dibumbui) dan Potato chips mengandung lemak terhidrogenasi (hydrogenated fats)

Industri fast food, menjual hampir semua produknya yang mengandung:
  • Jumlah lemak yang banyak (biasanya jenuh, terhidrogenasi, digoreng, tengik, diputihkan, dipaparkan udara dan cahaya)
  • Jumlah garam yang banyak.
  • Jumlah gula yang banyak.
  • Kopi.

Banyak diantara kita mempunyai cukup banyak lemak-lemak yang berbahaya dalam tubuh kita. Organ-organ tubuh tersebut seharusnya dipisahkan/ditiadakan dari zat-zat yang merusak tersebut.

Saat lemak dan karbohidrat yang terbakar menghasilkan begitu banyak "percikan api" dan api masuk, begitu pula banyak "tumpahan zat kimia" dan sampah-sampah dalam sel-sel tubuh kita, sehingga organ-organ tubuh ini perlu recover (pemulihan) yang membutuhkan waktu dalam membersihkan/mengeluarkan sampah-sampah ini dan memperbaiki kerusakan yang diakibatkannya. Pusat menyediakan istirahat yang dibutuhkan ini !

Lemak yang menyehatkan berlimpah, dan ditemukan dalam berbagai makanan yang belum diproses yang Allah ciptakan sebagai makanan karena Allah telah berjanji kepada umatNya:

"You can enjoy the fat of the land" (Kejadian 45:18)
BUTTER & AVOCADO
  • BUTTER = mentega
  • asal lemak jenuh.
  • mengandung kolestrol
  • kadar kolestrol & lemak jahat (trigliserida, LDL) tidak meningkat.
    minyak zaitun & butter dicerna seperti karbohindat kompleks,
  • GOOD FOOD, jika dimakan tak berlebihan.
    AVOCADO = alpukat
  • Baik untuk kesehatan jika dimakan tak berlebihan
  • mengandung lemak, tetapi lemak yang tak membahayakan, mengandung serat dan zat-zat gizi.

KESIMPULAN

ENJOY/NIKMATI:
  • Segala macam lemak dalam makanan yang diciptakan Allah sebagai makanan-kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, buah , sayur -menyehatkan.
  • Mentega murni & minyak cair yang belum disuling yang telah terproteksi dari udara, cahaya, pemanasan dan bahan kimia ==> terbukti lebih baik dari minyak yang diekstraksi secara kimia.
  • Minyak terbaik untuk memasak adalah EXTRA VIRGIN OLIVE OIL/COLD-PRESSED OLIVE OIL.
  • Bahkan lemak yang ditemukan dalam daging (marbled flesh) dari binatang-binatang yang "bersih/halal", burung atau ikan -menyehatkan.
  • Buatlah makanan yang terbuat dari tanam-tanaman sebagi dasar dari makanan. Minyak-minyak dalam mereka yang muncul secara alami benar-benar dapat diterima, bahkan diperlukan, untuk kesehatan yang optimal. Menambahkan flax seed yang mentah atau langsung diambil dari tanah kedalam makanan anda kapanpun dalam waktu yang memungkinkan akan menyediakan sumber minyak omega-3 yang berharga.
  • Makanlah ikan sebebas-bebasnya, juga untuk mengambil minyak Omega-3 yang berharga. Ikan yang terbaik adalah yang "bersih" ( yang bersirip dan bersisik, baca bab III) dan langsung ditangkap atau yang beku dilaut.
  • Makanlah daging merah yang "bersih" saja yang rendahlemak, selama tidak berlebihan,
  • Jika resepnya membutuhkan lemak gunakan minyak zaitun.
  • Jika Anda harus menggunakan sumber lemak, gunakan minyak zaitun atau mentega, Canola adalah alternatif ketiga.

AVOID/HINDARI:
  • Hampir semua minyak cair karena mereka telah sangat dirusak dengan membuang nutrien-nutrien/zat-zat gizi dan menambahkan zat-zat kimia selama proses yang terlalu panjang.
  • Hindari daging binatang yang telah diberii hormon atau antibiotik.
  • Hindari "cover fat" atau "suet"
    Asam lemak ini menghentikan fungsi sel yang sehat.
    Hindari margarin dan semua solid vegetable shortening karena mereka mengandung lemak terhidrogenasi buatan.
  • Hindari lemak dari semua binatang pemakan samlah ( babi, dsb )
  • Bertindaklah netral terhadap minyak yang terhidrogenasi dan terproses,
  • Menggunakan banyak dressing.
    Tuangkan salad dressing "dipinggir", lalu cocolkanlah garpu anda pada dressing itu sebelum memasukkannya kemulut. Anda akan mendapat rasa dressingnya , tetapi juga menurunkan pemasukannya kedalam tubuh anda. Lebih baik lagi, gunakanlah minyak zaitun dan jus lemon yang segar sebagi salad dressing.
  • Hindari pemasakan dengan temperatur tinggi seperti digoreng dengan minyak yang banyak dan panas (deep frying). Masak dengan kukus (steaming), panggang (bake) sebagai gantinya.

Urutan cara memasak ~ tingginya kandungan gizi:
  1. raw (utuh, mentah)
  2. steamed (tim)
  3. baked (panggang)
  4. soups or broth (sup)
  5. jus perasan segar (baru saja diperas)
  6. frozen (beku)
  7. stir-fried (tumis)
  8. canned (kalengan)
  9. .
  10. .
  11. .
  12. .
  13. .
  14. .
  15. .
  16. .
  17. .
  18. .
  19. .
  20. .
  21. .
  22. .
  23. .
  24. .
  25. deep fried (digoreng dengan minyak banyak)

Ingat! Memakan makanan yang menyehatkan yaitu dengan memakan lemak yang Allah ciptakan sebagai makanan, menghindari yang membahayakan dan memberikan tubuh kita istirahat yang cukup melalui puasa adalah suatu cara menghormati sang Pencipta.

Ingat Ia mengasihimu, dan rindu mempunyai hubungan yang pribadi dengan mu, Merawat tubuh kita - yang adalah Bait Roh Kudus-Nya adalah suatu cara untuk menunjukkan penghormatan kita yang penuh sukacita atas tempat kediamanNya.

Seperti pemazmur bernyanyi dalam Mazmur 119 : 92, 93:

"Sekiranya hukum-hukum-Mu tidak menjadi kegemaranku, maka aku telah binasa dalam sengsaraku, Untuk selama-lamanya aku tidak melupakan titah-titahMu sebab dengan itu Engkau menghidupkan aku!"

BAB LIMA

PEMANIS
(Sweeteners)

"Anakku, makanlah madu (honeycomb, KJV), sebab itu baik; dan tetesan madu manis untuk langit-langit mulutmu"
(Amsal 24:13)

"Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya."
(Amsal 25:16)

"Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu (honeycomb, KJV) manis bagi hati (soul), dan obat (health) bagi tulang-tulang."
(Amsal 16:24)

Banyak dokter, ahli nutrisi dan peneliti, menganggap bahwa gula yang telah diproses adalah musuh yang paling utama bagi kesehatan. Namun, gula adalah bahan tambahan makanan nomor satu. Percayakah anda bahwa kita mengkonsumsi gula 10 kali lebih banyak daripada 2600 zat penambah makanan lainnya yang digabungkan menjadi satu ?! Salah satu pengecualiannya adalah garam, tetapi bahkan garam pun kalah jauh,

Bahkan jika kita tidak memakan gula-gula/makanan yang manis-manis, jumlah gula yang diproses (refined) yang mungkin sedang kita konsumsi tentunya akan mengejutkan kita. Gula tersebut tersembunyi didalam barang-barang yang kita beli di supermarket. Sebagai contoh, tahukah anda bahwa satu sendok makan saus tomat mengandung satu sendok makan penuh gula ? Makanan-makanan seperti roti, sup, sereal, daging yang diawetkan, hot god, lunch meat, bumbu salad, saus spaghetti, biskuit cracker, mayonnaise, selai kacang, acar, pizza beku, buah, dan sayur kalengan, jus tomat, dan sejumlah prosuk lain yang semuanya mengandung gula. Ini saja belum termasuk produk-produk gula yang sudah jelas seperti permen, kue, ice cream, cookies, donat, dan minuman soda.


Bahkan jika kita berhati-hati dalam membaca label, sulit untuk mengetahui berapa banyak gula yang telah diproses yang sebenarnya anda dapatkan. Gula tersebut muncul dalam berbagai macam bentuk, beberapa diantaranya mungkin terkandung di dalam satu buah produk. Sebutan-sebutan seperti sukrosa, fruktosa, glukosa, maltosa dan laktosa mungkin memberi suatu arti bagi para ilmuwan, tetapi bagaimana caranya rata-rata orang biasa bisa mengetahui apa yang sedang mereka masukkan kedalam mulut mereka ?

Tahukan mereka bahwa sebutir permen kecil yang disediakan secara gratis dikasir restoran-restoran sebenarnya megandung 50-100 kalori yang adalah sebenarnya sama dengan makan besar yang baru saja mereka habiskan sebelum membayarnya dikasir.

Dan bagaimana dengan produk-produk lainnya yang kita gunakan untuk memberi rasa manis bagi makanan kita ? Apakah molasses, sirup maple, sirup jagung, dan madu juga seburuk gula putih bagi kesehatan kita ?

APA SAJA BENTUK-BENTUK GULA YANG BERMACAM-MACAM ITU ?

Sukrosa

Paling umum dikenal sebagai gula yang putih yang telah mengalami pemrosesan (gula pasir, dan sejenisnya), didapat dari gula tebu, gula bit, dan gula mapel dan juga merupakan bentuk gula yang paling banyak digunakan. Berikut ini adalah daftar produk-produk dalam famili sukrosa:
·       gula putih: 99.9% sukrosa
·       gula turbinado: 99% sukrosa
·       gula merah (brown sugar): 96% sukrosa
·       gula mapel: 95-98& sukrosa
·       sirup mapel: 65% sukrosa
·       molasses: 50-70% sukrosa

Fruktosa

Juga dikenal sebagai levulosa. Fruktosa terutama ditemukan secara alamiah didalam buah-buahan dan madu. Juga bisa diproses secara komersial dari jagung, gula git, dan gula tebu. Sekarang ini bentuk yang paling populer akan fruktosa yang telah diproses adalah sirup jagung, yang ditambahkan pada ratusan pruduk. Karena fruktosa 70% lebih manis dari sukrosa, banyak indusrti makanan sekarang menggunakan fruktosa yang telah diproses untuk menggantikan sukrosa yang telah diproses dalam produk mereka sama manisnya, tetapi menjadi lebih sedikit kalorinya.

Maltosa

Bantuk gula ini berasal dari merendam (malting)' beberapa padi=padian tertentu dengan enzim-enzim alami. Dua bentuk yang paling populer adalah barley malt dan brown rice syrup. Barley malt dibuat dengan cara mengkecambahkan jali/jelai (barley), mengeringkannya, dan mencampurkannya dengan air dan memasaknya menjadi sirup. Brown rice syrup dibuat dengan cara menambahkan jali yang sudah berkecambah dan dikeringkan kedalam nasi yang sudah dimasak. Setelah nasinya dibiakkan, disaring dan dimasak untuk menghasilkan sirup. Maltosa kira-kira 1/3 manisnya dari sukrosa.

Glukosa

Juga dikenal sebagai dextrosa. Clukosa ditemukan secara alami di dalam buah, madu, carob, dan jagung, atau juga ditemukan dalam bentuk yang sudah diproses. Kira-kira manisnya 2/3 dari sukrosa. Glukosa juga merupakan bentuk gula yang dihancurkan didalam tubuh kita untuk digunakan sebagai energi.

(Catatan: laktosa adalah bentuk gula yang ditemukan dalam susu, bentuk gula susu lainnya adalah galactosa. Tidak dikonsumsi dalam bentuk gula, tetapi sebagai bagian dari produk susu. Oleh karena itu, tidak disebut sebagai zat tambahan makanan.)

Dari keterangan diatas, jelaslah bahwa glukosa, fruktosa, maltosa sebenarnya sudah ada secara natural pada buah, sayur, padi-padian dan madu ! Jadi dengan kita makan makanan seperti yang disebutkan didalam Kejadian 1 : 29, sebenarnya tubuh kita sudah mendapatkan gula yang dibutuhkan. Sedangkan sukrosa yang adalah gula buatan, yang justru kita makan berlebihan setiap hari yang ada pada pruduk-pruduk buatan manusia seperti tersebut diatas.

Jadi, gula/pemanis mana yang baik untuk kita ?

Ingat 3 prinsip:
1.     Makanlah pemanis dalam jenis yang diciptakan Allah sebagai makanan.
2.     Sedapat mungkin makanlah pemanis sebelum pemanis tersebut diubah menjadi pruduk toksin.
3.     Jika kita tidak menjadi ketagihan terhadapnya, kita sedang menggunakan pemanis dengan cara yang sehat.


PRINSIP I:

Makanlah pemanis dalam jenis yang diciptakan Allah sebagai makanan.
1.     THE GIFT OF HONEY/MADU (Amsal 24:13)

Salah satu pemanis yang Allah rancangkan adalah madu. Jika bahan yang sangat menyenangkan ini disebut 56 kali dalam Alkitab (KJV), pastilah ini adalah pemanis yang telah diciptakan sebagai makanan.

Beberapa ayat Alkitab yang meneguhkan bahwa madu diciptakan sebagai makanan:
o   Madu disebutkan dalam sebuah nubuatan tentang Mesias dalam Perjanjian Lama ( Yesaya 7:14,15, KJV). "Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Immanuel. Ia akan makan dadih (butter, KJV) dan madu sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik,..."
o   Yohanes Pembabtis juga memakannya.

MANFAAT HONEY/MADU:
o   Mengandung berbagai enzym, mineral, asam amino dan vitamin yang membantu pencernaan.
o   Pada penderita diabetes kadang-kadang lebih dapat mentolerir madu dari pada gula putih.
o   Memiliki lebih banyak nilai-nilai gizi dari pada produk-produk gila lainnya.
o   Diserap lebih lambat dari pada gula.
o   Mengandung zat yang jika terlalu banyak dimakan akan mual. Barangkali zat ini berguna untuk mencegah peningkatan glukosa darah yang terlalu tinggi dalam darah karena makan madu berlebihan "Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya" (Amsal 25:16)

Perhatikan! Madu saja yang sudah jelas adalah baik/sehat dan sesuai kehendak Tuhan untuk dimakan dilarang dimakan terlalu banyak, apalagi gula pasir/sukrosa yang adalah pruduk manusia yang sama sekali sudah tidak ada nilai gizinya dan berbahaya pula bagi kesehatan karena proses pemrosesannya yang menggunakan zat kimia seperti pestisida, pemutih, dan lain sebagainya.
o   Health value dari madu. " Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu (honey comb, KJV) manis bagi hati (soul), dan obat (health) bagi tulang-tulang." (Amsal 16:24)
o   Madu mengandung 18 asam amino, masing-masing berguna bagi manusia.
§  Proline, asam amino tertinggi dalam madu adalah komponen utama kolagen (struktur utama dalam tulang, health to the bones, Amsal 16:24.
§  Calcium, mineral, sehat bagi tulang.
§  11 mineral berguna lainnya, yang juga ada didalam health tulang.
o   Madu yang telah [B]lepas/bebas [/B]dari sarang atau dipanaskan telah hilang asam aminonya, termasuk Proline. (Proline ada selama madu masih dalam sarangnya).
o   Mampu membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya.
o   Beberapa antibiotika natural dalam madu bekerja sebagai suatu elemen yang efektif dalam membersihkan luka terbuka yang infeksi.
o   Ketika lebah sedang mengumpulkan nectar dari tanaman, semprotan bahan kimia yang ada pada tanaman tidak ditransfer ke madu (tidak dapat dijelaskan mengapa). Nectar dicerna oleh lebah dan bahan-bahan kimia ini rupanya didetoksifikasi sebelum madu dihasilkan.
o   Kita tetap tidak boleh makan madu terlalu banyak, terutama jika kita tahu bahwa itu datangnya dari penyemprotan kebun besar-besaran.

Janganlah bermimpi setiap hari. Ingat, Alkitab mengatakan bahwa madu yang terlalu banyak tidak baik untuk kita.
Hanya karena madu itu sehat, bukan artinya bagi kita untuk menjadi rakus terhadapnya. Nikmatilah, tetapi jangan menjadi terlalu manis.
2.     GULA ALAMI (glukosa, fruktosa, maltosa)
o   Gula yang secara natural ada di dalam buah-buahan mentah, sayuran-sayuran, padi-padian, carob, madu!
o   Gula kompleks yang dilepaskan dengan sangat lambat ke dalam aliran darah.
o   Bentuk yang Allah ciptakan untuk gula, dan bentuk gula yang dimaksudkan Pencipta kita yang bijaksana untuk dikonsumsi oleh tubuh kita!
o   Sangat mudah dan siap diasimilasi oleh tubuh dan adalah makanan dasar yang dibutuhkan oleh tubuh... menyediakan bahan bakar untuk sel-sel tubuh!
o   Ada dalam bentuk freshly squeezed juice (juice perasa segar), dried fruits/buah yang dikeringkan (misal: korma, kismis, ara, apricot, dan lain-lain) dan 'malting'

Prinsip II

Sedapat mungkin makanlah pemanis/gula sebelum pemanis tersebut diubahkan menjadi produk toksik.

Bagaimana dengan gula alami (glukosa, fruktosa. mailtosa) yang sudah diproses (REFINED SUGAR)


Contoh:

SUKROSA (gula pasir)
  • Produksi manusia
  • Secara fisik dan mental: obat-obatan yang membuat kecanduan !
  • Dilepaskan dengan sangat cepat ke dalam aliran darah ===> bahaya yang besar bagi tubuh !
  • Digunakan 14 cara didalam memproses produk natural ini didalam pembuatan sukrosa.
  • Selama pemrosesan, vitamin B-Complex, enzim-enzim, protein, mineral, dan vitamin lain terbuang.
  • Panas yang digunakan dalam pemrosesan mengubah glukosa, gula alami yang bentuknya kompleks (C6H12O6) menjadi sukrosa, gula tidak alami yang bentuknya sederhana, (C12H22O11)!
  • Pemrosesan menghasilkan zat kimia yang tidak stabil, tidak mengandung vitamin, mineral atau nilai makanan!
  • Contoh: gula pasir dibuat dari sari tanaman bit dan tebu, digunakan untuk keperluan rumah tangga dan industri makanan sebagai campuran saus, permen, sereal, makanan bayi, minuman, muffin, kue, soft drink, coklat, buah kalengan, dan lain-lain. industri farmasi juga menggunakan gula untuk pengawet, penyalut tablet, dan pemanis terutama untuk obat sirup anak-anak. (Satu kaleng soft drink mengandung kira-kira 10 sendok teh gula pasir. Banyak anak-anak minum ,4 atau 5 kaleng dalam sehari!!)
  • Pengolahan gula mulai dari tanaman sampai menjadi kristal gula banyak melibatkan zat kimia seperti zat pestisida dan zat pemutih.

Contoh gula olahan/refined sugar lainnya:
FRUKTOSA (gula buah), CORN SUGAR (gula jagung). MAPLE SUGAR (gula mapel), CANE SUGAR (gula tebu). dan lain sebagainya.

BAGAIMANA DENGAN MADU YANG SUDAH DIPROSES ?
  • Heat (pemanasan) dan penyaringan madu menjadi lebih cair (liquid) supaya mudah dibotolkan, merusak "nilai kekayaan" yang ada dalam madu.
  • Kadang-kadang madu, disaring untuk membuang pollen ( serbuk sari) dan zat-zat lain. Pollen penuh dengan zat-zat gisi, digunakan sebagai food supplement oleh banyak orang.
  • Madu lebih sehat jika pollen belum dibuang!
  • Jadi gunakan hanya madu yang utuh (raw), tidak disaring. Jika dapat, beli madu dari petani dimana ramtai pemrosesannya lebih pendek. Makin gelap warna madu, makin baik, dan jika berkristal, itu adalah pertanda bahwa madu tersebut hanya sedikit mengalami kerusakan akibat pemanasan. Jika jenis madunya berbeda, berbeda pula jenis gulanya. Contoh: Clover Honey mengandung mengandung 60% sukrosa, yang cenderung akan menyebabkan perubahan kadar gula darah yang lebih bermakna dibandingkan dengan Orange Blossom Honey yang mengandung 70% fructosa. Makin banyak fruktosa. Makin banyak fruktosa didalamnya, tentunya makin kurang bermakna perubahan kadar gula darah.

Dengan demikian, urutan pemanis dari yang terbaik hingga terburuk sebagai pengganti sukrosa adalah sebagai berikut:
  1. Madu.
  2. Maltosa - adalah gula alami yang kompleks yang perlu dipecah-pecahkan kedalam bentuk gula-gula sederhana didalam tubuh kita. Tidak ada sukrosa didalamnya. Seperti halnya fruktosa, maltosa dimetabolisasi oleh enzim-enzi, yang tidak membutuhkan insulin. Tidak ada fluktuasi kadar gula darah yang disebabkan oleh maltosa. Contoh:
    • Brown Rice-malt
    • Barley-malt
  3. Gula Stevia - (lihat keterangan dibawah)
  4. Gula dari kurma (date sugar), kismis, ara, aprikot, apel, plum.
    Jika buah-buahan ini didehidrasi (dikeringkan) pada temperatur yang rendah, banyak kandungan zat-zatnya tetap awet. Gula didalamnya terutama adalah fruktosa.
  5. Fruit juice sugars = gula dari perasan buah segar.
    Oleh karena ini adalah fruktosa, menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang lebih sedikit daripada sukrosa. Gula fruktosa tidak membutuhkan insulin. Gula-gula ini juga diserap lebih lambat kedalam pembuluh darah daripada sukrosa.
  6. Molasse - mengandung nutrisi yang lebih banyak daripada raw sugar, diperoleh sebagai residu proses pembuatan gula tebu.
  7. Maple syrup, lebih baik dari jenis-jenis syrup lain, diperoleh dari pohon maple. Mengandung kira-kira 65% sukrosa, tetapi dibandingkan dengan gula putih, pengaruh negatifnya terhadap gula darah lebih sedikit.
  8. Beet sugar (gula bit).
  9. Corn syrup (sirup jagung).
  10. Cane sugar (gula tebu).
    No 8, 9 dan 10 sangat diproses, denatured, white dan devitalized dan menyebabkan reaksi alergi meningkat.
  11. Aspartam/NUTRASWEET, EQUAL, jika harus juga !!!

Apa yang dilakukan gula olahan (refined sugar) terhadap tubuh kita ?
  1. Diabetes (hiperglikemia/gula tinggi)
    Tidak dapat disangkal lagi bahwa Diabetes Mellitus atau 'penyakit gula' disebabkan karena konsumsi gula olahan (refined sugar) yang berlebihan.

    Gula yang telah diolah-olah ini (sukrosa) dikenal sebagai gula 'sederhana' (simple sugar) yang dipecah terlalu cepat menjadi glucosa diusus kecil kita dan secara cepat pula diserap masuk oleh pembuluh darah kita menyebabkan suatu keadaan yang dikenal sebagai hiperglikemia atau yang sering disebut sebagai 'gula tinggi'

    Adalah tugasnya pankreas untuk mengontrol tingkat gula darah dengan cara memproduksi insulin, ssebuah zat yang mengangkut glukosa kepada sel-sel kita sebagai energi dan sisanya ke hati kita untuk disimpan sebagai glikogen. Dengan pemasukan gula yang sederhana yang sepenuhnya diserap, pankreas menjadi memproduksi insulin terlalu banyak juga untuk melindungi otak kita dan organ-organ vital lainnya dari kelebihan gula. Produksi insulin berlebihan yang berlangsung dengan cepat ini, yang dipacu oleh gula yang telah diproses tadi, sehingga mengakibatkan terlalu banyak gula yang dikeluarkan dari darah. Akibatnya adalah rendahnya kadar gula darah yang dikenal sebagai ' hipoglikemia' juga disebut sebagai 'sugar blues'. Pada titik ini kelenjar andrelina kita mengeluarkan sebuah hormon yang mengubah glikogen yang disimpan menjadi glukosa untuk menaikkan kadar gula darah lagi. Pada akhirnya roller coaster kebutuhan metabolisme yang naik turun ini, karena proses pencernakan gula yang berubah-ubah. membawa kepada kelemahan kelenjar andrelina, hati dan pankreas yang sudah kelelahan.

    Jika pankreas kita dipaksakan untuk memproduksi insulin terlalu banyak dalam periode yang panjang (20-30 tahun), kita akan mengalami resiko yang merusak mekanisme pankreas yang memproduksi insulin. Diabetes, penyakit yang ketiga terbanyak dinegara Amerika, selain penyakit jantung dan kanker, ada dalam banyak kasus yang disebabkan oleh pankreas yang tidak memproduksi insulin yang cukup, dan menjadi terlalu lelah oleh konsumsi gula sederhana/simple sugar dan telah diproses/refined yang terlalu lama."
  2. Hipoglikemia (gula rendah)
    Ketika kita mengkonsumsi gula, pankreas mengeluarkan insulin untuk menurunkan kadar gula darah tersebut.

    Tetapi jika kita makan gula berlebihan (seperti donat, minuman soda, dan lain sebagainya), insulin dikeluarkan dengan sangat berlebihan sehingga bisa sampai terjadi suatu keadaan gula justru menjadi terlalu rendah ( hipoglikemia) dengan tanda-tanda kelemahan, hilang ingatan, penglihatan berkunang-kunang, sakit kepala, gemetaran, ujung jari tangan dan kaki menjadi dingin.
  3. Gigi berlubang.
    Bakteri dimulut kita menggunakan gula dalam makanan kita untuk membentuk zat-zat yang membuat gigi lobang, Ini meliputi zat-zat permen karet yang disebut glucan yang membantu bakteri menempel di gigi kita, ditambahkan dengan asam yang mengikis email yang berfungsi untuk menjaga gigi kita.
  4. Obesitas (kegemukan)
    Kadar insulin tinggi yang dikeluarkan untuk menurunkan gula berlebihan yang kita makan akan memicu tubuh untuk menimbun lemak yang akhirnya juga bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi dan serangan jantung.
  5. Menurunnyaan fungsi kekebalan tubuh.
    Gula melemahkan sistem kekebalan tubuh dengan:
    • memperngaruhi sel-sel T, yang melindungi kita terhadap virus-virus.
    • merusak sel-sel B yang memproduksi antibodi
    • merusak sel-sel darah putih yang disebut phagocyte, yang melindungi kita dari bakteri.

      Contoh:
      • mengkonsumsi 100 gr karbohidrat (seperti beberapa biskuit, sepotong besar kue, atau beberapa donat) dapat mengurangi kemampuan sel-sel darah putih untuk menelan dan menghancurkan mikroorganisme sampai 50%.
      • Ketika kita makan 24 sendok teh gula (misalnya 1 porsi banana split ice cream) dalam waktu singkat, kemampuan sel darah putih untuk menghancurkan bakteri turun sebanyak 92%.

Efek-efek yang dimiliki oleh gula olahan (refined sugar) pada aktifitas sel darah putih:
Jumlah gula olahan yang dikonsumsi / Jumlah bakteri yang dapat dihancurkan sel darah putih dalam waktu ½ jam / Penurunan daya tahan tubuh:
  • Tanpa gula / 14 / 0%
  • 6 Sendok teh = 220 ml soft drink / 10 / 25%
  • 12 Sendok teh = brownies beku / 5.5 / 60%
  • 18 Sendok teh = pie apel a'la mode / 2 / 85%
  • 25 Sendok teh = banana split / 1 / 92%
  • Diabetes yang tidak terkontrol / 1 / 92%

(Catatan khusus 12 0z/330 ml/1 kaleng soft drink mengandung 10 sendok teh gula)
(Sumber : Healthy Habits, David & Anne Frahm)

6. "Raw Nerves", Osteoporosis, dan Arthritis.

Semua gula yang dimakan, baik natural atau yang telah diproses, membutuhkan vitamin B-kompleks, kalsium, dan magnesium untuk pencernaannya. Karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan tepung, mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan ini secara lengkap untuk membantu tubuh kita mencernanya. Tetapi gula sederhana/simple sugar dan yang telah diproses/refined tidak, Oleh sebab itu tubuh kita harus meminta bantuan pada nutrisi-nutrisi yang telah disimpan ini untuk menghadapi gula semacam ini. B-kompleks diambil dari sistem saraf, dan kalsium dan magnesium dicuri dari tulang dan gigi. Sebagai akibatnya, gula yang telah diproses 'menggerogoti' kita daru nutrien-nutrien yang dibutuhkan yang menyebabkan 'raw' nervers.

Dengan kehilangan kalsium dan magnesium yang terus menerus dari tulang-tulang dan gigi kita, osteoporosis (pelemahan/keropos tulang-tulang dan struktur kerangka tubuh yang berbahaya) adalah akibat yang paling sering terjadi. Dan mineral-mineral yang telah dilepaskan ini mengambang-ambang diseluruh tubuh kita dab berakhir pada bagian-bagian di engsel-engsel/persendian tulang kita dimana mereka berkumpul, sebuah kondisi yang dikenal sebagai arthritis.

7. Masalah ragi dan Candida Albicans.

Ragi merupakan suatu bahaya yang kita temukan dalam usus besar kita. Ingat bahwa ragi suka gula. Kebanyakan orang memiliki ragi dalam usus mereka, tetapi ketika kita mengkonsumsi gula jumlah besar kita menjadi pabrik ragi yang kecil dan perut kita akan membengkak seperti ragi gulung.

8. Kecanduan gula.

Menyebabkan ketergantungan sekuat addictive drugs lainnya, juga seperti alkohol dan rokok.

Banyak orang mulai dengan memakan sedikit biskuit dan tak lama kemudian seluruh kotak biskuit itu telah dilahap habis dan mereka tidak dapat mengendalikan nafsu mereka.

Kecanduan ini menjadi semakin jelas ketika mereka harus menghentikan konsumsi gula sama sekali, mereka akan mengalami suatu gejala penarikan (withdrawal symptoms) misalnya mereka menjadi cepat marah dan tersinggung, pusing, mual, dan lain sebagainya.

9. Penyimpangan perilaku.

Gula juga berkaitan dengan masalah-masalah perilaku. Ada kaitan yang kuat antara konsumsi gula yang berlebihan dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD - kurangnya perhatian karena hiperaktif). ini seringkali terjadi karena begitu banyak anak telah menjadi "pecandu gula".

Beberapa ahli bahkan telah menghubungkan gula dengan tindakan kriminal. Mereka percaya bahwa ketika seseorang "down" karena konsumsi gula "tinggi". ia menjadi galak, mudah tersinggung dan kadang-kadang brutal. Kemarahan dan kekerasan umumnya terlibat ketika gula darah begitu rendah atau ketika seseorang mengalami hipoglikemia.

10. Depresi.

Untuk metabolisme gula dalam tubuh diperlukan vitamin B sehingga konsumsi gula yang berlebihan dapat mangakibatkan berkurangnya vitamin B dalam tubuh karena terpakai untuk metabolisme tersebut. Diduga kurangnya vitamin B dalam tubuh ini bisa menimbulkan depresi karena telah terbukti sekarang bahwa vitamin B dapat mengurangi depresi.


1 comment:

  1. apa skarang masih ada dijual buku rahasia umur panjang karya dr elizabeth? tolong email saya: disetrafisher.manik@gmail.com
    fishermanik@yahoo.com
    thanks. Gbu

    ReplyDelete

It's me

It's me